Mengapa Kita Harus Berinvestasi?

Ajaib: Mengapa Berinvestasi?
Ajaib: Mengapa Berinvestasi?

Cukup sering kita ditanya mengapa kita harus berinvestasi. Ketidakstabilan politik cenderung memonopoli sebagian besar halaman koran. Dalam skenario yang tidak pasti ini, mengapa seseorang harus mengambil risiko? Mengapa tidak menaruh semua uang Anda di tempat aman seperti tabungan bank?

Pertama, kita hidup di lingkungan di mana inflasi tinggi dan diperkirakan rata rata akan tetap tinggi di tahun-tahun mendatang. Jika kita menganggap inflasi tetap berada pada 3.8%, maka mari kita mengevaluasi kemampuan bunga dari tabungan bank untuk melindungi uang Anda.

Suku bunga simpanan tahapan bank BCA menghasilkan 0.5% saat ini untuk saldo Rp 50 juta – Rp 500 juta. Akibatnya, uang Anda kehilangan 3.3% setiap tahun karena inflasi. Ini pada dasarnya berarti, jika Anda mulai dengan Rp 10 juta, pada akhir periode 10 tahun, daya beli uang Anda akan menjadi Rp 7.1 juta. Jika Anda yakin inflasi akan tetap ada, maka menaruh semua uang Anda di tabungan bank berisiko tinggi karena sudah pasti Anda akan kehilangan daya beli uang Anda.

Di sisi lain, saham secara historis memberikan return 307% selama 10 tahun terakhir. Rata-rata, berinvestasi memiliki kemampuan yang telah terbukti untuk melindungi uang Anda terhadap inflasi dan memberikan tingkat return yang lebih baik. Ada beberapa periode di mana return ini lebih rendah dan periode lainnya di mana return ini lebih tinggi. Tapi, setidaknya berinvestasi memiliki expected return untuk memberikan return yang lebih tinggi daripada inflasi 3.8%.

Kami setuju bahwa terkadang politik dunia dapat tampak tidak terlalu baik. Di sisi lain, ada beberapa periode seperti itu di masa lalu dan ekonomi global selalu bertahan kuat. Periode seperti itulah yang memberikan peluang besar bagi Anda untuk berinvestasi. Kami terus percaya ini adalah waktu yang baik untuk berinvestasi.

Dengan Ajaib, kami telah mencoba untuk menyajikan Anda dengan produk investasi terbaik yang akan membantu Anda dalam berinvestasi.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait