Harga Saham UNTR Sedang Turun, Perlukah Dibeli?

Harga Saham UNTR Sedang Turun, Perlukah Dibeli?
Harga Saham UNTR Sedang Turun, Perlukah Dibeli?

Harga saham PT United Tractors Tbk (UNTR) sedang mengalami penurunan sebesar 1,91% menjadi Rp23.050 per Kamis (12/9/2019). Walau sempat naik 2,4% pada Rabu lalu di level Rp23.500. 

Turunnya harga saham UNTR ini tak lepas dari lesunya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang terkoreksi 0,62% ke level 6.342,17 pada akhir sesi II, Kamis sore. Pergerakan dari IHSG ini dikatakn terbatas dengan jangkauan range dari level terendah 6.337,52 hingga level tertinggi 6.414,48.

Aksi Jual Asing yang Memeras Pasar Modal

Lesunya IHSG ini tak lepas dari aksi jual asing yang memeras habis-habisan dana dari pasar modal. Hingga sore ini, asing sudah mengantongi laba bersih hingga Rp508,71 miliar atau setara dengan Rp1,14 triliun dalam sepekan terakhir.

Dari hal itu, yang paling terperas ialah saham PT Bank Mandiri TBK (BMRI). Hingga penutupan pasar, asing sudah tercatat meraup keuntungan jual bersih atas saham PT Bank Mandiri Tbk sebesar Rp90,9 miliar.

Emiten kedua yang terperas dari penjualan investor asing ialah saham dari PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI). Bank BNI ini sudah mengakumulasi nilai asing jual bersih sahamnya sebesar Rp72,6 miliar. Pada posisi ketiga, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) telah dijual asing dengan nilai jual bersih sebesar Rp49 miliar.

Adapun saham UNTR sudah dijual asing dengan akumulasi jual bersih asing sebesar Rp 8,8 miliar. Maka dari itu, harga saham UNTR terkoreksi menjadi Rp23.050 per saham pada akhir sesi II.

Kini, saham UNTR bergerak dalam jangkauan mulai dari level Rp 22.925 per saham hingga Rp 23.775 per saham. Sejumlah 6,81 juta saham UNTR diperdagangkan dengan frekuensi 5.790 kali transaksi dan nilai transaksi yang terhimpun sudah mencapai Rp 157,53 miliar.

Perusahaan dengan kode UNTR itu menyediakan produk-produk dengan merek ternama di dunia seperti UD Trucks, Scania, Komatsu, Komatsu Forest, Bomag, dan Tadano. Anak usaha dari United Tractors ialah PT Pamapersada Nusantara, PT Karya Supra Perkasa, PT United Tractors Pandu Engineering, PT Bina Pertiw dan UT Heavy Industry (S) Pte Ltd.

Perlukah Membeli Saham UNTR

Nah, bagi para investor yang ingin memiliki saham UNTR ini, kalian boleh mulai membelinya saat ini juga. Hal itu dikarenakan harga yang sedang turun. Apalagi, saham UNTR ini termasuk dalam salah satu saham bluechip.

Maka dari itu, saham ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk para investor memilikinya. Apalagi untuk investor pemula, yang notabene merupakan milenials yang baru mulai meniti karir tapi ingin menabung saham.

Jangan ragu untuk membeli saham UNTR ya. Kamu bisa membeli saham ini melalui aplikasi AJAIB. Salah satu platform pembelian dan penjualan reksa dana yang dapat membantu kamu menyimpan dana dengan keuntungan terbaik, Yuk investasi sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait