Bisnis & Kerja Sampingan

Revenue Adalah Penghasilan, Apa Bedanya dengan Income?

revenue adalah

Ajaib.co.id – Mungkin kamu sering mendengar kata revenue, namun kamu tidak paham dan tidak mengerti, revenue adalah apa dan perbedaannya dengan income seperti apa? Agar lebih jelas simak penjelasan berikut ini.

Revenue adalah sebuah istilah ekonomi yang menunjukkan tingkat keuntungan. Dalam melakukan bisnis, pastilah tujuan utama kamu adalah memperoleh keuntungan bukan ? Nah untuk memperoleh keuntungan maka hasil yang kamu dapatkan tentu harus maksimal dengan nilai produktivitas keuangan yang terus menunjukkan peningkatan.

Untuk memperoleh itu semua, tentunya strategi bisnis kamu harus seimbang. Jika usaha kamu sudah mencapai strategi pemasaran yang bagus, maka ini saatnya bagi kamu untuk membuat pencatatan dalam laporan keuangan secara teliti sehingga tidak satupun detail yang lupa tercatat.

Dengan berkembangnya konsep teknologi, selanjutnya kamu akan membuat para pemilik usaha semakin mudah dalam mencari alat yang bisa mempermudah bisnisnya.

Adapun satu cara agar dapat melakukan hal tersebut yaitu dengan menggunakan software akuntansi online. Dalam sebuah aplikasi, seorang pemilik usaha dengan mudah bisa langsung mengurusi semua persoalan bisnisnya dengan mudah.

Dengan menggunakan software akuntansi tersebut, maka seorang pemilik usaha bisa membuat chart of account secara otomatis. Adapun salah satu akun yang harus tercatat di dalam COA antara lain adalah revenue (pendapatan). Meski demikian, revenue bukanlah keuntungan yang nantinya akan kamu dapatkan dalam sebuah bisnis.

Pendapatan atau istilah ekonominya revenue adalah bentuk uang atau keuntungan yang akan kamu terima dalam kapasitas kamu sebagai pemilik usaha atas terjualnya produk ataupun jasa yang kamu tawarkan kepada pelanggan.

Selanjutnya, revenue juga bisa kamu gunakan sebagai hasil dari seluruh bisnis yang dicatatkan di dalam laporan keuangan kamu, namun hanya berasal dari satu periode tertentu saja. Di sisi lain, catatan tersebut masih merupakan jumlah kotor, yang mana belum terpotong dengan biaya-biaya produksi dan lain sebagainya.

Selanjutnya, revenue yang akan kamu dapatkan dari seorang pemilik usaha juga bisa terjadi melalui dua hal yakni operating revenues ataupun non-operating revenues. Lalu apa yang membuat perbedaan dalam pendapatan seorang pemilik usaha berdasarkan kedua hal tersebut?

Operating revenues merupakan sebuah pendapatan yang dihasilkan seorang pemilik usaha berkaitan dengan aktivitas bisnis, misalnya hasil penjualan atau jasa. Sementara bentuk non operating revenues adalah sebuah pendapatan yang dihasilkan bukan berdasarkan aktivitas bisnis, misalnya saham ataupun bunga deposito dari bank.

Dalam sebuah bisnis, pendapatan atau revenue sangat berbeda atau berbanding terbalik dengan penghasilan atau income yang kamu peroleh. Maka dari itu, kamu tentunya akan membuat keduanya berbeda dan tidak dimasukkan ke dalam satu bagan akun atau chart of account yang sama.

Lalu, apa perbedaan antara revenue dan income? Revenue tidaklah sama dengan income, dimana keduanya memiliki arti yang berbeda dan sangat mendasar. Jika kamu paham, kedua terminologi di dalam bisnis pastinya memiliki makna dan kaitan yang berbeda.

Di sisi lainnya, pendapatan merupakan hasil kotor dari sebuah penjualan produk atau jasa dalam satu periode. Sementara itu, penghasilan merupakan keuntungan bersih atau netto dalam sebuah periode bisnis.

Income juga bisa dihitung dari nominal revenue yang dikurangi dengan expense. Dengan kata lain, penghasilan yang didapat seorang pemilik usaha bisa didapatkan setelah kamu mengetahui pendapatan total dalam satu periode.

Selanjutnya kamu harus memahami bahwa disatu sisi, kamu juga harus menguranginya dengan beban (pengeluaran) di periode yang sama. Adapun beberapa contoh daripada akun beban adalah gaji pegawai, peralatan kerja dan lain sebagainya.

Bentuk dari akun beban bisa kamu lihat di dalam laporan pendapatan yang dibuat oleh sebuah perusahaan yang sangat akurat mendetail dan terperinci.

Tak hanya menunjukan incomenya saja, tapi juga revenue, pendapatan bersih dan pendapatan kotor perusahaan. Penghitungan dari hasil akhir dari penghasilan perusahaan tersebut bisa kamu lihat dengan terperinci.

Lalu, mana yang lebih baik dalam mengalokasikan dana revenue atau income ? Nah bagi kamu yang sudah paham mengenai perbedaan revenue dan income maka kamu harus memilih untuk melakukan alokasi dana kepada dua hal tersebut.

Income merupakan jawaban yang tepat dimana melalui income yang didapatkan tentunya dapat dialokasikan ke dalam porsi dana aset kamu. Dengan begitu, maka income dapat dikategorikan sebagai sarana dalam melakukan penggabungan aset.

Nah, dengan kamu melakukan pengalokasian dana, tentunya dapat membuat uang kamu memperoleh revenue baru. Apalagi saat ini ada banyak cara untuk melakukan alokasi dana yang bisa menjadi profit kamu.

Jika kamu ingin mulai membuat sebuah laporan keuangan yang mudah tentunya kamu harus banyak mencoba dan mencari tahu informasi penting dalam pembuatan laporan keuangan.

Nah, itulah penjelasan mengenai istilah revenue dan contoh revenue yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin tau lebih banyak lagi artikel bisnis dan ekonomi yang inspiring, kamu bisa mendownload aplikasi Ajaib di Google Play Store. Nikmati kemudahan investasinya, selamat mencoba.

Artikel Terkait