Milenial

Pentingnya Pendidikan untuk Para Calon Pengusaha

Ajaib.co.id – Pendidikan berpengaruh pada kesuksesan seseorang. Hal ini karena ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan saat memiliki pendidikan yang layak.

Jika kamu ingin menjadi pengusaha kamu harus banyak belajar dari yang sudah memiliki pengalaman. Pentingnya pendidikan akan kamu ketahui secara langsung ketika kamu berada di lapangan, tapi untuk belajar bisa kamu lakukan di waktu sebelum itu.

Ada yang mengatakan bahwa pendidikan itu bisa mengubah hidup seseorang. Hal itu benar adanya. Karena kebanyakan orang sukses di dunia ini mendapatkan pendidikan yang baik.

Pendidikan itu tidak harus dari sekolah atau pendidikan formal. Belajar di sebuah lembaga pun bisa mendatangkan hasil yang baru untukmu, terutama jika kamu ingin menjadi pengusaha.

Siapa saja memang bisa menjadi pengusaha asalkan ada niat kuat yang mengiringinya. Niat itu harus ditambah dengan ilmu yang cukup pula.

Memang ketika menjadi seseorang yang menjalankan bisnis, kamu akan lebih banyak praktik. Namun, ada banyak teori juga yang perlu kamu ketahui agar bisnismu berjalan lancar.

Sebagai calon pengusaha ada banyak hal yang perlu kamu pelajari, dan itu bisa kamu dapatkan dengan pendidikan. Alasan utama pentingnya pendidikan bagi calon pengusaha bisa kamu lihat di bawah ini.

1.     Mengajarkanmu cara mengambil keputusan yang baik

Ketika menjadi seorang pengusaha kamu sering berhadapan dengan situasi ketika kamu harus memutuskan sesuatu. Kamu harus mampu menganalisis suatu masalah dengan baik sehingga bisa menghasilkan keputusan yang tepat.

Cara menganalisis ini bisa kamu dapatkan dari pendidikan yang kamu ambil. Misalnya saja dari analisis studi kasus. Dari sana kamu bisa memahami sebuah masalah, dan menuangkan ide pemecahan masalah.

Memang cara ini akan lebih tepat dilakukan secara langsung, tapi ada tahapan-tahapan teori yang akan kamu dapatkan agar bisa berpikir lebih kritis.

2.     Menambah networking

Pentingnya pendidikan diakui karena bisa menambah jaringan. Di tempat pendidikan itu kamu bisa bertemu dengan teman-teman baru, dan teman-teman yang punya passion yang sama denganmu.

Jaringan yang luas sangat diperlukan oleh pengusaha. Dengan jaringan yang banyak kamu bisa memperluas bisnismu.

Kamu juga bisa melakukan berbagai kerja sama yang bisa memajukan usahamu. Dari sini juga kamu bisa menemukan mentor yang dapat dipercaya dan bisa menjadi penasihatmu di saat diperlukan.

3.     Melakukan praktik sebelum benar-benar terjun

Bagi kamu yang menempuh pendidikan menjadi seorang pengusaha, kamu akan belajar tentang banyak hal yang berkaitan dengan usaha.

Kamu akan belajar menyusun perencanaan bisnis. Perencanaan bisnis diperlukan ketika kamu ingin mendirikan bisnis, jadi memang tidak bisa asal berdiri.

Perencanaan bisnis ini biasanya akan kamu gunakan untuk menggaet pemodal agar tertarik dengan bisnismu, dan akhirnya bersedia memberikan modal. Kamu juga akan diajari bagaimana caranya mengatur keuangan.

Walaupun nanti ada orang yang membantumu melakukan hal itu, setidaknya kamu harus mengetahui bagaimana bentuk pengaturan keuangan yang baik untuk perusahaan. Hal ini penting agar kamu tidak salah dalam membaca laporan keuangan.

Biasanya kamu akan melakukan praktik bisnis kecil-kecilan yang nanti bisa menjadi pengalaman yang bagus untukmu.

4.     Menambah wawasan

Pentingnya pendidikan dibuktikan dengan bertambahnya wawasan mereka yang menjalankannya. Seorang pengusaha diharuskan bisa melihat peluang dengan jeli.

Oleh karena itu untuk menjadi pengusaha, kamu harus punya wawasan yang luas tentang apa yang ingin dijalankan. Ketika menentukan mau bisnis apa, pengusaha diharuskan mengetahui dunia bisnis yang ingin dijalankannya itu.

Hal tersebut bisa ketahui dengan belajar di tempat yang tepat dan melakukan riset langsung ke lapangan. Mereka bisa mendapatkan ilmu dari yang ahlinya juga.

Jika kamu ke tempat-tempat berbagi ilmu itu, kamu akan lebih mudah menemukan mentor. Mentor yang baik tidak akan ragu berbagi pengetahuan dan memberikan ilmunya kepadamu.

5.     Mengerti tentang manajemen usaha

Ketika memutuskan mendirikan sebuah perusahaan, kamu harus mampu membuat sistem yang membuat perusahaan itu bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya. Harus ada aturan yang jelas mengenai prosedur kerja di perusahaan.

Mungkin kamu bisa menyusunnya dibantu oleh orang lain, tapi bentuk dasarnya harus kamu pahami juga. Ini agar proses produksi yang dilakukan perusahaan berjalan dengan lancar.

6.     Belajar bisnis yang beretika

Saat memutuskan menjalankan sebuah usaha, kamu akan berhadapan dengan banyak pesaing. Pendidikan yang kamu ambil akan mengajarkanmu bagaimana caranya berhadapan dengan para kompetitor. Kamu akan tahu berinovasi itu lebih baik daripada menjatuhkan pesaing melalui cara yang kotor.

Etika bisnis mungkin terlihat sekedar teori, tapi ketika kamu benar-benar terjun langsung ke lapangan, kamu memerlukannya untuk menjalankan bisnis yang sehat. Bisnis yang sehat tidak hanya akan mendatangkan keuntungan padamu, tapi juga keuntungan bagi orang-orang yang membantumu menjalankan bisnis itu.

7.     Mengerti bagaimana mengatur SDM dengan baik

Ini juga sangat penting bagi pengusaha karena kamu akan bekerja sama dengan banyak sumber daya manusia yang punya sifat berbeda-beda. Agar mereka bisa bekerja dengan baik, kamu harus mampu menempatkan mereka di posisi yang tepat. Kamu juga harus mampu memberikan semangat dan mengapresiasi mereka.

Untuk memiliki semua kemampuan itu kamu memang harus belajar mengerti perilaku seseorang. Hal itu bisa kamu dapatkan dari materi-materi di perguruan tinggi atau dari seminar yang diikuti. Untuk memahami seseorang saja kamu perlu belajar yang tekun.

Pendidikan itu penting bagi calon pengusaha agar bisa menjalankan pekerjaannya dengan baik dan mencapai tujuan yang ditetapkan sejak awal. Jangan ragu untuk menambah ilmu dari mana saja.

Artikel Terkait