Selain INKP, Ini Saham Perusahaan Kertas yang Bagi Dividen

Selain Saham INKP, Ini 2 Saham Perusahaan Kertas yang Bagi Dividen
Selain Saham INKP, Ini 2 Saham Perusahaan Kertas yang Bagi Dividen

PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) adalah salah satu saham kategori perusahaan kertas yang memberikan dividen kepada investor. Terakhir, pada 8 Juli 2019, dividen yang diterima investor jika memiliki saham INKP sebesar Rp100 per lembarnya.

Jumlah dividen itu tak beda jauh dengan yang diterima pada tahun lalu, yaitu Rp 100 per lembarnya. Memang pada bulan Juli kemarin INKP di Bursa Efek Indonesia (BEI) sempat sedikit tersendat dikarenakan tekanan jual oleh investor asing. Meski begitu, perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan kertas, pulp (bubur kertas), dan kertas kemasan itu tetap bisa memberikan dividen. 

Adapun perusahaan yang mulai beroperasi secara komersial pada 1978 ini merupakan bagian dari Grup Sinar Mas. Jadi, INKP termasuk salah satu perusahaan milik mendiang konglomerat Eka Tjipta Widjaja. Selain INKP, masih ada dua perusahaan yang bergerak di industri kertas yang membagi-bagikan dividen. Berikut daftar perusahaannya.

Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM)

Selain Indah Kiat (INKP), Pabrik kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM) merupakan perusahaan kertas yang dimiliki oleh Eka Tjipta Widjaja juga. Bisnis yang dijalaninya terbagi dalam dua segmen, yaitu produk kertas yang meliputi kertas percetakan, kertas untuk menulis, dan produk kertas lainnya. 

Adapun satu lagi yaitu produk pengemasan yang meliputi kotak kardus dan penjualan produk sampingan kimia. TKIM juga memiliki beberapa anak perusahaan yaitu PT Mega Kertas Pratama, PT Sumalindo Hutani Jaya, Tjiwi Kimia Trading III (BVI) Limited, dan Tjiwi Kimia Finance Mauritius Limited.

Sebagai perusahaan yang berada di bawah naungan bendera Grup Sinar Mas, TKIM menjadi perusahaan kertas dengan harga per lembar sahamnya paling mahal. Per tanggal 17 September, TKIM memiliki harga saham per lembarnya sebesar Rp10.900 pada akhir sesi.

Selain itu, TKIM juga menjadi salah satu perusahaan kertas yang memberikan dividen dengan konsisten. Tahun 2017, TKIM memberikan dividen sebesar Rp5 per lembarnya. Lalu, tahun 2018 perusahaan tersebut kembali memberikan dividen sebesar Rp30. Dan terakhir, pada Juli 2019 lalu, TKIM juga kembali memberikan dividen. Dividen yang diberikan juga kembali mengalami kenaikan menjadi Rp50 per lembarnya.

PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FASW)

Selanjutnya, ada PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FASW), perusahaan yang bergerak dalam pembuatan kertas pengemasan. Produknya termasuk Fajar Board, yang merupakan papan dupleks yang diberi lapisan dan digunakan sebagai bahan dari kemasan dengan berat ringan. 

Selain Fajar Board, ada pula Fajar Medium, yang merupakan kertas beralur yang biasa digunakan dalam pembuatan box karton. Dan yang terakhir ada Fajar Liner, yang merupakan kertas kemasan berwarna cokelat. Biasanya kertas itu digunakan untuk lapisan dalam dan luar dari lembar papan yang bergelombang.

Selain itu, FASW juga merupakan salah satu saham perusahaan kertas yang konsisten memberi dividen. Tahun 2018, FASW memberikan dividen dua kali. Yang pertama, pada bulan Mei dengan besaran Rp117. Yang kedua, pada November sebesar Rp162. Lalu yang terakhir, tahun ini mereka sudah memberikan dividen pada April lalu sebesar Rp330.

Itulah saham perusahaan kertas yang memberikan dividen selain saham INKP. Bagi kamu yang ingin berinvestasi saham, bisa mulai dengan memiliki salah satu dari saham yang sudah disebutkan di atas.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait