5 Tips Bisnis Mahasiswa Memanfaatkan Di Lingkungan Kampus

tips-bisnis mahasiswa

Mahasiswa tingkat akhir biasanya mulai memiliki banyak waktu luang yang terbuang sia-sia. Banyak yang belum memiliki penghasilan sendiri atau hanya menjadi mahasiswa yang mulai bosan dengan lingkungan kampus yang sepi. Padahal kalau ingin bereksplorasi, banyak tips bisnis mahasiswa yang bisa dijalani ketika di waktu kosong.

Ada beberapa hal yang bisa kamu manfaatkan jadi ladang bisnis sekaligus menambah pengalamanmu sebelum akhirnya nanti lulus dan mulai masuk ke dunia kerja. Apa saja hal yang bisa kamu lakukan untuk itu? Apalagi menghasilkan uang dan pengalaman. Yuk, simak lima tips bisnis mahasiswa yang bisa kamu manfaatkan di lingkungan kampus:

Menjual Lagi Buku Semester Lalu

Semakin ke sini, semakin banyak buku yang kamu punya dari pelajaran dari semester kemarin. Biasanya, buku-buku ini masih bagus dan jarang tersentuh karena hanya berada di lemari atau rak buku kamu. Coba deh, kamu tawarkan buku-buku itu ke adik-adik kelas yang mulai memasuki semester baru. Biasanya mereka lagi butuh tapi malas untuk cari. Jadi, lumayan kan untuk penghasilan dan biayain skripsi kamu?

Membantu Dosen Membuat Buku dan Diedarkan di Kampus

Dari pengalaman menjadi mahasiswa, banyak dosen masih kesusahan membuat satu buku yang cocok untuk jadi pedoman mahasiswanya. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan jadi ladang bisnis dan mulailah bernegoisasi dengan dosenmu. Banyak penerbit independen yang siap membantu kamu, apalagi kalau kamu dapat komisi tambahan dari penjualan buku. Dijamin kamu tidak akan menyesal dengan komisinya, hehe..

Membantu Mahasiswa Memamerkan Karyanya

Banyak dari mahasiswa-mahasiswa muda yang kesulitan untuk memamerkan karyanya di depan publik atau sekadar di kampus. Kamu bisa menawarkan membuat satu event untuk sebuah pameran di lingkungan kampus. Apalagi jika kamu kenal dengan mahasiswa-mahasiswa tingkat akhir lainnya, pekerjaanmu jadi semakin mudah jika membuatnya dalam bentuk tim. Selain keuntungan yang didapat, kamu mendapatkan pengalaman betapa menyenangkannya membuat dan mempromosikan event yang kamu buat sendiri.

Tawarkan Kemampuan Desainmu ke Organisasi Kampus

Mendesain bukan hal yang mudah bagi mahasiswa atau mahasiswi di kampus, tapi jika kamu memiliki kemampuan mendesain, kenapa tidak untuk menawarkan hasil karyamu ke organisasi-organisasi di kampus, siapa tahu ada yang berminat dan mau membeli karyamu atau menggunakan jasa desainmu, ya kan? Yuk, jangan malu-malu untuk menawarkan hasil desainmu, keuntungan bisa dicari di lingkungan kampus.

Jual Produk yang Banyak Dicari

Di lingkungkan kampus yang masih banyak diisi oleh anak-anak muda. Hal-hal yang berbau viral biasanya banyak dicari oleh mahasiswa-mahasiswi kampus hanya untuk sekadar mencobanya. Manfaatkan momen ini untuk berjualan hal-hal viral, seperti makanan atau permainan papan. Tidak ada yang tidak mungkin, apalagi di dunia kampus: tidak ada yang tidak beli.

Itu dia lima tips bisnis mahasiswa dengan memanfaatkan lingkungan kampus kamu. Banyak hal yang perlu di eksplor di dunia kampus untuk mendapatkan peluang bisnis. Manfaatkan setiap kesempatan untuk menambah pengalaman dan keuntungan, lumayan ‘kan uangnya untuk biaya skripsi nanti? Selamat mencoba!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait