Bisnis & Kerja Sampingan

Pendiri KFC dan 7 Pelajaran untuk Sukses yang Menginspirasi

pendiri kfc

Ajaib.co.id Sebagai pendiri KFC, Kolonel Sanders memiliki banyak pelajaran untuk sukses. Nah, jika kamu mau mengikuti jejaknya, ada baiknya kamu ikuti pelajaran sukses dari pendiri KFC ini.

Kolonel Sanders ditolak dari pekerjaan lebih dari 1000 kali sebelum berhasil menjual resep Kentucky Fried Chicken-nya. Dia telah gagal dalam setiap pekerjaan yang dia coba sebelumnya dalam hidupnya, seperti menjadi pengacara, salesman, dan apa saja.

Kolonel Sanders menikah pada usia muda 19 tahun dengan istrinya Josephine, memiliki 3 anak, kemudian pernikahan berakhir dengan perceraian. Aman untuk mengatakan bahwa dia tidak memiliki kehidupan terbaik selama hidupnya. Bahkan, dia bahkan tidak berhasil menjual perusahaannya sampai dia berusia 75 tahun!

Pelajaran Keberhasilan Kolonel Sanders

Kisah sang pendiri KFC ini sangat menginspirasi, dan dipenuhi dengan harapan bagi orang lain yang menganggapnya ‘sudah terlambat’ karena usianya. Lihatlah 7 pelajaran sukses paling kuat yang bisa kita pelajari dari Kolonel Sanders.

Tidak masalah apakah kamu berusia 20 tahun atau 70 tahun. Artikel ini memiliki beberapa poin kuat untuk dibahas dan dipelajari.

Kamu Harus Melalui Kegagalan Untuk Mencapai Kesuksesan

Dalam intro di atas, telah disebutkan bahwa Kolonel Sanders ditolak lebih dari 1000 kali sebelum berhasil menjual resep KFC-nya.

Bukan hanya itu, tetapi ia juga gagal di setiap karier lain yang dia coba masuki. Sanders mencoba dan gagal total di semua karir di bawah ini antara usia 10 dan 40 tahun:

  • Pertanian/ buruh tani
  • Konduktor trem
  • Pengacara
  • Penjual Asuransi
  • Pemadam Kebakaran

Hanya menunjukkan bahwa tidak peduli berapa banyak kegagalan yang kamu alami dalam hidup, selalu ada waktu untuk menjadi sukses. Bagi siapa pun yang membaca ini yang berpikir sudah terlambat untuk membuat sesuatu dari hidup kamu, mulailah berpikir ulang!

Kamu Tidak Pernah Terlalu Tua untuk Berhasil

Kolonel Sanders berusia 75 tahun sebelum akhirnya menjual Kentucky Fried Chicken dengan harga 2 juta dollar. Yang akan menjadi sekitar 15 juta dollar di perekonomian dunia saat ini. Dia tetap menjabat sebagai juru bicara perusahaan setelah perusahaannya berhasil terjual.

Tapi di usia 75 tahun … mayoritas orang, setidaknya 95% menyerah jauh di awal kehidupan. Orang-orang berhenti berpikir mereka bisa sukses bahkan di usia 30-an! Namun, Kolonel Sanders tidak berpikir seperti itu, dan akhirnya menjadi pendiri dan wajah merek dengan harga miliaran dolar.

Jadi, sebelum kamu mulai berpikir bahwa kamu tidak dapat mencapai impian kamu, karena saati ini berusia 30, 40, 50 tahun … berhenti sejenak. Kamu tidak pernah tua dan tidak pernah terlambat untuk mencapai kesuksesan dalam hidup.

Masa Lalu Tidak Menentukan Keberhasilan Kamu

Pelajaran sukses luar biasa yang perlu didengar banyak orang, adalah pelajaran bahwa masa lalu kamu tidak menentukan kesuksesan masa depan kamu. Tidak masalah berapa kali kamu gagal. Tidak masalah di mana kamu dibesarkan, atau apa yang terjadi pada kamu sebelumnya dalam hidup.

Masa lalu kamu, tidak menentukan seberapa sukses kamu di masa depan.

Sekali lagi, lihat Sanders. Dia telah gagal di setiap karir yang dia coba, banyak dari pilihannya yang gagal! Dia berada dalam pernikahan yang tidak harmonis dan memiliki 3 anak di usia yang sangat muda. Bagi kebanyakan orang saat itulah mereka mulai berhenti hidup, dan tidak bisa melihat jalan keluar.

Menyerah Adalah Satu-satunya Cara Pasti untuk Gagal

Kamu bisa gagal dalam banyak hal dalam hidup, tetapi cerita pendiri KFC membuktikan bahwa menyerah adalah satu-satunya cara pasti untuk gagal. Jika kamu seperti Kolonel Sanders, tidak peduli berapa kali kamu gagal, kemungkinan sukses masih selalu ada.

Kamu tidak akan gagal sampai akhirnya berhenti berusaha. Jadi jangan menyerah. Bahkan jika waktu berlalu, kamu perlahan-lahan bertambah tua dan kamu masih belum bisa melihat ujung terowongan. Tidak pernah mustahil untuk mencapai kesuksesan.

“Kerja keras mengalahkan semua tonik dan vitamin di dunia.” – Kolonel Sanders

Tidak Pernah Terlambat untuk Memulai

Jelas bahwa memasak adalah hasrat Kolonel Sanders, tetapi ia tidak menemukan hasrat itu sendiri sampai masa nanti di dalam hidupnya. Dia menjalani berbagai karier, harus memulai dari awal, lagi, dan lagi.

Ketika kamu mencoba untuk berhasil dalam banyak hal yang berbeda, itu bisa saja melelahkan. Awal selalu merupakan bagian yang paling sulit, dan bagi kebanyakan orang memulai bisnis dari awal lagi pada usia 50, atau 60 tahun adalah hal yang tidak akan terpikirkan.

Namun, tidak pernah ada kata terlambat, dan Kolonel Sanders menunjukkan ini dengan akhirnya berhasil melakukan apa yang dia sukai di usia 70-an!

Berisiko untuk Melakukan Apa yang Kamu Cintai

Bukan rahasia lagi bahwa mengikuti hasrat kamu adalah kunci menuju kebahagiaan dan kesuksesan. Kamu tahu itu, banyak yang tahu hal itu, dan sudah banyak yang mendengar semua cerita sukses lainnya sebelumnya.

Namun, sebagian besar dari kita masih tidak mengejar apa yang kita inginkan dalam hidup. Orang-orang berusia 20-an bahkan tidak mengejar hasrat mereka di banyak waktu.

Mungkin perlu beberapa saat bagi kebanyakan orang untuk menyadari betapa pentingnya sebuah hasrat; harapannya adalah bahwa hal itu dapat membantu untuk mengejar apa yang mereka inginkan sejak dini.

Setelah semua dikatakan dan dilakukan, hasrat yang dikejar akan membuat siapa pun menjadi individu yang sukses.

Jangan Takut Memulai dengan Skala Kecil

Sanders mulai menjual Kentucky Fried Chicken di tepi jalan, dalam skala kecil. Setelah menjual resepnya, resep itu berkembang pesat, dan waralaba dibuka di seluruh dunia. Pelajaran di sini adalah jangan takut untuk memulai dari yang kecil. Selama kamu memulai, dan bekerja keras, kemajuan akan datang.

Orang sering menunda memulai bisnis mereka sendiri, situs web, dan semacamnya, hanya karena mereka tidak berpikir itu pada skala yang cukup besar untuk diluncurkan. Lakukan saja dulu. Jangan ragu-ragu.

Orang-orang menyukai perkembangan, dan begitu kamu mulai, kamu akan dapat melakukannya. Menunda karena kesempurnaan tidak akan membuat kamu ke mana-mana dan hanya jalan di tempat.

Jika ada satu poin yang bisa kamu ambil dari artikel ini, salah satunya adalah: mimpi atau impian kamu akan menjadi kenyataan, bahwa tidak ada yang terlambat, dan kamu tidak pernah terlalu tua, untuk mengejar impian kamu. Semangat!

Bacaan menarik lainnya:

Coulter, M. (2002). Strategic Management in Action.SecondEdition. New Jersey :Prentice-Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait