Saham

Menilik Anggota Saham LQ45 dan IDX Terbaru 2021

Sumber: Facebook/Indonesia Stock Exchange

Ajaib.co.id – Belum lama ini, BEI baru saja mengumumkan anggota saham LQ45 dan IDX terbaru ke publik. Sebagai investor, layak untuk dicermati saham-saham mana saja yang berpotensi go to the moon dari daftar terbaru tersebut.

Seperti diketahui, indeks saham LQ45 selalu mengalami perombakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) berdasarkan kinerja sepanjang periode 6 bulan terakhir. Di mata investor, indeks saham satu ini seringkali dijadikan ukuran atau patokan dari pergerakan pasar saham di Indonesia.

Lantaran, saham LQ45 adalah indeks saham yang diisi oleh 45 emiten perusahaan unggulan yang tentunya punya kapitalisasi besar dan fundamental yang kuat. Dengan kapitalisasi besar dan fundamental yang kuat, kedua hal ini membuat saham-saham LQ45 punya likuiditas yang baik di pasar saham.

Bukan hanya sebagai acuan dari investor, melainkan para pelaku pasar modal pun demikian, dengan menjadikan indeks saham LQ45 sebagai acuannya, misalnya pengelola reksa dana hingga dana pensiun sekalipun.

Kriteria Emiten yang Bisa Masuk Indeks LQ45

Seleksi yang ketat membuat para emiten yang menghuni indeks satu ini tidak perlu diragukan lagi dari segi kapitalisasi pasar dan fundamentalnya. Karena Bursa Efek Indonesia (BEI) telah menetapkan persyaratan yang ketat bagi saham-saham yang ada saat ini jika ingin masuk ke dalam indeks saham tersebut.

Berikut ini adalah pertimbangan bagi emiten untuk bisa bergabung di Indeks LQ45:

  • Kondisi keuangan perusahaan harus sehat.
  • Prospek pertumbuhan perusahaan harus tinggi.
  • Nilai transaksi harus likuid.

Ketiga kriteria ini mutlak harus dimiliki oleh seluruh emiten yang ingin dipertimbangkan untuk masuk ke jajaran 45 saham unggulan di indeks LQ45.

Daftar Anggota Saham LQ45 dan IDX Terbaru 2021

Pada periode Agustus 2021 – Januari 2022, ada dua nama saham yang didepak dari indeks saham ini yakni Bank BTPN Syariah (BTPS) dan Ciputra (CTRA). Kedua saham ini masing-masing bergerak di sektor keuangan dan properti.

Untuk menggantikan kedua saham tersebut, Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjuk PT Barito Pacific Tbk (BRPT) dan PT Timah Tbk (TINS). Sebelum adanya kepastian siapa yang akan mengisi indeks LQ45, para analis memprediksi dua saham yang akan mengisi indeks ini.

Dua nama saham itu adalah Bank Jago Tbk (ARTO) dan Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS). Namun, pada akhirnya tidak ada 2 nama saham itu di indeks LQ45.

Bagi kamu yang mau tahu daftar lengkap anggota indeks LQ45 terbaru (Agustus 2021 – Januari 2022), kamu bisa mengunduh daftarnya langsung di situs resmi IDX. 

Daftar Perusahaan yang Baru Go Public di 2021

Hingga saat ini, tercatat ada 28 perusahaan yang baru go public di 2021. Salah satu di antaranya adalah Bukalapak, yang saat IPO beberapa waktu lalu. Investor bisa membeli sahamnya lewat aplikasi Ajaib.

Ini dia daftar perusahaan yang baru go public di 2021 selengkapnya:

  1. PT PAM Mineral Tbk (NICL).
  2. PT Falmaco Nonwoven Industri Tbk (FLMC).
  3. PT Bundamedik Tbk (BMHS).
  4. PT Bank Multiarta Sentosa Tbk (MASB).
  5. PT Archi Indonesia Tbk (ARCI).
  6. PT Triniti Dinamik Tbk (TRUE).
  7. PT Ladang Baja Murni Tbk (LABA).
  8. PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV).
  9. PT Harapan Duta Pertiwi Tbk (HOPE).
  10. PT Zyrexindo Mandiri Buana Tbk (XYRX).
  11. PT Nusa Palapa Gemilang Tbk (NPGF).
  12. PT Triputra Agro Persada tbk (TAPG).
  13. PT Fimperkasa Utama Tbk (FIMP).
  14. PT Imago Mulia Persada (LFLO).
  15. PT Lima Dua Lima Tiga (LUCY).
  16. PT Sunter Lakeside Hotel Tbk (SNLK).
  17. PT Berkah Beton Sadaya Tbk (BEBS).
  18. PT Ulima Nitra Tbk (UNIQ).
  19. PT Indointernet Tbk (EDGE).
  20. PT Widodo Makmur Unggas Tbk (WWMU).
  21. PT Damai Sejahtera Abadi Tbk (UFOE).
  22. PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK).
  23. PT Diagnos Laboratorium Utama Tbk (DGNS).
  24. PT FAP Agri Tbk (FAPA).
  25. PT Hasnur Internasional Shipping Tbk (HAIS).
  26. PT Era Grahareality Tbk (IPAC).
  27. PT Bukalapak.com Tbk (BUKA).
  28. PT Trimegah Karya Pratama Tbk (UVCR).

Setelah Bukalapak, ada 3 startup lainnya yang dikabarkan juga akan mengikuti jejak dari startup e-commerce tersebut untuk segera melantai di pasar modal. Siapakah mereka?

Ketiga startup tersebut adalah GoTo, J&T Express, dan Traveloka yang dikabarkan segera melantai di pasar modal. Selain itu, Sayurbox juga dikabarkan tertarik untuk terjun di pasar modal namun tidak dalam waktu dekat.

Saham Batu Bara Diprediksi Mengkilap

Dari daftar indeks LQ45 yang diisi oleh 45 perusahaan unggulan dari berbagai sektor, ada sektor saham yang menjadi sorotan akhir-akhir ini yakni saham emiten batu bara 

Mengapa? Sektor saham batu bara ini diprediksi akan semakin menguat hingga akhir tahun ini. Lantaran, tingginya permintaan komoditas batu bara secara global akibat negara tujuan ekspor batu bara asal Indonesia memasuki musim dingin yang membuat pemakaian batu bara akan semakin banyak untuk pembangkit listrik, penghangat ruangan, dan sebagainya. 

Tingginya permintaan batu bara di pasar ini akan membuat harga komoditas batu bara kian melambung. Salah satu saham batu bara yang bisa dilirik adalah Adaro Energy Tbk (ADRO). 

Saham batu bara penghuni indeks LQ45 ini bisa kamu beli lewat aplikasi Ajaib secara mudah dan tanpa ribet, karena semua proses pendaftaran, pembukaan rekening saham, hingga transaksi jual-beli aset bisa dilakukan 100% online.

Sehingga, kamu tidak perlu khawatir ketinggalan momentum pasar saat ingin menjual atau membeli saham-saham tercuan yang ada di IDX lewat aplikasi Ajaib.

Itulah anggota saham LQ45 dan IDX terbaru yang bisa kamu amati perkembangan harganya melalui aplikasi Ajaib.

Artikel Terkait