Pengertian Spam Beserta Jenis-jenis Modus yang Digunakan

pengertian spam
pengertian spam

Kamu tentunya sudah sering mendengar kata spam saat berselancar di dunia internet, mulai dari media sosial hingga mengunjungi sebuah situs. Namun apakah kamu tahu pengertian spam?

Pengertian Spam

Secara umum, pengertian spam adalah aktivitas mengirimkan pesan kepada orang lain dengan menggunakan perangkat elektronik secara terus-menerus dengan jumlah yang masif tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Aktivitas spam ini disebut dengan spamming, dan pelakunya disebut dengan spammer.

Pada umumnya pesan yang dikirim oleh spammer berisi iklan atau informasi yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh si penerima. Namun, pengirim spam tetap melakukannya karena memiliki tujuan tertentu yang ingin didapatkan dari si penerima spam.

Pengiriman spam biasanya melebihi kapasitas yang bisa ditoleransi oleh penerima pesan spam. Banyaknya spam yang masuk terkadang membuat penerima spam menjadi resah dan jengkel karena harus bekerja lebih lama untuk menghapus semua spam yang masuk. Spam biasanya dikirimkan melalui berbagai media komunikasi.

Banyak Dikirimkan via E-mail

Biasanya, spam banyak dikirimkan melalui email. Banyak website yang menerapkan pengiriman pesan spam ke semua member email yang terdaftar atau masuk kedalam data website tersebut.

Pengiriman spam dilakukan secara otomatis sehingga semua email yang terdaftar dalam website tersebut bisa mendapatkan pesan spam secara terus menerus. Spam bisa dikatakan sebagai pesan yang sangat mengganggu.

Kegiatan Spamming banyak dilakukan di internet karena adanya anggapan bahwa spam adalah cara yang mudah dan murah untuk memasarkan sesuatu ataupun kepentingan lainnya di internet. Dari sisi si penerima pesan, tentu saja spam menjadi momok yang sangat mengganggu karena dapat menyita waktu, dan menguras sumber daya perangkat elektronik.

Mengapa Spam Merajalela?

Mengapa masih banyak yang melakukan kegiatan spamming di internet? Ada beberapa alasan mengapa para spammer tetap melakukan spamming meskipun dapat merugikan orang lain. Mengacu pada arti spam yang dijelaskan sebelumnya, adapun beberapa tujuan spam adalah sebagai berikut:

Spam untuk Tujuan Promosi

Ada banyak pihak yang ingin memasarkan sesuatu di internet dengan cara-cara yang tidak etis, salah satunya dengan mengirimkan spam kepada orang lain. Isi pesan yang terdapat dalam pesan spam biasanya penawaran barang atau jasa.

Pelaku spam bisa dari mana saja, baik itu perorangan maupun perusahaan. Bahkan ada juga perusahaan yang menjadikan pesan spam melalui email dan sms sebagai kanal pemasarannya.

Dari sisi penerima spam tentu akan merasa terganggu setiap kali menerima spam berisi pesan komersil. Alih-alih terjadi penjualan, umumnya spam promosi tidak menghasilkan penjualan. Jikapun terjadi penjualan, itu hanya kebetulan dan sangat jarang terjadi.

Spam untuk Tujuan Penipuan

Pengertian spam untuk penipuan adalah memborbardir untuk maksud menipu. Hal ini juga sangat marak ditemukan, baik melalui email, SMS, dan media lainnya. Modus penipuannya pun sangat beragam, misalnya mengambil alih akun online (phising), pencurian data, meminta uang, dan lain sebagainya.

Salah satu modus penipuan yang sangat jamak terjadi saat ini adalah pencurian akun online (phising). Biasanya pelaku mengirimkan email spam secara random di mana isi pesan menyebutkan bahwa si penerima telah memenangkan hadiah undian.

Di dalam email spam tersebut disisipkan link ke situs tertentu dimana si penerima spam harus login menggunakan akun email. Ketika korban mengetikkan email dan password, setiap ketukan keyboard telah direkam sehingga si penipu mengetahui alamat email dan password email korban.

Spam Hanya Sekedar Iseng

Spam untuk tujuan iseng merupakan bentuk spam yang cukup mengganggu pengguna internet. Meskipun tidak bermaksud melakukan tindakan penipuan atau tindakan kejahatan lainnya, namun korban mendapat kerugian dan spammer akan mendapat keuntungan bila korban merespon.

Salah satu contoh keisengan dalam kegiatn spam adalah menyebarkan link website tertentu di bagian komentar blog orang lain. Contoh lain, membagikan gambar tak senonoh atau link situs porno di bagian komentar status media sosial orang lain.

Gift Card

Spam berupa gift card semacam ini telah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Untuk meyakinkan korban, biasanya penipuan semacam ini mengatasnamakan sejumlah merek-merek ternama, seperti McDonalds, KFC, 7-Eleven, hingga Zara.

Namun sebelum mendapatkan hadiah tersebut, korban akan diminta untuk mengisi sebuah survei terlebih dulu. Mengingat ini penipuan, survei tersebut jelas tak benar dan hanya dipakai untuk memperoleh data pribadi korban.

Penawaran Investasi

Modus ini merupakan salah satu cara baru yang digunakan para penipu untuk mendapatkan keuntungan dengan cara yang tak seharusnya. Para penipu akan mengirimkan pesan berisi penawaran investasi melalui perusahaan tertentu.

Dengan cara ini, para penipu menargetkan dapat memperoleh pemasukan dari investasi bodong semacam ini. Namun perlu diingat, modus penipuan melalui WhatsApp dipastikan terus berkembang di masa depan mengingat platform tersebut masih bertumbuh.

Contoh Spam

Banyak jenis spam yang mudah ditemui saat ini. Berbagai contoh spam bisa anda dapatkan diberbagai sumber informasi. Berikut adalah beberapa contoh spam yang bisa kamu pelajari:

Spam Iklan di Email

Akun email adalah akun yang paling sering mendapatkan pesan spam. Contohnya: pesan iklan yang selalu dikirimkan secara berulang dan sering. Email kini sudah memiliki sistem yang canggih sehingga sudah dilengkapi dengan filter spam. Pesan spam dalam email langsung masuk ke folder spam.

Spam Pesan Pemenang Undian

SMS menjadi target penyebaran spam. Terkadang banyak sms informasi pengumuman pemenang undian. Dan menyertakan alamat suatu situs. Contoh seperti itu bisa dikatakan sebagai spam karena sangat mengganggu kenyamanan pengguna.

Spam Telepon Penawaran Jasa

Selain email dan SMS, spam juga bisa dikirimkan melalui telepon. Terkadang telepon dari perusahaan yang menawarkan jasa berkali-kali dengan kata yang sama adalah termasuk spam. Karena hal tersebut sangat mengganggu kenyamanan pengguna.

Itulah artikel mengenai artikel mengenai pengertian spam, contoh spam dan istilah-istilah umum yang berhubungan dengan spam. Banyak contoh spam yang bisa anda pelajari. Untuk menjaga keamanan data dari spam, anda harus membedakan akun untuk kebutuhan profesional atau pekerjaan dengan akun yang umum untuk iklan.

Hal tersebut bisa membantu ada dalam mengurangi adanya pesan spam. Data pribadi adalah informasi yang sangat penting untuk tidak disebarluaskan. Mari kita menjaga informasi data pribadi masing-masing dengan aman.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait