Bisnis & Kerja Sampingan, Dunia Kerja

Pinjaman Modal Kepada Koperasi Mendorong Perkembangan UKM

Pinjaman Modal Kepada Koperasi Mendorong Perkembangan UKM

Usaha Kecil dan Menengah adalah bentuk usaha yang berlimpah modal optimisme, bukan dana. Keyakinan bahwa kerja keras dan gotong-royong kelak akan membuahkan hasil, membuat UKM tahan banting. Namun untuk membuatnya tumbuh dan berkembang, modal dana adalah kunci utama. Karenanya, arti modal dana bagi UKM adalah Masa Depan.

Peran Koperasi Sebagai Pemberi Pinjaman Modal

UKM dikenal lebih akrab dengan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) dibanding perbankan. Hal itu disebabkan oleh fokus KSP yang berbeda dari bank. Bank berorientasi pada memenuhi semua kebutuhan perbankan nasabah dan menjadi pilar ekonomi bangsa, KSP berorientasi meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan masyarakat sekitar, dengan semangat gotong-royong dan kekeluargaan khas bangsa Indonesia.

Jadi nggak heran kalau masyarakat UKM merasa lebih nyaman untuk berlabuh kepada KSP guna membantu mereka dalam aspek permodaaln. KSP yang telah resmi berbadan usaha dan berada dalam pengawasan OJK adalah KSP yang menjadi berperan sebagai pembuluh nadi yang berperan mengalirkan “darah segar” kepada para UKM yang menjadi anggotanya, maupun yang tidak, guna memfasilitasinya untuk terus tumbuh dan berkembang. 

Keterbatasan Modal Koperasi untuk Meminjamkan Modal

Namun bagaimana pun, KSP adalah sebuah badan usaha yang tidak bisa lepas dari dampak kemajuan dan kemunduran kesehatan finansial anggotanya. Kalaupun dengan seluruh anggota yang ada KSP itu berjalan sehat, butuh dorongan besar untuk bisa mengembangkan skala bisnisnya dan melayani lebih banyak nasabah. Dorongan itu tentu berupa modal dana, yang dalam prakteknya kerapkali didapat dari dana hibah perorangan, lembaga penyalur dana lain maupun pinjaman bank. Karena tak semua lembaga pendanaan memiliki orientasi yang sama dengan KSP, maka aliran modal ke KSP belum sefleksibel yang diharapkan, dan mayoritas masih mengandalkan simpanan anggota.

Dukungan Modal LPDB-KUMKM Bagi KSP/USP-Koperasi Sekunder

Melalui Surat Keputusan Menteri Negara Koperasi dan UKM Republik Indonesia Nomor 19.4/Per/M.KUMKM/VIII/2006 tanggal 18 Agustus 2006, Kementerian Koperasi dan UKM Pemerintah Indonesia membentuk: Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) – yang pada 28 Desember 2006 ditetapkan sebagai instasi pemerintah yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK-BLU). Tugasnya adalah melaksanakan dan mengoptimalkan pengelolaan dana bergulir untuk pembiayaan Koperasi UMKM, antara lain berupa pinjaman dan bentuk pembiayaan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan Koperasi UMKM yang memenuhi kriteria.

Dengan fungsi LPDB KUMKM ini, diharapkan aktivitas Koperasi UMKM meningkat dan semakin inovatif, yang tentunya  otomatis akan mendorong minat dan semangat masyarakat untuk memulai, menjalankan dan mengembangkan UMKM, tanpa keraguan dalam mendapatkan dukungan pendanaan dari Negara melalui institusi keuangan yang lebih memahami suka-duka berUMKM.

Demi UKM, Sang Pilar Ekonomi Bangsa

Dalam komentar singkatnya di hari pelantikan periode ke-2nya sebagai Menteri Keuangan di kabinet Indonesia Maju Presiden Jokowi, 23 Oktober 2019 lalu, Ibu Sri Mulyani menyatakan bahwa forecast murung IMF tentang pertumbuhan ekonomi global akan menjadi alasan kuat bagi Pemerintah Indonesia untuk mendukung dan mendorong aktivitas UMKM masyarakat Indonesia, karena pada kenyataannya UMKM adalah pilar utama dalam upaya pertahanan ekonomi Indonesia dalam menghadapi ancaman resesi dunia mendatang.

Maju LPDB KUMKM, bangkit KSP, berjaya UMKM – karena kalian adalah pejuang bangsa di era Milenial!

Selain koperasi, kamu juga bisa melakukan pengajuan pinjaman modal usaha dengan berbagai cara, mulai dari melakukan pinjaman online melalui fintech, kredit tanpa agunan, ataupun pinjaman lainnya. Namun, sebelum mengajukannya perhatikan bunga pinjaman dan jangka waktunya, jangan sampai memberatkan!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait