Perubahan harga yang terjadi di pasar bukan hanya dipengaruhi oleh penawaran saja tetapi juga dipengaruhi oleh permintaan, ada beberapa jenis permintaan yang perlu kamu ketahui mulai dari permintaan efektif, absolut, hingga potensial.
Namun pada artikel Ajaib kali ini, redaksi Ajaib hanya akan membahas apa itu permintaan efektif dan bagaimana cara menghitungnya, serta contohnya. Mari kita simak informasi selengkapnya di artikel ini.
Apa Itu Permintaan?
Sebelum redaksi Ajaib menjelaskan lebih lanjut apa itu permintaan efektif. Redaksi Ajaib ingin menjelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan permintaan.
Permintaan adalah suatu proses meminta suatu barang yang dibeli pada suatu harga dan waktu tertentu. Namun, ada beberapa faktor yang memengaruhi permintaan konsumen.
Faktor-Faktor yang Pengaruhi Permintaan
1. Harga Barang
Permintaan konsumen dipengaruhi oleh harga barang. Semakin mahal barang yang dijual, maka akan semakin sendikit konsumen yang membelinya.
Hukum permintaan ini berlaku sebaliknya jika harga barang murah, maka akan semakin banyak konsumen yang membelinya.
2. Harga Jenis Barang Lainnya Seperti Barang Substitusi dan Barang Komplementer
Harga barang substitusi dan barang komplementer juga turut memengaruhi tingkat permintaan konsumen. Adanya harga barang yang lebih murah, terkadang membuat konsumen tidak lagi memikirkan kekuatan merek dari suatu barang. Sehingga konsumen hanya fokus melihat utilitas dari barang tersebut.
3. Pendapatan Konsumen
Pendapatan konsumen yang menurun, hal ini bisa berimbas langsung terhadap tingkat permintaan suatu barang di pasar. Karena daya beli konsumen yang menurun, maka permintaan barang di pasar juga akan turut menurun.
4. Selera Masyarakat
Faktor permintaan selanjutnya adalah selera masyarakat, adanya banyak produk sejenis tentu sangat menguntungkan bagi konsumen. Lantaran, konsumen dapat memilih produk terbaik dari produk sejenis yang ada.
Pemilihan produk tersebut bisa didasari dari selera atau kesukaan kepada suatu produk atau brand. Jika masyarakat menengah bawah mudah beralih ke berbagai produk sejenis. Namun hal ini sulit terjadi terhadap golongan masyarakat menengah atas.
Umumnya, masyarakat golongan menengah ke atas punya sifat brand oriented, mereka hanya mau menggunakan barang atau jasa dari produk tertentu saja.
Tipe konsumen ini biasanya dimiliki oleh brand-brand yang sudah punya nama besar dan punya harga barang selangit. Contoh brand-nya seperti Rolex, Lamborghini, Apple, dll.
5. Jumlah Penduduk
Jumlah penduduk juga punya peranan yang besar dalam mempengaruhi tingkat permintaan di pasar. Semakin banyak jumlah penduduk di suatu negara, maka semakin banyak pula tingkat permintaan.
6. Prediksi Perubahan Harga di Masa Mendatang
Isu ekonomi yang berkembang di luar sana juga memengaruhi tingkat permintaan konsumen. Lantaran, seringkali isu-isu ekonomi membuat harga suatu barang melambung naik. Jika harga naik maka jumlah konsumen akan semakin menurun.
Sehingga, tren perubahan harga yang disebabkan geopolitik dan gejolak ekonomi di masa mendatang akan memengaruhi seberapa kuat tingkat permintaan di pasar.
Keenam faktor yang sudah disebutkan di atas dapat memengaruhi permintaan konsumen di pasar. Salah satu penyebabnya adalah perubahan harga yang terjadi di pasar dapat memengaruhi permintaan konsumen akan suatu produk. Lantaran, mahal atau murahnya suatu produk berhubungan langsung dengan kemampuan bayar konsumen.
Pengertian Permintaan Efektif
Permintaan efektif adalah keinginan konsumen untuk membeli suatu produk berdasarkan kemampuan bayar. Bisa dikatakan tipe konsumen dari jenis permintaan satu ini punya uang saat membeli suatu produk.
Kita tahu dalam dunia bisnis, kita mengenal adanya istilah pelanggan adalah raja. Sehingga, mau tidak mau setiap bisnis harus bisa beradaptasi dan mengikuti setiap permintaan yang ada di pasar, salah satu jenis permintaan yang perlu diikuti adalah permintaan efektif.
Rumus dan Cara Menghitung Permintaan Efektif
Pada ilmu ekonomi, pemilik bisnis bisa mengetahui berapa jumlah permintaan efektif dengan menghitungnya dengan menggunakan rumus berikut ini.
PE = P + (I – E) + DC
P = Jumlah produksi total dari usaha sejenis.
I = Jumlah impor produk yang sama dari negara lain.
E = Volume ekspor produk yang sama dari negara lain.
DC = Selisih persediaan awal dan akhir.
Untuk lebih memudahkan kamu memahami rumus perhitungan permintaan efektif, kamu bisa melihat simulasi perhitungannya di bawah ini beserta contoh kasusnya.
- Pada tahun 2015 jumlah produksi dompet di Jakarta adalah 1,5 juta pasang. Sedangkan jumlah dompet yang diimpor dari negara Tiongkok sebanyak 400 ribu pasang. Sementara Jakarta juga melakukan ekspor dompet sebanyak 600 ribu pasang ke luar negeri. Lalu, terdapat selisih persediaan dompet di awal dan akhir tahun 2016 adalah 200 ribu pasang. Jadi, berapa permintaan efektifnya?
Jika ada contoh kasus seperti di atas, kamu bisa langsung menyelesaikan soal perhitungan tersebut dengan memasukan seluruh variabel yang ada ke dalam rumus perhitungan permintaan efektif yang sudah dijelaskan sebelumya.
PE = P + (I – E) + DC
PE = 1.500.000 + (400.000 – 600.000) + 200.000 = 1.500.000
Contoh Permintaaan Efektif
Selain menghitung permintaan efektif dengan contoh soal di atas, kamu juga bisa memahami apa itu permintaan efektif secara lebih mudah dengan menganalogikannya dengan cara berikut ini.
Kamu punya keinginan untuk membeli sebuah ponsel pintar merek Samsung untuk keperluan pekerjaan, kemudian kamu membeli ponsel pintar tersebut dengan tabunganmu sendiri. Ini adalah contoh sederhana dari permintaan efektif.
Di mana, kamu punya keinginan dan kebutuhan untuk membeli suatu barang dengan kemampuan finansialmu sendiri. Intinya, ketika kamu punya keinginan untuk membeli suatu barang dan disertai dengan kemampuan finansial untuk membelinya itu bisa disebut permintaan efektif.
Demikianlah pengertian dan contoh permintaan efektif yang perlu kamu ketahui agar tidak membeli barang yang tidak sesuai kebutuhan. Usahakanlah membeli barang sesuai kebutuhan dan sesuai dengan kemampuan finansial.
Cara ini bisa membebaskanmu dari risiko terlilit utang di kemudian hari gegara berutang sana-sini untuk membeli suatu barang yang tidak sesuai dengan kemampuan finansial.
Mulai Investasi di Ajaib Sekuritas Sekarang!
Masa depan kamu tentu akan menjadi lebih terjamin dan aman secara finansial bila kamu berinvestasi bukan? Ajaib Sekuritas hadir untuk memberikan pengalaman investasi yang lebih aman dan tepercaya. Mulai perjalanan investasimu bersama Ajaib Sekuritas sekarang, karena proses pendaftarannya yang mudah dan 100% online, tanpa memerlukan modal yang besar.
Berbagai layanan dan indeks saham juga tersedia dalam rangka mendukung investasimu agar semakin maksimal! Mulai dari saham, reksa dana, margin trading, day trading, dan layanan bagi nasabah premium, Ajaib Prime, bisa kamu temukan di aplikasi Ajaib Sekuritas.
Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib Sekuritas sekarang!