Komoditas

Mengenal Contoh Barang Bebas yang Mudah Ditemui Sehari Hari

Contoh barang bebas
Contoh barang bebas

Ajaib.co.id – Sebagai makhluk ekonomi, manusia memiliki banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi. Alat pemuas kebutuhan manusia dapat berupa barang dan jasa. Kebutuhan manusia yang tidak terbatas berbanding terbalik dengan alat pemuas kebutuhan manusia yang sebenarnya sangat terbatas. Oleh karena itu, tidak semua dari kebutuhan tersebut dapat dipenuhi.

Dalam ilmu ekonomi, barang atau jasa sebagai alat pemuas kebutuhan harus memiliki nilai dan manfaat. Nilai dan manfaat tersebutlah nantinya yang menjadi kemampuan untuk menjadi alat pemuas kebutuhan.

Kali ini, kita akan membahas contoh barang bebas sebagai alat pemuas kebutuhan manusia. Menurut kebutuhan manusia, barang bebas dikelompokkan berdasarkan cara memperolehnya dan juga sangat erat kaitannya dengan kondisi dari ketersediaan barang. Contoh, apakah barang tersebut tersedia dalam jumlah yang banyak ataukah harus melalui hasil produksi lanjutan atau justru merupakan barang yang langka.

Terkadang, dalam kehidupan sehari-hari kita tidak mengetahui jenis barang yang kita gunakan termasuk dalam kategori barang bebas atau barang lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, kita akan membahas beberapa contoh dari barang bebas. Namun, sebelum membahas contoh barang yang termasuk barang bebas, yuk, kita simak dulu pengertian dari barang bebas.

Pengertian Barang Bebas

Barang bebas merupakan barang pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya tidak terbatas dan untuk memperolehnya tidak membutuhkan biaya dan pengorbanan. Berbeda dengan barang ekonomi yang jumlahnya terbatas, barang bebas disediakan oleh alam dengan cuma-cuma dan tersedia dalam jumlah yang sangat banyak.

Nah, untuk lebih mudah mengetahui contoh barang bebas, terlebih dahulu kamu harus mengetahui ciri atau karakteristik dari barang bebas. Berikut ini adalah ciri-ciri barang bebas:

·        Mudah ditemukan

·        Disediakan oleh alam

·        Penawaran lebih banyak dari permintaan

·        Memiliki manfaat

·        Tidak mempunyai nilai ekonomis

·        Karena dapat diperoleh dengan mudah, sehingga tidak membutuhkan pengorbanan besar untuk memperolehnya.

Contoh Barang Bebas

Menurut kamu, apakah barang bebas bisa berubah menjadi barang ekonomi atau akan tetap menjadi barang bebas selamanya? Jawabannya adalah tentu saja barang bebas dapat berubah menjadi barang ekonomi. Perbedaan waktu, tempat dan kondisi dapat menyebabkan barang bebas menjadi barang ekonomi. Nah, kira-kira apa saja contoh barang bebas? Berikut uraiannya:

1.   Udara

Contoh barang bebas yang pertama adalah udara. Udara merupakan kebutuhan manusia yang paling dasar untuk bernapas oleh karena itu udara menjadi hal yang sangat berguna bagi manusia untuk kelangsungan hidupnya.

Manusia dalam aktifitas yang normal dapat menghirup udara sebanyak 11.000 – 12.000 per harinya. Apabila seorang manusia bernapas, maka manusia lainnya masih dapat menghirup udara tanpa harus khawatir akan ketersediaan udara untuknya. Oleh karena itu, meskipun udara adalah kebutuhan dasar, barang bebas yang satu ini ketersediaannya berada dalam jumlah yang melimpah atau tidak langka.

Kamu dapat menghirup udara dimanapun kamu berada dan untuk memperolehnya tidak membutuhkan biaya atau tidak memiliki harga dan tidak membutuhkan pengorbanan besar karena didapat dengan cara yang cuma-cuma yang disediakan oleh alam.

2.   Air

Contoh barang bebas yang lainnya adalah air. Apakah air yang dialirkan oleh PDAM ke masing-masing rumah atau air dalam kemasan yang kita temui di minimarket terdekat termasuk barang bebas? Tentu saja tidak. Air yang dialirkan oleh PDAM ke rumah kita ataupun air dalam kemasan yang ditemui di minimarket termasuk kategori barang ekonomis, karena barang tersebut kita peroleh setelah mengeluarkan sejumlah uang.

Nah, air yang termasuk barang bebas adalah air yang terdapat di pedesaan yang berlimpah dan dapat dikonsumsi oleh manusia dalam jumlah yang banyak dan tidak harus membayar harga apapun untuk memperolehnya.

Di daerah pegunungan umumnya terdapat sumber air bersih yang melimpah, sehingga air di daerah tersebut merupakan barang bebas, berbeda dengan orang yang tinggal di perkotaan dengan sumber air yang terbatas. Selain itu, air laut juga termasuk contoh barang bebas yang meskipun digunakan dalam jumlah yang banyak masih tetap tersedia dan tidak mengalami kelangkaan.

3.   Pasir

Pasir yang berada di gurun atau padang pasir merupakan barang bebas. Sesuai ciri barang bebas, pasir di gurun tersedia dalam jumlah yang sangat banyak serta tidak memiliki nilai ekonomis. Jika ingin menggunakannya, kita dapat menemukannya karena disediakan oleh alam dengan jumlah penawaran yang banyak.

Berbeda halnya dengan pasir yang kita butuhkan dengan cara membelinya dari toko bahan bangunan, pasir di gurun tidak menjadi barang yang langka dan sebaliknya, sangat mudah ditemukan. Hal tersebut yang menjadikannya barang bebas. Pasir di gurun atau padang pasir sudah dapat dimanfaatkan oleh manusia tanpa perlu diproduksi lagi atau tanpa memerlukan sumber daya ekonomi lainnya untuk memproduksinya.

4.   Sinar Matahari

Setiap hari matahari terbit dan kita dapat menikmati sinar matahari secara gratis. Sinar matahari juga merupakan kebutuhan manusia yang disediakan oleh alam. Manusia dapat memanfaatkan sinar matahari setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan tanpa harus melakukan pengorbanan yang besar untuk mendapatkannya.

Tidak ada jasa pengelolaan yang harus dibayar oleh manusia untuk mendapatkan sinar matahari, oleh karena itu sinar matahari termasuk sebagai contoh barang bebas. Siapapun memiliki hak untuk memanfaatkan sinar matahari dengan cara mengambil dan menikmatinya secara langsung dari alam. Itulah beberapa contoh dari barang bebas sebagai alat pemuas kebutuhan manusia. mua.

Namun disisi lain, kamu juga memang memerlukan barang ekonomis untuk pemuas kebutuhan. Karenanya, uang diciptakan sebagai alat untuk bertransaksi. Sebagai motif berjaga-jaga untuk keadaan yang tak terduga nantinya, jangan lupa untuk tetap berinvestasi karena kini kamu bisa menggunakan platform aplikasi investasi Ajaib.

Ajaib adalah aplikasi investasi pintar yang sekarang bisa diakses secara daring. Ayo, mulailah berinvestasi dan memiliki akun Ajaib dengan mendownload aplikasinya di Google Play Store, percayakanlah investasimu pada Ajaib.

Artikel Terkait