Uncategorized

Manfaat Surat Perjanjian dalam Kelangsungan Bisnis

Ajaib.co.id – Jika melihat secara hukum, surat perjanjian adalah dokumen pengikat suatu keputusan antara dua pihak atau lebih. Namun, di sisi lain, surat ini juga memiliki fungsi untuk mengatur berbagai perjanjian dengan rekan bisnis dalam upaya melanjutkan kelangsungan bisnis.

Lebih luasnya lagi, surat ini juga bisa digunakan sebagai modal usaha bahkan investasi. Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan berikut ini:

Pengertian Surat Perjanjian

Menurut KBBI, perjanjian adalah persetujuan baik secara tertulis atau maupun dengan lisan yang dibuat oleh dua orang atau lebih, yang masing-masing bersepakat akan menaati hal yang terdapat dalam persetujuan itu. 

Surat perjanjian adalah perbuatan yang mengikat kedua belah pihak yang berjanji untuk melaksanakan kesepakatan. Perjanjian memang dapat dibuat secara lisan. Namun, kekuatan perjanjian lisan sangat lemah sehingga apabila timbul permasalahan dari para pihak yang berjanji, maka akan sulit membuktikan kebenarannya. Nah, dengan adanya surat ini, maka hal yang diperjanjikan lebih jelas dan meminimalkan terjadinya ingkar janji.

Surat ini memang dibuat oleh dua pihak secara bersama, namun terkadang dalam prosesnya ada juga yang melibatkan pihak ketiga sebagai penguat. Oleh karena itu, surat ini dibagi menjadi 2 macam, yaitu :

  1. Perjanjian autentik, yaitu perjanjian yang dibuat di depan  pejabat pemerintah;
  2. Perjanjian di bawah tangan, yaitu perjanjian yang dibuat oleh para pihak yang terlibat tanpa disaksikan oleh pejabat pemerintah.

Surat ini umumnya berisi klausul atau ketentuan khusus atas kesepakatan tertulis. Pihak yang terdapat dalam surat tersebut wajib memahami hak serta kewajiban yang dimiliki.

Dalam aturan hukum Indonesia, terdapat 4 syarat sahnya surat perjanjian, yaitu: 

  • Disepakati semua pihak

Setiap klausul dalam perjanjian harus mendapatkan persetujuan dari berbagai pihak. Surat menjadi tidak sah, apabila surat tersebut ditandatangani dengan adanya paksaan. 

  • Dilakukan pihak yang cakap

Pengertian cakap di sini adalah masing-masing pihak telah berusia dewasa dan tidak berada di bawah pengampuan yang artinya sehat kondisi mental atau fisiknya.

  • Suatu hal tertentu

Perjanjian itu  harus memiliki hal yang akan disepakati, baik itu tentang barang atau  jasa maupun tentang suatu ketentuan. 

  • Sebab halal

Perjanjian tidak boleh memperjanjikan hal yang bertentangan dengan ketertiban umum dan kesusilaan, misalnya perjanjian jual beli narkoba.

Bentuk Surat

Ada beberapa bentuk surat yang sering digunakan. Masing-masing bentuknya memiliki kegunaan yang berbeda-beda, antara lain:

Surat Perjanjian Kerja Sama

Surat perjanjian kerja sama sering juga disebut Memorandum of Understanding (MoU) mempunyai sifat mengikat pada seluruh pihak yang bersangkutan baik dalam melakukan hal yang harus dilakukan ataupun mengatur aktivitas yang dilarang. Kamu bisa membuat perjanjian kerja sama dengan rekan bisnismu dengan mengatur klausul-klausul tentang pencurian ide usaha ataupun jangka waktu kegiatan usaha. 

Perjanjian kerja sama mengatur kewajiban bagi masing-masing pihak. Nah, pihak yang dirugikan akibat dilanggarnya kesepakatan tersebut berhak mengajukan tuntutan atau klaim. Tentu dengan demikian, kamu bisa lebih fokus dalam mengembangkan usaha bisnis. Selain untuk menjamin rekan bisnis, surat kerja sama ini juga dapat digunakan untuk melakukan kegiatan bisnis waralaba.

Menurut KBBI, waralaba adalah kerja sama dalam bidang usaha dengan bagi hasil sesuai dengan kesepakatan. Usaha waralaba atau sering disebut dengan franchise merupakan tipe bisnis dioperasikan oleh pihak yang berbeda tetapi memiliki nama brand yang sama dan tersebar di mana-mana.

Dengan menjalankan usaha franchise, kamu tidak perlu repot untuk memikirkan ide usaha, kamu cukup berpegangan dengan surat perjanjian kerja yang telah disepakati. Namun, kamu harus memerhatikan mengenai royalty fee. Menarik, kan?

Surat Perjanjian Utang

Modal memang salah satu syarat dasar dalam membentuk bisnis usaha. Modal juga menentukan bagaimana bentuk bisnis yang akan kamu lakukan. Biasanya, kekurangan dana dapat diatasi dengan berutang. 

Surat utang menjadi acuan dari pegangan oleh pemberi dana dan penerima pinjaman. Biasanya, surat perjanjian utang mengatur mengenai jumlah pinjaman, bunga dan jangka waktu pinjaman. Hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam surat perjanjian utang, yaitu:

  • Jumlah dan Tujuan Pinjaman

Kamu harus bisa menentukan jumlah pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan usaha kamu. Jangan meminjam tanpa tahu tujuan pinjaman tersebut. Hal itu akan mengakibatkan penggunaan pinjaman menjadi tidak efektif.

  • Mekanisme dan Jangka Waktu Pengembalian

Untuk mencegah timbulnya perselisihan, cara pengembalian dana serta jangka waktu pengembaliannya harus tercantum jelas dalam surat. Biasanya, untuk menjamin pengembalian dana, para pihak menentukan denda atau penalti terhadap pembayaran yang tidak sesuai dengan yang disepakati.

Surat Perjanjian sebagai Alat Investasi

Surat perjanjian sebenarnya dapat digunakan sebagai alat investasi yang berguna untuk membantu meningkatkan profit perusahaan itu sendiri, seperti:

  • Meningkatkan Aset

Surat dapat dimanfaatkan untuk menyewa bangunan yang menjadi aset bisnis kamu. Surat perjanjian sewa menyewa membantu menambah modal usaha kamu.  

  • Mengembangkan Bisnis dan Meraih Pasar Lebih Besar

Ketika kegiatan usaha ingin masuk ke dalam pasar yang lebih besar, maka dapat dilakukan perjanjian kerja sama terhadap usaha lain yang dapat membantu dalam pengembangan bisnis. Tipe bisnis yang paling mudah digunakan dalam hal ini adalah dengan melakukan franchise. Hal ini dilakukan agar bisnis usaha kamu dapat mencapai segmen pasar yang baru.

Surat Perjanjian Piutang

Berkebalikan dari surat perjanjian utang, kamu dapat memanfaatkan keuntungan dari bunga atas pinjaman yang kamu berikan. Bahkan dalam dunia usaha, pengalihan surat perjanjian piutang kepada pihak lain juga sering dilakukan. Nah, bunga yang didapatkan dari pinjaman tersebut dapat kamu gunakan kembali untuk instrumen investasi lainnya.

Imbal hasil dari piutang yang kamu berikan bisa kamu putar lagi melalui instrumen investasi berupa reksa dana dan saham melalui aplikasi investasi Ajaib. Yield yang didapatkan melalui aplikasi Ajaib juga cukup kompetitif lho, apalagi jika kamu berani untuk berinvestasi melalui instrumen saham. Aplikasi investasi Ajaib dikenal praktis, aman dan dapat diakses melalui online. Nah, tunggu apalagi? Segera miliki akun Ajaib ya!

Sumber: Apa Itu Franchise & 4 Tips Sukses Menjalankannya, Cara Membuat Surat Perjanjian Hutang dan Hal-hal yang Perlu Diketahui, Inilah yang Dimaksud dengan Surat Perjanjian Kerjasama (MoU) dan Contohnya, Miliki Surat Perjanjian Hutang Piutang untuk Perkecil Risiko Perselisihan dalam Kegiatan Utang-Piutang, Perjanjian, dan Waralaba, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait