Investor Pemula, Uncategorized

Mari Bertanya Langsung ke Emiten Melalui Corporate Secretary

Ajaib.co.id – Salah satu manfaat dari adanya forum saham adalah sharing informasi mengenai emiten. Forum-forum saham tumbuh subur di mana-mana di berbagai sosial media dan grup chatting. Namun tak jarang ada berita atau rumor yang tampaknya perlu digali lebih lanjut.

Masalahnya berita atau rumor tersebut memberikan pengaruh kepada harga saham esok hari. Nah, jika kamu belum tahu kamu bisa lho langsung menanyakan hal yang kurang jelas kepada emiten.

Nah kalau kamu belum tahu, ada sebuah jabatan di setiap perusahaan yang sudah melantai di bursa yang disebut dengan Corporate Secretary atau disingkat Corsec. Corsec ini yang nanti akan menjawab pertanyaanmu.

Karena kondisi dan fakta perusahaan yang paling tahu ya tentu saja perusahaannya sendiri. Itulah mengapa kamu perlu mengetahui bahwa ada yang dinamakan dengan Corsec.

Siapa itu Corsec?

Corsec adalah juru bicara emiten yang akan mewaspadai setiap kejadian material yang dapat mempengaruhi harga saham di bursa. Pekerjaan Corsec akan berhubungan dengan hal informasi publik salah satunya adalah membina hubungan dengan investor. Corsec mengepalai divisi Investor Relations dan merupakan pihak pertama yang bisa dihubungi investor.

Corsec akan menjadi penghubung antara perusahaan dengan investor publik yang menampung segala usulan, keluhan dan menjawab pertanyaan dari investor.  Kamu bisa memanfaatkan fasilitas yang Corsec berikan dengan bertanya melalui email atau panggilan telepon.

Ketika kamu bertanya ke perusahaan maka kamu akan mendapatkan duahal yaitu fakta atas apa yang kamu tanyakan, dan reaksi manajemen terhadap investor. Pastikan kamu sudah Googling terlebih dahulu sebelum menanyakan pertanyaan ke Corsec. Kamu harus punya wawasan terlebih dahulu sebelum bertanya langsung ke perusahaan ya.  

Layanan tanya-jawab dengan Corsec rupanya tidak terlalu umum. Beberapa investor yang mengaku pernah melakukan panggilan telepon mengaku bahwa Corsec beberapa emiten jarang ada di tempat. Lebih nyaman menghubungi Corsec melalui email rupanya. Balasannya mungkin tidak kilat, namun lengkap dan dapat disimpan sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli.

Cara mendapatkan email Corsec bisa dengan mudah ditemukan situs resmi perusahaan bagian Investor Relations. Beberapa bisa dengan mudah di-search di google. Tinggal ketikkan saja “email corsec [nama perusahaan/kode emiten]”.

Tips Bertanya Ke Corsec

Ketika mengajukan pertanyaan ke Corsec kamu harus perhatikan hal-hal di bawah ini supaya tidak canggung, tetap santun dan bisa mendapatkan fakta yang kamu kejar.  

Jangan tanyakan mengapa harga saham perusahaannya turun

Ada banyak hal yang menyebabkan harga saham turun, bahkan saham-saham sekelas UNVR saja berfluktuasi. Corsec akan menganggap kamu tidak paham investasi ketika menanyakan hal ini dan email kamu bisa diabaikan.

Jangan tanya hal yang sudah umum dan bisa kamu temukan dengan mudah

Kamu bisa mengetahui berapa laba atau rugi, pendapatan dan proyeksi emiten dengan mudah melalui laporan keuangan yang bisa kamu download di situs IDX. Email kamu juga cenderung tidak akan dibalas jika menanyakan hal yang sudah umum.

Kamu bisa tanyakan seputar keputusan yang mereka ambil, dan tentang kejelasan informasi yang masih samar-samar atau bahkan tentang rumor yang beredar. Yang bisa kamu tanyakan adalah tentang kinerja dan prospek usaha perusahaan bukan tentang laba bersih yang bisa kamu ketahui dengan mudah.

Berikut contoh-contoh pertanyaan yang bisa kamu ajukan kepada Corsec masing-masing emiten;

Tanyakan tentang prospek pendapatan ke depan

Kamu bisa menanyakan tentang tren penjualan di tahun berikutnya. “Bagaimana tren penjualan produk Anda dalam satu atau dua tahun ke depan?” adalah hal yang baik untuk ditanyakan. Bagaimanapun manajemen paling tahu tentang prospek perusahaannya.

‘satu atau dua tahun ke depan’ adalah jangka waktu menengah yang masih dapat diprediksi sehingga manajemen biasanya sudah punya rencana tentang bagaimana mereka akan mempersiapkan diri. Pertanyaan seperti ini akan membuat investor sepertimu punya pandangan yang lebih luas.  

Kamu juga bisa kroscek target pendapatan atau laba yang ditetapkan emiten dengan menanyakan “Di public expose yang saya baca, target pendapatan dan laba di tahun ini adalah […], apa saja upaya yang sudah dilakukan untuk mendapai target? Apakah perseroan memiliki keyakinan untuk mencapainya?

Tanyakan tentang risiko perusahaan

Berikutnya kamu bisa tanyakan tentang risiko misalnya tentang masalah persediaan pada emiten ritel groseri. Kamu bisa tanyakan apakah berbahaya menimbun terlalu banyak buah dan sayur dalam waktu lama di gudang, apa pertimbangan emiten melakukan hal tersebut?

Atau tentang risiko yang datang dari persaingan perusahaan sejenis yang kelihatannya sudah mulai tidak sehat dengan saling membanting harga.

Tanyakan tentang permodalan

Kamu bisa menanyakan “Akan digunakan untuk apakah Kas dan Setara Kas pada neraca? Bagaimana rencana perusahaan mencari dana tambahan untuk membiayai operasional yang sepertinya sudah menyusut?”

Jawaban atas pertanyaan ini akan memberikan wawasan apakah emiten hendak mengajukan pinjaman lagi, aksi korporasi, penjualan aset dan lain sebagainya.

Tanyakan tentang kerugian kurs

Pertanyaan seperti “bagaimana perseroan paparan fluktuasi kurs agar tidak merusak kinerja?” adalah pertanyaan yang baik jika kamu melihat betapa besar kerugian kurs yang diderita.

Tanyakan tentang arus kas

Ketika emiten mengajukan pinjaman dalam jumlah massif kamu bisa tanyakan tentang potensi gagal bayar atau bahkan bunga yang akan dihadapi emiten. Tentang kas yang besar juga bisa kamu tanyakan, untuk apakah kas akan digunakankelak?

Kamu bisa tanyakan banyak hal dengan kreatif, pertanyaan-pertanyaan di atas adalah contoh yang bisa kamu tiru dan kembangkan.

Artikel Terkait