Bisnis & Kerja Sampingan

Potensi Peluang Usaha Restoran Seafood di Zaman Milenial

restoran seafood

Ajaib.co.id – Banyak orang menyukai makanan olahan laut atau biasa dikenal seafood. Oleh karenanya, bisnis restoran seafood sampai sekarang masih menjamur di mana saja. Lalu, bagaimana peluang bisnisnya untuk sekraang ini?

Setiap orang pasti suka yang namanya makan-makan atau jajan di luar. Selain untuk mencari suasana baru, makan di kedai atau restoran dapat mengakrabkan diri dengan orang lain. Maka, tak heran jika banyak bermunculan tempat makan baru yang menyediakan suasana atau menu yang unik dan menarik. Bicara soal restoran, salah satu yang jadi favorit kebanyakan orang adalah jenis makanan laut atau seafood.

Karena tidak banyak orang yang bisa memasak menu yang satu ini dirumah, maka pergi ke restoran seafood jadi alternatif yang paling pas.

Di zaman milenial ini, tak sedikit juga tempat makan yang menyajikan olahan seafood, mulai dari kaki lima hingga restoran bintang lima. Lalu pertanyaannya, bagaimana peluang usaha membuka restoran seafood zaman now?

Jika kita melihat potensinya, apapun bisnis yang akan dibangun semuanya punya peluang yang bagus dan menghasilkan tergantung bagaimana kamu menjalankannya. Namun, menjalankan bisnis yang satu ini tidak hanya sekedar menyajikan makanan yang lezat saja.

Ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan, seperti mengelola keuangan, pengelolaan restoran, hingga pelayanan yang diberikan.

Nah, buat kamu yang kepikiran untuk mencoba membuka bisnis restoran seafood, ada beberapa tips bagaimana menjalankan dan mengembangkannya. Untuk itu baca dan pahami dengan seksama di bawah ini.

Tips Menjalankan Bisnis Restoran Seafood

Meskipun zaman telah berubah, peluang usaha restoran seafood ini tetap menjanjikan, asalkan kamu bisa menyesuaikannya dengan gaya hidup orang-orang saat ini. Misalnya, menyediakan satu menu yang dapat dinikmati ramai-ramai dan satu menu pilihan dengan porsi yang besar.

Meski begitu, kamu harus memperhatikan persiapan awalnya, menganalisis modal yang dimiliki, dan keuntungan yang didapat. Lebih jelasnya simak tips berikut:

Buat Rincian Bisnis

Apapun bisnisnya, membuat rencana bisnis adalah hal yang terpenting sebagai persiapan awal. Jika kamu memutuskan untuk memulai usaha restoran seafood, coba buat dengan matang rencana bisnisnya. Hal ini membantu kamu dalam melihat apa saja yang diperlukan untuk dapat mencapai target.

Mulailah merinci hal-hal yang paling mendasar, seperti biaya sewa, bahan baku, peralatan, furnitur, dan hingga menentukan harga jual. Dalam rencana bisnis ini kamu dapat memperkirakan berapa keuntungan yang didapat dan berapa lama perkiraan balik modal usahamu.

Selain itu, rencana bisnis yang kamu buat dapat dijadikan bahan evaluasi, mana yang bisa dikembangkan atau bahkan ditambahkan.

Tentukan Lokasi yang Tepat

Karena akan berbisnis di bidang kuliner, lokasi jadi salah satu yang terpenting dalam menentukan dan berpengaruh terhadap kesuksesan suatu tempat usaha. Maka dari itu, bagi kamu yang berniat menjalankan bisnis restoran makanan laut mulailah untuk mencari lokasi yang tepat dan ramai dilewati orang-orang untuk membangun restora tersebut.

Buat yang lokasinya dekat dengan pantai pasti menguntungkan. Tetapi, di lokasi lainnya juga tetap berpotensi mendatangkan keuntungan besar asal aksesnya mudah dijangkau pembeli. Setelah kamu menentukan lokasi yang tepat, buatlah restoran tampak mencolok supaya orang-orang lewat menoleh dan mampir ke tempat makan milikmu.

Tentukan Tipe Usaha Olahan Seafood

Makanan olahan laut itu banyak macamnya, untuk itu kamu harus menentukan tipe restoran seafood apa yang akan dijalankan. Misalnya saja, seperti restoran fish & co yang hanya fokus menyajikan olahan ikan khususnya ikan dori, atau restoran sushi.

Bisa juga kalau kamu menyajikan olahan seafood dengan berbagai jenis makanan laut, mulai dari kerang, kepiting, udang, dan lain-lain. Namun, yang paling penting adalah bagaimana cara kamu mengolahnya. Ciptakan bumbu masakan yang otentik dan jadi andalan sehingga konsumen merasa ingin lagi makan di tempat makan kamu.

Cari Supplier yang Terpercaya

Untuk mendapatkan supplier makanan laut bisa dibilang gampang-gampang susah. Kesegaran makanan laut harus jadi prioritas kamu, karena hal ini yang menentukan juga kesuksesan restoran kamu dalam menyajikan seafood.

Sebab, tak sedikit konsumen yang pintar mana ikan atau cumi segar dan yang tidak. Maka dari itu, pastikan kamu mendapat supplier yang menyediakan makanan laut segar dan kualitasnya baik.

Bisa saja kamu membelinya di pasar, tapi apakah menjamin kualitas dan kesegarannya. Belum lagi akan merepotkan karena bahan yang kamu beli pastinya sangat banyak. Selain itu, pikirkan juga harganya, waktu pengiriman, dan sebagainya.

Tentukan Budget dan Penghematan

Tentukan besarnya budget yang dibutuhkan untuk membangun restoran seafood. Pertimbangkan secara matang budget yang akan digunakan sebagai modal awal seperti yang sudah disebutkan di atas. Tipsnya sediakan budget lebih setidaknya untuk enam bulan ke depan. Bagi yang baru memulai bisnis, belum dapat dipastikan apakah akan pengunjungnya selalu ramai atau tidak.

Disamping itu melakukan penghematan juga penting. Untuk awal kamu tak perlu memikirkan balik modalnya, tapi fokus bisnis yang kamu jalankan. Kamu perlu membelanjakan uang seefektif mungkin, dan jika punya peralatan memasak atau perlengkapan lainnya maka tak harus beli yang baru.

Menjalankan restoran seafood ini tidak mudah, ada banyak pesaing yang mengancam. Maka dari itu, kamu harus bisa menonjolkan dua atau tiga menu yang bisa jadi andalan di restoranmu supaya dapat menghadirkan pelangganmu sendiri.

Sementara untuk promosinya, kamu bisa gunakan brosur dengan mendatangi perumahan atau menawarkan ke kantor-kantor terdekat. Manfaatkan juga media sosial sebagai alternatif promosi yang efektif saat ini. Semoga tips di atas dapat membantu.

Bacaan menarik lainnya:

Sugiyono. (2001). Perilaku Pembelian Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Rosda: Bandung.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait