Perlukah Membayar Asuransi JNE Saat Melakukan Pengiriman?

asuransi jne
asuransi jne

Asuransi JNE wajib dibayar untuk barang-barang yang punya spesifikasi tertentu. Asuransi dari perusahaan pengiriman ini fungsinya sama seperti asuransi pada umumnya, yaitu melindungi pemilik barang agar tidak mengalami kerugian ketika barang tersebut rusak atau hilang ketika dikirimkan dengan menggunakan layanan JNE.

Saat ini JNE merupakan salah satu perusahaan ekspedisi terbesar di Indonesia yang mampu mengirimkan barang ke seluruh wilayah Indonesia. Kehadirannya sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia.

Lihat saja di sekitarmu, pasti saat ini kamu tidak perlu jauh-jauh lagi ke pusat kota untuk mengirimkan barang karena kantor cabang JNE pun ada di dekat rumahmu.

Kenyamanan yang Ditawarkan JNE

Fasilitas yang ditawarkan JNE untuk kenyamanan pengiriman pun cukup menjanjikan. Misalnya kamu bisa melakukan pengecekan keberadaan paket milikmu melalui websitenya, informasi keberadaan paket ini cukup terbarukan.

Lalu, tarif JNE pun sudah cukup jelas, bisa kamu cek juga di website sebelum kamu melakukan pengiriman sehingga kamu bisa menyiapkan uang yang cukup ketika melakukan pengiriman.

Untuk barang tertentu, akan dilakukan penambahan biaya pengiriman di luar biaya asuransi JNE. Hal ini karena barang-barang itu harus diperlakukan dengan khusus. Barang-barang itu adalah:

  • Bahan cairan berbahaya yang mudah meledak: bahan ini tetap JNE bersedia kirimkan karena mungkin berguna untuk banyak hal.
  • Sarang burung walet: seperti yang diketahui, sarang burung walet harganya sangat mahal, jadi pengirimannya pun membutuhkan uang tambahan.
  • Barang-barang yang ukurannya besar atau dalam jumlah besar.

Salah satu fasilitas yang bisa kamu manfaatkan dari JNE adalah asuransi JNE. Asuransi JNE hanya diperuntukkan bagi pengiriman barang tertentu, yang artinya tidak semua barang yang dikirimkan perlu menggunakan asuransi JNE.

Lalu, mengapa asuransi JNE ini diterapkan? Inilah manfaat yang konsumen dapatkan dari asuransi JNE.

Perlindungan Kehilangan Barang

Asuransi JNE diperuntukkan bagi pengiriman barang-barang berharga yang harganya Rp1.000.000 ke atas. Barang yang memiliki harga itu diwajibkan menggunakan asuransi untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Selain barang berharga, dokumen-dokumen penting seperti KTP, paspor, sertifikat tanah, BPKB, dan surat berharga lainnya pun wajib menggunakan asuransi JNE. Dengan asuransi ini, barang-barang tersebut yang kamu kirimkan dengan JNE akan dijamin keamanannya.

Klaim yang Mudah

Ketika kamu mengalami kehilangan atau kerusakan barang ketika menggunakan jasa pengiriman JNE, maka setelah membayar uang asuransi, kamu bisa melakukan klaim di kantor JNE terdekat di kotamu. Prosesnya pun cukup cepat apabila kamu memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh JNE. Dokumen-dokumen yang harus kamu persiapkan adalah sebagai berikut:

Bukti Resi Penggunaan Jasa JNE yang Asli

Jika barang belum tiba di tempat tujuan, memang paling aman untuk menyimpan bukti resi ini karena bukti resi ini akan sangat berguna untuk klaim asuransi. Bukti resi ini terdapat nomor e-connote yang menjadi nomor unik jasa JNE yang kamu gunakan.

Bukti Resi Asuransi yang Sudah Dibayar

Ketika melakukan pembayaran asuransi JNE, kamu akan diberi tanda bukti sudah membayar. Sebaiknya kamu simpan resi asuransi ini sampai barang atau paket milikmu tiba di tempat tujuan. Karena dokumen ini diwajibkan harus ada untuk klaim asuransi.

KTP

Untuk menghindari pemalsuan data, kamu diwajibkan membawa KTP karena nanti ada formulir identitas yang wajib kamu isi saat klaim asuransi. Jangan sampai lupa membawa data pentingmu ini. Formulir identitasnya tentu harus kamu isi dengan benar dan jangan ada yang dimanipulasi.

Invoice

Jika paket milikmu itu sebelumnya kamu beli di suatu tempat, kamu diharuskan membawa bukti pembelian barang itu. Ini dimaksudkan agar buktinya jelas bahwa paket itu kamu beli dan harga yang tertera di sana diketahui jelas karena klaim asuransi ini akan sangat tergantung pada harga dari barang tersebut,

Sekarang barang apa saja yang bisa diasuransikan dengan JNE?

  • Barang yang harga atau nilainya minimal Rp1.000.000
  • Barang atau dokumen yang harga dan nilainya 10 kali lebih mahal dibandingkan biaya pengiriman JNE.
  • Dokumen-dokumen yang berharga yang jika hilang tentu akan merepotkan pemilik tersebut.

Penerapan Harga

Lalu, bagaimana penerapan harga asuransi JNE ini? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa biaya asuransi JNE ini bergantung pada harga dari barang yang dikirimkan. Jadi, rumus perhitungannya adalah sebagai berikut:

           (0,2 % x harga/nilai barang) + biaya administrasi Rp5.000.

Perhitungannya pun tidak rumit dan jauh dari harga asli barang yang dikirimkan. Namun, JNE sendiri memiliki aturan jumlah klaim yang akan diberikan pada konsumen yang kehilangan dokumen berharganya yang hilang atau rusak ketika menggunakan jasa JNE. Berikut ini adalah ketentuannya:

  • BPKB Mobil, nilai klaim asuransi Rp3.500.000,-/buku
  • BPKB Motor, nilai klaim asuransi Rp2.500.000,-/buku
  • STNK Mobil, nilai klaim asuransi Rp2.000.000,-/lembar
  • STNK Motor, nilai klaim asuransi Rp1.000.000 / lembar
  • Ijazah, nilai klaim asuransi Rp200.000,-
  • Paspor, nilai klaim asuransi Rp500.000,-
  • Sertifikat tanah asli, nilai klaim asuransi Rp2.000.000,-
  • Dokumen penting lainnya dapat diasuransikan dengan nilai maksimal Rp2.000.000,-/dokumen, ini dilakukan dengan persetujuan kedua pihak
  • Sarang Burung Walet dikenakan asuransi menilai harga barang ditambah nilai klaim sebesar 200% dari tarif/publish rate.

Bisa dikatakan harga asuransi JNE ini murah dan layak untuk diterapkan di pengiriman barang berharga. Jaminannya pun cukup setara. Jika kamu terkendala untuk melakukan klaim asuransi, bisa menghubungi langsung customer service JNE di nomor 021 – 2927888.

Bacaan menarik lainnya:

OJK. (2019). Statistik Perasuransian Indonesia, 2019. Otoritas Jasa Keuangan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait