Mengenal Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Prestasinya

Mengenal Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Prestasinya
Mengenal Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Prestasinya

Sosok perempuan ini tak asing lagi di pemerintahan dan masyarakat Indonesia. Kini ia kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Joko Widodo II. Apa yang telah ia lakukan? Simak biodata lengkap dan prestasi Menteri Keuangan kita, Sri Mulyani Indrawati.

Sri Mulyani, yang akrab disapa dengan Ani ini merupakan anak ketujuh pasangan Prof. Satmoko dan Retno Sriningsih, yang lahir pada 26 Agustus 1962 di Bandar Lampung. Mengenai pendidikan, Ani tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, ia mewarisi kepintaran orang tuanya yang berprofesi sebagai dosen. Ia menuntaskan SMA di SMAN 3 Semarang, lalu menjadi Sarjana Ekonomi di Universitas Indonesia. Selanjutnya ia memperoleh gelar Ph.D. of Economics di University of Illinois Urbana-Champaign, Amerika Serikat, pada 1992.

Duduk di pemerintahan

Kemunculan Ani di kursi pemerintahan berawal dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pada 2004, ia menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Namun setahun kemudian, SBY menunjuknya sebagai Menteri Keuangan untuk periode 2005-2010. Selain itu, ia pernah menjadi Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Perekonomian pada 2008-2009.

Sayang, kasus Bank Century menyeret nama ibu tiga anak ini. Ia keluar dari kabinet dan menerima tawaran pekerjaan dari World Bank atau Bank Dunia. Di sana, ia menjabat sebagai Direktur Pelaksana pada 2010-2016.

Potensi keilmuan dan kinerja istri Tonny Sumartono tak diragukan lagi. Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo memanggilnya pulang untuk mengabdi kepada Negara. Pertengahan 106 ia mengundurkan diri dan kembali ke Tanah Air. Ia bergabung dalam Kabinet Kerja dan Kabinet Indonesia Maju. 

Sepak terjang Sri Mulyani

“Presiden meminta saya menyampaikan ke media, beliau menugaskan saya tetap menjadi menteri keuangan,” ujar Sri Mulyani kepada media, setelah menghadap Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Keputusan Sang Presiden terhadap Menteri Keuangan dinanti-nanti oleh pelaku pasar. Pasalnya, banyak yang memprediksi bahwa Sri Mulyani bakal kembali lagi di kabinet dan kebijakannya ekonominya cukup signifikan untuk Negara dan pelaku pasar, dan ini nyata, kini Sri Mulyani kembali menjadi Menteri Keuangan periode ke 2 di dalam kabinet Presiden Joko Widodo.

Ia menerapkan strategi kebijakan fiskal. Strategi tersebut optimalisasi pendapatan, memperbaiki kualitas belanja, dan pembiayaan hati-hati dan berkesinambungan. Salah satu tujuan kebijakan tersebut untuk memperkuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dengan kebijakan ini, ia berhasil mengendalikan defisit anggaran, mengurangi subsidi untuk digunakan ke anggaran yang lebih menghasilkan. Selain itu, ada pula kebijakan Tax Amnesty 2016-2017, mengendalikan stabilitas inflasi di tengah polemik ekonomi global, dan mampu menjaga nilai tukar rupiah.

Tak heran, sepak terjang Sri Mulyani tercatat oleh pihak lain. Pada 2006, ia dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik Asia oleh Emerging Markets di sela Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura. Tahun berikutnya, ia menjadi Wanita Paling Berpengaruh Ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia. Ia juga terpilih sebagai Wanita Paling Berpengaruh Ke-23 di Dunia versi majalah Forbes pada 2008.

Pada 2018, World Government Summit memberikan penghargaan kepada dirinya sebagai The Best Minister in the World pada 2018 di Dubai, UAE. Ia juga mendapatkan penghargaan dari majalah keuangan dari Hong Kong, FinanceAsia, sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik. FinanceAsia menganggap kebijakannya berhasil menjaga ekonomi Indonesia stabil.

Itulah biodata lengkap dan deretan prestasi yang ditorehkan Sri Mulyani. Semoga kinerjanya bisa lebih baik lagi sebagai Menteri Keuangan periode 2019-2024.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait