Dunia Kerja

Syarat Lamaran Kerja untuk Menemukan Pekerjaan Impian

Syarat Lamaran Kerja untuk Menemukan Pekerjaan Impian

Setelah lulus kuliah dan menyandang gelar Sarjana dari berbagai bidang jurusan, tentu saat ini adalah momen yang tepat untuk kamu untuk mulai menerapkan ilmu yang sudah kamu pelajari di bangku kuliah tersebut ke dalam dunia kerja. Tentu saja, Ajaib rasa hal ini bisa menjadi sebuah pengalaman yang baru bagi kamu yang akan bekerja di perusahaan impian nantinya.

Semua orang diberikan kesempatan untuk bermimpi setinggi langit dan itu tidak ada salahnya bagi kamu yang memiliki mimpi bekerja di perusahaan besar dan mapan. Tetapi, untuk mewujudkan mimpi kamu tersebut, kamu perlu mempersiapkan dan mengetahui syarat-syarat lamaran kerja yang baik seperti apa. Mulai dari kelengkapan dokumen, wawancara kerja, psikotest, dan sebagainya.

Setiap perusahaan pasti memiliki syarat lamaran kerja yang berbeda-beda, semua itu tergantung ketika kamu melamar pekerjaan untuk posisi apa. Dimana pada umumnya, syarat lamaran kerja dari segi administrasi menjadi tahap awal dari sebuah proses rekrutmen di sebuah perusahaan. 

Oleh karena itu, kelengkapan dokumen kerja menjadi syarat ketika kamu memutuskan ingin melamar pekerjaan di perusahaan. Nah berikut ini Ajaib sudah menyiapkan daftar terkait dokumen-dokumen kerja apa saja yang biasannya menjadi syarat lamaran kerja yang baik. Baik itu melalui email atau datang langsung ke perusahaan.

#1 Syarat Lamaran Kerja via Email Terkait Kelengkapan Dokumen

Beruntunglah kamu yang saat ini ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, yang mana kamu tidak perlu repot-repot untuk pergi ke kantor pos untuk mengirim berkas-berkas lamaran kerjamu. Kamu hanya perlu mengirimkannya ke email perusahaan untuk bagian rekrutmennya saja.

Walaupun terlihat mudah tetapi masih banyak orang yang belum benar-benar menggunakan email untuk lamaran kerja dengan benar. Karena mereka belum mengetahui syarat-syarat lamaran kerja beserta dokumen kerja pendukungnya yang perlu dilampirkan.

a. Persiapkan dokumen Kerja

Kamu harus mempersiapkan dokumen-dokumen pendukung diantaranya:

  • KTP
  • Ijazah
  • Pas Photo 4×6
  • Surat SKCK atau Surat Keterangan Kelakuan Baik (Tidak semua perusahaan)
  • CV atau daftar riwayat hidup
  • Surat keterangan berbadan sehat (hanya berlaku di beberapa perusahaan)
  • Surat pengalaman kerja jika sebelumnya kamu pernah bekerja sebelumnya (nilai tambah ketika melamar)
  • Nomor HP, jangan sampai lupa ya! Siapa tahu pihak perusahaan memilih kamu sebagai kandidat yang maju ke tahap berikutnya, yaitu interview.

Semua dokumen diatas disarankan untuk kamu scan sehingga gambarnya terlihat jelas dan filenya kamu beri nama sesuai dengan dokumennya. Biasanya pihak perusahaan hanya menerima file yang ukuran 2,5 MB, oleh karena itu jika dirasa kebesaran kamu bisa mengecilkan ukuran filenya melalui beberapa software yang tersedia di internet.

Ketika ingin melamar kerja via email, pastikan kamu sudah mengisi subject email dengan posisi yang ingin dilamar, dan jangan lupa gunakan bahasa formal untuk mengisi body email dengan kalimat pembuka seperti Yth, dari mana kamu dapatkan lowongan tersebut, posisi yang ingin dilamar, identitas diri, dan kalimat penutup.

Jika sudah, lampirkanlah file-file yang menjadi syarat lamaran kerja kamu tersebut dan kirim email lamaran kerjamu. Butuh proses 2 minggu biasanya perusahaan untuk mengecek lamaran kerja melalui email yang kamu kirim. Jadi, sabar dan tunggu saja ya hasilnya! Semoga memang jodoh pekerjaan buat kamu.

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja atau Curriculum Vitae (CV)

#2 Syarat Lamaran Kerja Via Pos

Sebetulnya tak terlalu beda antara mengirim lamaran via email dan pos, di mana kamu perlu sebuah amplop kerja yang berwarna cokelat dengan tali. Kemudian kamu harus fotokopi dokumen kerja seperti KTP, surat SKCK, surat pengalaman kerja, dan lain sebagainya, sesuai dengan syarat lamaran kerja yang berlaku di perusahaan yang kamu lamar.

Kamu masukan ke dalam satu amplop kerja berwarna cokelat dengan tali, lalu biasanya kamu tuliskan darimana dan ditunjukkan untuk siapa dengan spidol. 

Terakhir, kamu hanya perlu pergi ke kantor pos atau jasa pengiriman lainnya dengan memberi tahu alamat yang ingin dikirim, jika kamu memakai paket reguler. Kemungkinan amplop lamaran kerja kamu tersebut baru sampai dalam waktu 2-3 hari kedepan.

Itulah dokumen-dokumen dan syarat lamaran kerja yang perlu kamu ketahui dan persiapkan saat melamar kerja di perusahaan. Ajaib menyarankan agar kamu tidak berputus asa jika lamaran kerja pertamamu tidak mendapatkan kabar baik dari pihak perusahaan, dan kamu sebaiknya melamar ke berbagai perusahaan yang sedang membuka lowongan agar kesempatan mendapatkan pekerjaan menjadi lebih besar lagi.

Bacaan menarik lainnya:

Smith, K.K. & Berg, D.N. (1987), Paradoxes of Group Life: Understanding Conflict, Paralysis, and Movement in Group Dynamics, San Francisco, CA: Jossey-Bass.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait