Manfaat Motivasi untuk Menjalani Kehidupan

motivasi untuk menjalani kehidupan
motivasi untuk menjalani kehidupan

Berbicara tentang kehidupan, semua orang memerlukan suatu motivasi untuk menjalani hidupnya sehari-hari. Tanpa adanya motivasi, maka seseorang sulit untuk menemukan gairah dalam melakukan aktivitasnya.

Apabila seseorang tidak menemukan gairah, ia bakal kesulitan untuk menikmati hidupnya. Sehingga kehidupan yang ia jalani hanya mengalir tanpa motivasi dan tujuan. Dengan demikian, motivasi itu sangat diperlukan untuk menunjang aspek psikologis dalam diri seseorang.

Berikut terdapat dua manfaat atau fungsi motivasi untuk menjalani kehidupan agar hidup lebih indah dan bergairah.

Motivasi Untuk Melakukan Aksi Dalam Kehidupan

Dalam hidup ini, tidak jarang seseorang dihinggapi rasa malas. Apabila rasa malas ini dibiarkan terus menerus, maka bakal membuat rugi. Karena seseorang akan malas melakukan aktifitas apapun, sehingga kehidupan menjadi sama sekali tidak produktif.

Pada saat sadar jika rasa malas tersebut hadir, kamu harus berupaya sekuat mungkin untuk bangkit dan memulai melakukan aksi. Kamu harus mengingat kembali tujuan hidupmu, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Dengan demikian, hal itu membuat kamu kembali termotivasi untuk melawan rasa malas itu dengan melakukan aksi.

Misalnya, kamu adalah mahasiswa tingkat akhir yang sedang dalam proses mengerjakan skripsi. Tidak dapat dipungkiri jika kadang kala di tengah-tengah proses penggarapan, tiba-tiba muncul rasa malas.

Hal itu bisa jadi karena merasa jenuh, atau terdapat kesulitan besar yang membuat rasa malas tersebut datang. Maka, kamu perlu mengingat kembali alasanmu dalam mengerjakan skripsi. Bahwa dengan menyelesaikan skripsi secepat mungkin akan semakin mendekatkan diri dengan kelulusan.

Dengan kelulusan, maka kamu telah menyelesaikan satu tahap dalam hidupmu untuk melangkah ke tahap lain yang lebih tinggi. Bisa dengan bekerja di suatu perusahaan, memulai bisnis, atau melanjutkan kuliah ke jenjang berikutnya. 

Selain itu, dengan menyelesaikan kuliah, juga akan membuat orangtua senang dan bangga, sekaligus meringankan beban mereka. Dengan memikirkan kembali tujuan hidup, kamu akan termotivasi melakukan aksi untuk melanjutkan proses penggarapan skripsi.

Motivasi Untuk Mendukung Perbuatan

Motivasi memiliki peran yang vital untuk mendorong seseorang dalam melakukan suatu perbuatan. Tanpa adanya motivasi, maka seseorang bisa jadi tidak akan melakukan suatu tindakan dalam kehidupan yang ia miliki.

Misalnya, ada seorang mahasiswa yang tidak terlalu suka membaca buku. Tapi suatu ketika ia mendapat tugas dari dosen untuk melakukan presentasi ilmiah di kelas. Maka mahasiswa tersebut akhirnya tergerak untuk membaca beberapa buku sebagai referensi dalam melakukan presentasi.

Mahasiswa tersebut menyadari jika ia tidak membaca buku, maka ia tidak memiliki referensi apapun untuk menguatkan tugas presentasi ilmiah yang diberikan oleh dosen. Contoh lainnya, ada seorang anak muda yang ingin memulai sebuah usaha.

Anak muda itu tidak memiliki basic sebagai pengusaha dari keluarganya. Maka ia tergerak untuk melakukan banyak hal untuk mendukung kemampuannya dalam melakukan usaha atau bisnis. Misal, dengan membaca buku tentang wirausaha, mendengarkan podcast tentang bisnis, dll.

Bukan Sekedar Kumpulan Kata-kata Bijak

Motivasi diperlukan oleh semua kalangan di berbagai jenjang usia. Baik itu orang dewasa atau anak-anak. Pada dasarnya, motivasi merupakan dorongan psikologis kepada seseorang untuk melakukan suatu tindakan. 

Motivasi dibagi dalam 2 jenis, yaitu motivasi intrinsik atau orientasi internal dan motivasi ekstrinsik.

Motivasi intrinsik atau motivasi orientasi internal adalah ketika seseorang mengeluarkan gairah dalam melakukan suatu tindakan tanpa adanya dorongan dari luar. 

Sementara, motivasi ekstrinsik merupakan reaksi seseorang yang disebabkan dorongan dari luar. Contohnya, ketika seseorang patah hati dan tidak bergairah untuk menjalani kehidupan, kemudian sahabatnya mendorong dirinya untuk bangkit dan melupakan masalahnya. Setelah itu orang yang sedang patah hati tersebut meresponnya. 

Seseorang perlu untuk memberikan motivasi kepada dirinya supaya kehidupan menjadi lebih bergairah. Hal paling mudah untuk mendorong adanya motivasi untuk melakukan aktifitas hidup sehari-hari adalah dengan bangun pagi. Setelah itu melakukan olahraga ringan dan sarapan, sebelum menjalani aktivitas. 

Dengan rutinitas yang positif, maka hidup lebih bergairah.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait