Uncategorized

Mengenal Highscope Indonesia, Sekolah Bertaraf Internasional

Sumber: Highscope Indonesia

Ajaib.co.id – Ada berbagai macam lembaga pendidikan Indonesia, dari yang pengelolaannya diurus oleh pemerintah, hingga lembaga pendidikan swasta yang biasanya memiliki kurikulum tersendiri. Namun, keduanya sama-sama hadir untuk mencerdaskan bangsa ini. Salah satu sekolah swasta itu adalah Highscope Indonesia yang bertaraf internasional.

Sekolah ini berasal dari Amerika Serikat dan cabangnya sudah ada di berbagai negara, termasuk Indonesia. Sebagai sekolah bertaraf internasional, Highscope memiliki visi untuk menjadi ukuran utama dari pendidikan Indonesia.

Untuk mengenalnya lebih jauh, di sini akan dijelaskan mengenai Highscope Indonesia.

Highscope Indonesia Hadir untuk Kebutuhan Pendidikan yang Berkualitas

Setiap membutuhkan pendidikan berkualitas untuk meraih masa depan cerah. Highscope menawarkan hal itu pada anak-anak Indonesia.

Highscope Indonesia hadir pertama kali di tahun 1996. Sekolah ini berhasil dibuka di Indonesia atas jasa Antarina S.F. yang merupakan cucu dari Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia.

Pada saat membangun sekolah ini di awal, Antarina mengalami banyak kendala, tapi ia yang tidak pantang menyerah saat itu telah berhasil membuat sekolah ini semakin berkembang dan bertahan hingga sekarang.

Highscope Indonesia Mendorong Murid-Muridnya untuk Bertindak Aktif dan Positif

Highscope mendorong murid-muridnya untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Dengan begitu, para murid bisa menyampaikan gagasannya langsung pada guru dan mengeksplorasi ilmu sesuai dengan objek belajar. Oleh sebab itu, interaksi murid dan apa saja yang ada di sekitarnya menjadi poin utama.

Murid tidak hanya mengambil ilmu, tapi bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari, jadi Highscope berusaha meninggalkan cara belajar Indonesia yang kebanyakan hanya berfokus pada satu arah, yaitu guru menyampaikan dan murid hanya menyimak.

Selain itu, Highscope juga mengedepankan konten nasional yang dikemas dengan taraf internasional, sehingga punya pendekatan yang sesuai dengan pendidikan Indonesia sekaligus menyertakan cara pembelajaran internasional untuk murid-muridnya. 

Walaupun punya kurikulum internasional, konten pembelajaran di sekolah ini juga tidak lupa memasukkan unsur-unsur Indonesia di dalamnya. 

Murid dengan umur berapa saja bisa bersekolah di sini, selama sesuai dengan target yang ditentukan dan kapasitasnya dalam belajar. Dalam satu kelas, bisa ada dua jenjang yang belajar bersama.

Sekolahnya memiliki laboratorium yang lengkap untuk mereka yang menyenangi sains. Beberapa fasilitas pendukung seperti lapangan olahraga dan fasilitas lainnya disediakan berdasarkan kebutuhan murid-muridnya.

Dalam satu kelas, murid memang tidak terlalu banyak supaya guru bisa fokus melihat perkembangan muridnya. 

Lokasi Highscope yang Tersebar di Indonesia

Sekolah Highscope Indonesia ada 11 cabang di Indonesia. Kamu bisa menemukannya di Jakarta, Bogor, Bali, Palembang, Bandung, dan Medan. Di Jakarta, kamu dapat menemukan sekolah ini di TB Simatupang, Rasuna Said, Kembangan dan lokasi lainnya.

Awalnya Highscope Indonesia dimulai dari playgroup yang hanya terdiri dari 8 orang murid. Namun, sekolah ini langsung menyita perhatian di awal pembukaan yang membuat orang tua lain mendatangi sekolah itu. Kelasnya dilengkapi dengan mainan untuk anak-anak dan membantu anak-anak semakin berkembang.

Ternyata Highscope memiliki banyak peminat sejak pertama kali dibuka. Hingga akhirnya Highscope menambah kelas jenjang belajar lebih banyak dengan melihat kebutuhan pendidikan yang ada di Indonesia. Fasilitas belajar yang disediakan Highscope dimulai dari playgroup hingga ke jenjang SMA. 

Saat ini ada lebih dari 2.000 murid Indonesia yang bersekolah di Highscope dan ada 500 guru yang mengajar di seluruh cabang.

Biaya yang Diperlukan untuk Bersekolah di Highscope

Sekolah ini menerapkan komunikasi bilingual di dalam sekolah. Semua murid bisa berbahasa Indonesia dan diwajibkan juga untuk berbahasa Inggris di dalam kelas.

Murid-murid di sekolah ini dipersiapkan untuk berhadapan dengan dunia internasional di masa depan apabila mereka memang punya keinginan untuk ke sana.

Guru yang mengajar bisa dipastikan juga adalah guru berkualitas. Ada guru yang berasal dari Indonesia. Ada juga guru yang berasal dari luar Indonesia.

Fasilitasnya yang cukup lengkap untuk para murid juga membuat biaya sekolah yang harus dikeluarkan oleh orang tua menjadi di atas rata-rata.

Biaya-biaya di bawah ini tidak berlaku di seluruh cabang karena masing-masing dari sekolah itu punya kebijakan yang berbeda dalam memberlakukan biaya pendidikan untuk muridnya.

Kita mulai dari pendidikan TK. Untuk masuk TK Highscope, orang tua perlu menyiapkan uang masuk sekitar Rp53 juta ditambah dengan uang per bulannya sebesar Rp3,7 juta.

Untuk masuk SD, orang tua harus mempersiapkan uang masuk sebesar Rp50 juta dengan uang per bulannya yang sebesar Rp3,7 juta.

Untuk masuk SMP, per bulannya orang tua perlu mempersiapkan SPP sebesar Rp6 juta dan uang pangkalnya yang berlaku adalah Rp70 juta. 

Namun, perlu diingat bahwa biaya itu bisa saja berubah sesuai kebijakan masing-masing sekolah.

Seperti itulah penjelasan mengenai salah satu sekolah termahal di Indonesia, Highscope Indonesia. Untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak, orang tua pasti akan berusaha sekuat tenaga.

Namun, orang tua tidak perlu berkecil hati apabila belum mampu menyekolahkan anak di sekolah yang mahal. 

Sekolah lainnya bisa dipilih juga oleh orang tua yang sesuai dengan kemampuan mereka. Sekolah dengan biaya mahal hanya salah satu pilihan, sedangkan orang tua punya banyak pilihan terbaik untuk anak-anak mereka. 

Selain biaya, orang tua bisa mempertimbangkan lokasi sekolah yang berdekatan dengan rumah. Apabila jaraknya agak jauh, orang tua harus mempertimbangkan transportasi yang digunakan anak untuk pulang-pergi.

Apabila anak masih kecil, orang tua tentu perlu mengantarnya. Ketika dia beranjak dewasa, orang tua bisa membiarkan mereka pergi ke sekolah sendiri.

Artikel Terkait