Perencanaan Keuangan

Kenali Pengertian dari Kebutuhan Manusia yang Sebenarnya

Kebutuhan Manusia
Kebutuhan Manusia

Ajaib.co.id – Pada dasarnya, kebutuhan manusia untuk menunjang kehidupan sama yaitu sandang, pangan, dan papan. Hal ini meliputi kebutuhan pokok berupa makan dan minuman, pakaian untuk dikenakan, dan tempat tinggal. Akan tetapi, dasar untuk memenuhi kebutuhan hidup ini berubah karena adanya keinginan yang berbeda-beda.

Keinginan ini hadir karena beberapa faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah lingkungan. Keinginan ini ada banyak macamnya, mulai dari keinginan untuk memiliki kendaraan, pakaian yang bermerek, hobi, dan masih banyak lainnya. Hal ini yang menjadi permasalahan kebutuhan manusia akan suatu barang yang belum tentu dapat memenuhi kebutuhannya, namun lebih kepada memuaskan keinginannya saja.

Padahal, dengan memahami kebutuhan yang menjadi hal utama, setiap manusia dapat menjalani kehidupan dengan lebih mudah dan tenang. Untuk memahami kebutuhan manusia secara lebih mendalam, berikut ini akan dijelaskan pengertian dari kebutuhan manusia yang sebenarnya. Tentunya ini akan membantu kamu supaya dapat membedakan mana yang disebut dengan kebutuhan individu dan mana yang menjadi keinginan.

Pengertian Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia adalah setiap hal yang diperlukan bagi manusia untuk dapat bertahan hidup dan hal-hal yang dapat memenuhi kebutuhan atau kepuasan jasmani serta rohani setiap manusia. Pemenuhan kebutuhan ini dilakukan agar setiap manusia untuk memperoleh kenyamanan, kesejahteraan di dalam kehidupannya serta kelangsungan hidup.

Mengingat, setiap manusia dapat dikatakan sejahtera jika kebutuhan hidupnya sudah terpenuhi. Hal yang harus diingat adalah sejahtera berbeda dengan kaya. Di mana, kekayaan mengacu pada harta yang dimiliki, sementara untuk merasa sejahtera tidak harus kaya. Hal ini berarti ketika seseorang menjadi kaya, belum tentu merasa sejahtera.

Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia

Pada dasarnya, setiap kebutuhan hidup manusia itu tidak ada batasnya atau tidak terbatas. Hal ini karena kebutuhan hidup manusia memiliki banyak macam dan jenisnya. Berikut beberapa kategori yang menjadi kebutuhan manusia di dalam kehidupan:

Kebutuhan Manusia Mengacu pada Intensitas

Intensitas kebutuhan manusia menjadi kategori yang dapat dilihat dari apakah kebutuhan tersebut mendesak atau tidak bagi keberlangsungan hidup. Kebutuhan menurut intensitas dibedakan menjadi 4 jenis, di antaranya:

·        Kebutuhan mutlak yang merupakan jenis kebutuhan sangat mendasar untuk dipenuhi oleh setiap manusia dengan tidak terkecuali dan jika tidak dapat dipenuhi, maka seseorang tidak mampu untuk bertahan hidup. Misalnya saja kebutuhan akan makan dan minum.

·        Kebutuhan primer yang merupakan kebutuhan pertama untuk dipenuhi agar setiap manusia dapat hidup secara layak. Di mana kebutuhan ini dibedakan menjadi sandang atau pakaian, pangan atau makanan, dan papan atau tempat tinggal.

·        Kebutuhan sekunder yang merupakan kebutuhan yang bisa dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Di mana, kebutuhan ini berbeda-beda bagi setiap orang dan diperlukan sebagai media untuk mengaktualisasi diri menjadi makhluk sosial berbudaya. Misalnya saja seperti tempat tidur, kursi, meja, buku, ponsel, dan masih banyak lainya.

·        Kebutuhan tersier yang merupakan kebutuhan yang bisa dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder sudah terpenuhi. Kebutuhan ini merupakan kebutuhan akan kemewahan yang mengacu pada pendapatan tinggi berarti kebutuhan tersiernya juga sama tinggi. Misalnya saja barang-barang bermerek, mobil mewah, rumah mewah, dan barang mewah lainnya.

Kebutuhan Manusia Mengacu pada Sifat

Berikutnya adalah kebutuhan menurut sifat. Kategori ini dibagi menjadi kebutuhan jasmani dan rohani. Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh atau jasmani dengan tujuan dalam memenuhi kepuasan raga meliputi barang dan jasa. Hal ini dapat dilihat dari kebutuhan akan barang seperti pakaian, vitamin, skincare, makanan, minuman, dan lain sebagainya.

Sementara kebutuhan akan jasa meliputi jalan-jalan, menonton bioskop, berolahraga, dan masih banyak lainnya. Lain halnya dengan kebutuhan rohani yang merupakan kebutuhan akan jiwa seseorang meliputi rasa ketenangan, keamanan, kebutuhan menjalankan ibadah, dan masih banyak lainnya.

Kebutuhan Manusia Mengacu pada Waktu yang Diperlukan

Kebutuhan manusia menurut waktu penggunaan atau diperlukannya kebutuhan tersebut juga penting. Kebutuhan manusia yang mengacu pada waktu diperlukan dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

·        Kebutuhan sekarang yang merupakan kebutuhan untuk dipenuhi sesegera mungkin dan tidak dapat ditunda lagi seperti makanan dan minuman untuk orang kelaparan dan kehausan serta obat yang dibutuhkan oleh penderita sakit tertentu.

·        Kebutuhan masa depan yang merupakan kebutuhan untuk dipenuhi di waktu mendatang atau dapat ditunda pemenuhannya. Misalnya saja seperti asuransi kesehatan, kebutuhan bayi yang masih di masa mandungan, atau biaya pendidikan.

·        Kebutuhan mendesak yang merupakan kebutuhan yang sifatnya kritis dan tiba-tiba yang harus dipenuhi. Bahkan jika tidak dipenuhi dapat mengancam keselamatan nyawa seseorang. Misalnya saja pada korban kecelakaan yang membutuhkan darah.

Kebutuhan Manusia Mengacu pada Subjek

Selanjutnya adalah kebutuhan manusia berdasarkan subjek penggunaan yang dibedakan menjadi kebutuhan individual dan kebutuhan kolektif. Kebutuhan individual adalah kebutuhan yang diperlukan setiap manusia secara individu atau perorangan. Misalnya saja, makanan, minuman, pakaian, buku pelajaran, sepatu, alat lukis, alat perkakas, dan lain sebagainya.

Sementara kebutuhan kolektif merupakan kebutuhan yang diperlukan karena adanya kepentingan sama dengan manusia lainnya dalam suatu masyarakat. Misalnya saja, pada pembangunan jalan, alat transportasi, listrik, hingga ketertiban dan keamanan suatu lingkungan.

Kebutuhan Manusia Mengacu pada Sosio-Budaya Lingkungan

Jenis kebutuhan manusia berdasarkan sosio-budaya lingkungan dibedakan menjadi kebutuhan sosial dan kebutuhan psikologis. Kebutuhan sosial ada karena keinginan seseorang mengenai tingkat dan kedudukan di dalam masyarakat seperti menjadi pemimpin atau kepala desa. Sementara kebutuhan psikologis ada karena kebutuhan batin seseorang terhadap lingkungannya seperti kebutuhan kebebasan dan rasa aman.

Kebutuhan Manusia Mengacu pada Bentuk

Jenis kebutuhan berikutnya adalah mengacu pada bentuk yang dibedakan menjadi kebutuhan material dan immaterial. Kebutuhan material yang berwujud seperti makanan, minuman, pakaian, kendaraan, dan rumah. Sementara kebutuhan immaterial tidak memiliki wujud seperti nasihat, hiburan, dukungan, dan lain sebagainya.

Beberapa penjelasan mengenai kebutuhan manusia ini bisa menjadi acuan kamu dalam membedakan mana yang disebut dengan kebutuhan utama dan menjadi kebutuhan yang bisa ditunda atau keinginan. Dengan begitu, kamu bisa memprioritaskan kebutuhan utama agar setiap kebutuhan dapat seimbang. Salah satu kebutuhan manusia yang memiliki dampak positif di masa mendatang adalah investasi.

Ada banyak instrumen investasi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keuntungan yang dihasilkan, salah satunya adalah investasi saham. Apalagi kini investasi saham bisa dilakukan melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen saham.

Dengan menggunakan Ajaib untuk berinvestasi, kamu dapat merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang dengan mudah dan aman. Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu untuk mulai berinvestasi sekarang!

Artikel Terkait