Sejarah TV Tabung Sharp Pertama Kali Muncul

Sejarah TV Tabung Sharp Pertama Kali Muncul
Sejarah TV Tabung Sharp Pertama Kali Muncul

TV merupakan sebuah alat elektronik yang berfungsi sebagai media telekomunikasi. Alat elektronik ini dapat menerima siaran berupa gambar yang bergerak dan juga suara. Sejak pertama kali televisi ditemukan, perkembangannya kini sudah sangat pesat.

TV Jadi Pusat Perhatian setelah Perang Dunia ke-2

Pada tahun 1940-an setelah perang dunia ke-2 berakhir, TV tabung (sharp) menjadi pusat perhatian masyarakat, bahkan mengalahkan kepopuleran radio pada masa itu. Lalu, pada tahun 1950-an, hampir sebagian orang sudah memiliki televisi hitam putih, termasuk TV Sharp.  Pada tahun tersebut, televisi berwarna sudah mulai bermunculan.

Di tahun 1953 hingga 1954 Model Sharp TV3-14T menjadi televisi pertama yang diproduksi secara komersial di Jepang. Kemudian pada tahun 1953, televisi yang diproduksi oleh perusahaan Tokuji Hayakawa merupakan 60% dari total industri Jepang.

Dibangunnya Fasilitas Produksi Massal TV

Perusahaan membangun fasilitas produksi massal terdepan untuk televisi. Ini dilengkapi dengan sistem konveyor terbaru dan mengintegrasikan operasi dari perkabelan dan perakitan ke pengemasan dan pergudangan. Di tahun tahun 1960 hingga 1961, Sharp memulai produksi massal televisi berwarna.

Pada akhir tahun 1960-an, kepopuleran TV semakin tinggi, pada tahun tersebut, siaran TV berwarna juga semakin banyak dan mulai beragam. Pada tahun1970-an, TV semakin berkembang dan pada tahun yang sama juga mulai diperkenalkan teknologi VCR (Video Cassette Recorder). Teknologi VCR ini memungkinkan pengguna untuk merekam siaran televisi yang ditayangkan

TV Kabel di Tahun 80an

Pada tahun 1980-an, televisi kabel menjadi semakin populer dan juga menyebar dengan sangat cepat.  Pengguna televisi terus bertambah setiap tahunnya, pada tahun 1996, pengguna televisi sudah mencapai angka 1 juta yang tersebar di seluruh dunia. Pada tahun 1990-an, pilihan telvisi pun sudah semakin beragam karena teknologi yang terus berkembang. 

Pada tahun tersebut, teknologi CRT (Cathode-Ray Tubes) yang dapat menampilkan gambar di layar merupakan jenis yang paling populer dan paling banyak ditemukan. Selanjutnya, TV Rear Projection CRT dibuat dalam ukuran yang lebih besar dari ukuran TV sebelumnya dengan menggabungkan proyektor dan layar ke dalam satu kotak yang sama. Nantinya, proyektor akan mampu memproyeksikan gambar ke bagian belakang layar.

Hadirnya TV Plasama

Perkembangan TV terus berlanjut, pada tahun 1997, TV plasma pertama kali mulai dipasarkan. Bentuk televisi yang satu ini ramping, tidak seperti TV lainnya yang cenderung berbentuk cembung di bagian belakangnya. Jenis televisi ini merupakan jenis televisi yang sangat populer pada saat itu. Sharp telah menghentikan produksi TV tabung pada 2010, dan kini fokus seluruhnya ke TV LED.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait