Milenial

Pengertian Spam Beserta Jenis-jenis Modus yang Digunakan

pengertian spam

Kata spam mungkin sering kamu dengar apalagi jika bicara mengenai aktivitas di dunia maya dan berbagai aplikasinya. Sekilas kamu mungkin bisa menangkap makna dan arti spam. Namun benarkan kamu paham akan pengertian spam dan alasan eksistensinya.

Kata spam mulai populer ketika teknologi digital semakin masif digunakan. Biasanya berhubungan dengan sistek komunikasi mulai dari email sampai dengan chat aplikasi. Kamu tentunya sudah sering mendengar kata spam saat berselancar di dunia internet, mulai dari media sosial hingga mengunjungi sebuah situs.

Kata spam juga banyak disebutkan dalam review suatu aplikasi misalnya saja aplikasi pesan instan atau aplikasi belanja. Suatu aplikasi atau situs yang memiliki terlalu banyak spam biasanya akan mendapatkan kritikan karena dianggap mengganggu. Tapi toh, masih banyak yang belum paham benar akan pengertian spam dan berbagai jenisnya.

Memahami Pengertian Spam dan Jenisnya yang Akan Merugikanmu

Secara umum, pengertian spam adalah aktivitas mengirimkan pesan kepada orang lain dengan menggunakan perangkat elektronik secara terus-menerus dengan jumlah yang masif tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Aktivitas spam ini disebut dengan spamming dan pelakunya disebut dengan spammer.

Pada umumnya pesan yang dikirim oleh spammer berisi iklan atau informasi yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh si penerima. Namun, pengirim spam tetap melakukannya karena memiliki tujuan tertentu yang ingin didapatkan dari si penerima spam.

Pengiriman spam biasanya melebihi kapasitas yang bisa ditoleransi oleh penerima pesan spam. Banyaknya spam yang masuk terkadang membuat penerima spam menjadi resah dan jengkel karena harus bekerja lebih lama untuk menghapus semua spam yang masuk. Spam biasanya dikirimkan melalui berbagai media komunikasi.

Umumnya pesan ini dikirim lewat emai, aplikasi chatting atau bahkan SMS. Spam memang erat kaitannya dengan isu privasi data di dunia digital dan bisa dikatakan cukup menjadi bahan pembicaraa karena dianggap menganggu.

Menyadari hal ini, biasanya penyedia layanan pesan juga melakukan sejumlah tindakan untuk mengatur agar spam bisa dienyahkan. Misalnya saja Gmail yang secara otomatis menyortir email yang masuk ke menu Spam jika dianggap masuk dalam kategori tersebut. Meski demikian, ini tidak selalu efektif membuat pengguna email tak terganggu dengan adanya spam.

Biasanya, spam banyak dikirimkan melalui e-mail. Banyak website yang menerapkan pengiriman pesan spam ke semua member email yang terdaftar atau masuk kedalam data website tersebut. Pernahkan kamu masuk ke dalam suatu situs dan mendapatkan kolom untuk memasukkan alamat emailmu?

Jika pernah dan kamu memasukkan alamat emailmu maka itulah yang menjadi akar spam yang kamu terima. Pengiriman spam dilakukan secara otomatis sehingga semua email yang terdaftar dalam website tersebut bisa mendapatkan pesan spam secara terus menerus. Spam bisa dikatakan sebagai pesan yang sangat mengganggu.

Kegiatan Spamming banyak dilakukan di internet karena adanya anggapan bahwa spam adalah cara yang mudah dan murah untuk memasarkan sesuatu ataupun kepentingan lainnya di internet. Spam merupakan produk dari jaringan zombie yaitu jaringan yang sudah diretas sehingga bisa digunakan untuk membuat pesan yang mengganggu ini.

Dari sisi si penerima pesan, tentu saja spam menjadi momok yang sangat mengganggu karena dapat menyita waktu, dan menguras sumber daya perangkat elektronik.

Mengapa Spam Merajalela?

Mengapa masih banyak yang melakukan kegiatan spamming di internet? Ada beberapa alasan mengapa para spammer tetap melakukan spamming meskipun dapat merugikan orang lain. Salah satu alasannya jelas yakni untuk melakukan promosi barang lewat surat elektronik komersial.

Namun sebenarnya bukan hanya itu. Ada berbagai alasannya lainnya mengapa spam kerap dikirimkan tanpa berhenti. Alasannya tak lepas dari pengertian spam dan berbagai jenisnya ini. Mengacu pada pengertian spam yang dijelaskan sebelumnya, adapun beberapa tujuan spam adalah sebagai berikut:

1. Spam untuk Tujuan Promosi

Ada banyak pihak yang ingin memasarkan sesuatu di internet dengan cara-cara yang tidak etis, salah satunya dengan mengirimkan spam kepada orang lain. Isi pesan yang terdapat dalam pesan spam biasanya penawaran barang atau jasa.

Pelaku spam bisa dari mana saja, baik itu perorangan maupun perusahaan. Bahkan ada juga perusahaan yang menjadikan pesan spam melalui email dan sms sebagai kanal pemasarannya.

Dari sisi penerima spam tentu akan merasa terganggu setiap kali menerima spam berisi pesan komersil. Alih-alih terjadi penjualan, umumnya spam promosi tidak menghasilkan penjualan. Jikapun terjadi penjualan, itu hanya kebetulan dan sangat jarang terjadi.

2. Spam untuk Tujuan Penipuan

Pengertian spam untuk penipuan adalah memborbardir untuk maksud menipu. Hal ini juga sangat marak ditemukan, baik melalui email, SMS, dan media lainnya. Modus penipuannya pun sangat beragam, misalnya mengambil alih akun online (phishing), pencurian data, meminta uang, dan lain sebagainya.

Salah satu modus penipuan yang sangat jamak terjadi saat ini adalah pencurian akun online (phishing). Biasanya pelaku mengirimkan email spam secara random di mana isi pesan menyebutkan bahwa si penerima telah memenangkan hadiah undian. Cara ini dilakukan untuk mencari korban yang mudah terjebak pada tipu daya ini.

Di dalam email spam tersebut disisipkan link ke situs tertentu dimana si penerima spam harus login menggunakan akun email. Ketika korban mengetikkan email dan password, setiap ketukan keyboard telah direkam sehingga si penipu mengetahui alamat email dan password email korban.

Spam jenis ini jelas jauh lebih merugikan dibandingkan spam berupa email promosi. Kamu akan kehilagan data pribadi, akun email dan perbankan serta uang jika tak bersikap hati-hati. Karena itu, jangan mudah klik link yang kau terima begitu saja untuk menghindari terkena spam jenis apapun.

3. Spam Hanya Sekedar Iseng

Spam untuk tujuan iseng merupakan bentuk spam yang cukup mengganggu pengguna internet. Meskipun tidak bermaksud melakukan tindakan penipuan atau tindakan kejahatan lainnya, namun korban mendapat kerugian dan spammer akan mendapat keuntungan bila korban merespon.

Salah satu contoh keisengan dalam kegiatan spamming dalah menyebarkan link website tertentu di bagian komentar blog orang lain. Contoh lain, membagikan gambar tak senonoh atau link situs porno di bagian komentar status media sosial orang lain.

Biasanya hal ini dilakukan murni karena ingin berbuat iseng. Banyak pula yang membuat spam untuk sekedar menguji kemampuannya. Namun tetap saja spam apapun akan merugikan orang lain.

4. Gift Card

Spam berupa gift card semacam ini telah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Untuk meyakinkan korban, biasanya penipuan semacam ini mengatasnamakan sejumlah merek-merek ternama, seperti McDonalds, KFC, 7-Eleven, hingga Zara.

Namun sebelum mendapatkan hadiah tersebut, korban akan diminta untuk mengisi sebuah survei terlebih dulu. Mengingat ini penipuan, survei tersebut jelas tak benar dan hanya dipakai untuk memperoleh data pribadi korban.

Sayangnya, banyak orang selalu tertarik dengan iming-iming gift card atau hadiah. Apalagi jika sudah melibatkan sejumlah nama brand besar maka daya tariknya terus meningkat. Pastikan kamu bukan salah satau korban spam jenis ini ya.

5. Penawaran Investasi

Modus ini merupakan salah satu cara baru yang digunakan para penipu untuk mendapatkan keuntungan dengan cara yang tak seharusnya. Para penipu akan mengirimkan pesan berisi penawaran investasi melalui perusahaan tertentu.

Dengan cara ini, para penipu menargetkan dapat memperoleh pemasukan dari investasi bodong semacam ini. Namun perlu diingat, modus penipuan melalui WhatsApp dipastikan terus berkembang di masa depan mengingat platform tersebut masih bertumbuh.

Berbagai Contoh Spam, Kenali Agar Tak Mudah Terjebak

KIta sudah membahas mengenai berbagau tujuan spam. Namun bisa dikatakan jika spam akan merugikanmu baik data pribadi, uang atau waktu. Penggunaan teknologi digital memang datang dengan risikonya termasuk keberadaan spam ini.

Namun kita tentu sekaran tak bisa lepas dari internet dan dunia digital. Karena itu, satu-satuny acara adalah dengan bersikap hati-hati. Jangan mudah klik link yang dikirim dengan asal atau godaan lainnya yang tidak masuk akal.

Banyak jenis spam yang mudah ditemui saat ini. Berbagai contoh spam bisa anda dapatkan diberbagai sumber informasi. Berikut adalah beberapa contoh spam yang bisa kamu pelajari:

1. Spam Iklan di Email

Akun email adalah akun yang paling sering mendapatkan pesan spam. Contohnya, pesan iklan yang selalu dikirimkan secara berulang dan sering. Email kini sudah memiliki sistem yang canggih sehingga sudah dilengkapi dengan filter spam. Pesan spam dalam email langsung masuk ke folder spam.

2. Spam Pesan Pemenang Undian

SMS menjadi target penyebaran spam. Terkadang banyak sms informasi pengumuman pemenang undian. Dan menyertakan alamat suatu situs. Contoh seperti itu bisa dikatakan sebagai spam karena sangat mengganggu kenyamanan pengguna.

3. Spam Telepon Penawaran Jasa

Selain email dan SMS, spam juga bisa dikirimkan melalui telepon. Terkadang telepon dari perusahaan yang menawarkan jasa berkali-kali dengan kata yang sama adalah termasuk spam. Karena hal tersebut sangat mengganggu kenyamanan pengguna.

Itulah artikel mengenai artikel mengenai pengertian spam, contoh spam dan istilah-istilah umum yang berhubungan dengan spam. Banyak contoh spam yang bisa anda pelajari. Untuk menjaga keamanan data dari spam, anda harus membedakan akun untuk kebutuhan profesional atau pekerjaan dengan akun yang umum untuk iklan.

Hal tersebut bisa membantu ada dalam mengurangi adanya pesan spam. Data pribadi adalah informasi yang sangat penting untuk tidak disebarluaskan. Mari kita menjaga informasi data pribadi masing-masing dengan aman.

Artikel Terkait