Manfaat Kamus Indonesia dan Cara Mengaksesnya dengan Mudah

manfaat kamus indonesia
manfaat kamus indonesia

Ada banyak manfaat kamus Indonesia yang bisa kamu dapatkan. Jika ingin mengetahui lebih jauh, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini mengenai manfaat kamus Indonesia.

Kamus Indonesia saat ini mudah untuk ditemukan, tidak hanya dalam bentuk buku, tapi juga dalam bentuk online. Sudah banyak situs-situs kamus Indonesia yang bisa diakses oleh siapa saja. Namun yang paling bisa dipercaya dan paling cepat update secara berkala adalah website kamus bahasa Indonesia yang dikelola oleh Kemendikbud, website kamus bahasa Indonesia yang bisa kamu kunjungi adalah https://kbbi.kemdikbud.go.id/.

Mungkin kamu akan heran untuk apa kamus Indonesia itu ada karena kamu merasa orang Indonesia pun sudah lancar berbahasa Indonesia, jadi seharusnya tidak memiliki kamus. Hal yang perlu kamu ketahui bahwa setiap negara punya kamus bahasanya sendiri yang berisikan berbagai macam kosakata beserta artinya.

Tidak mengherankan jika Indonesia sendiri memiliki kamus Indonesia yang berisikan berbagai macam kata. Tidak jarang kita sendiri masih sering salah menggunakan kata yang tepat sehingga untuk mengecek artinya dengan mudah adalah dengan membuka kamus.

Kamus Indonesia diperlukan ketika kamu mencari kosakata Indonesia yang baru pertama kali kamu temukan dan kamu tidak tahu artinya apa. Bahasa Indonesia sendiri memiliki ratusan ribu kosakata dan kosakata tersebut berpotensi sekali untuk bertambah. Jadi, tidak mengherankan jika setiap tahunnya website kamus Indonesia selalu diupdate dengan kosakata-kosakata baru yang memperkaya bahasa Indonesia.

Lalu, bagaimana cara kosakata baru itu didapat? Tentu saja dari saran para ahli atau bisa juga dari mereka yang sudah menggeluti dunia bahasa Indonesia sejak lama.

Keberadaan kamus Indonesia secara online ini mempermudah siapa saja untuk melakukan pencarian dalam waktu cepat dan juga bisa menemukan kata yang tepat karena kamu tinggal memasukkan kata yang kamu ingin ketahui artinya di mesin pencarian kamus Indonesia, dan kemudian arti dari kata tersebut bisa langsung muncul.

Selain itu, ini adalah berbagai manfaat kamus Indonesia yang bisa kamu dapatkan:

Mengetahui Arti dari Kata yang Asing Buatmu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahasa Indonesia setiap saat selalu memiliki kosakata baru yang terdengar asing. Atau ada kata-kata yang sudah dimasukkan sejak dulu, tapi kamu belum pernah mengetahui artinya. Di website kamus Indonesia kamu bisa menemukan artinya dengan cepat. Jika ada kata yang berkaitan dengan ekonomi yang kamu tidak ketahui artinya, kamu bisa juga memanfaatkan kamus Indonesia yang sudah ada. Hal itu bisa jadi lebih mempermudah pekerjaanmu. Orang Indonesia sudah sepatutnya mengetahui berbagai macam kosakata Indonesia dan betapa kayanya bahasa sehari-hari kita ini.

Mengetahui Ejaan yang Baik dan Benar

Saat ini bahasa Indonesia bercampur dengan bahasa gaul yang sering digunakan untuk percakapan sehari-hari. Namun, bahasa gaul itu tidak pas, malah tidak bisa digunakan ketika kamu menulis surat resmi dan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan laporan, karya ilmiah, buku, surat lamaran kerja dan lainnya. Kamu harus bisa menulis bahasa Indonesia yang baik dan benar. Cara mengecek ejaan suatu kata benar atau tidak, kamu bisa mengeceknya di website kamus bahasa Indonesia.

Tidak perlu ragu membuka kamus untuk mengetahui ejaan yang benar karena hal itu akan menyelamatkanmu juga. Karena saat ini masih sering ditemukan surat resmi yang ditulis menyalahi kaidah berbahasa Indonesia yang seharusnya. Kamu bisa Indonesia bisa membuatmu menulis bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Mengetahui Kelas Sebuah Kata

Maksud kelas sebuah kata di sini adalah, pengelompokkan kata-kata yang biasanya dilakukan. Seperti ada kata benda, kata kerja, kata keterangan. Di dalam kamus Indonesia, kata tersebut pun dijelaskan masuk ke kelompok mana. Ini bisa menjadi pengetahuan kecil yang berharga bagimu karena beberapa orang sering tertukar antara kata kerja dan kata keterangan itu sendiri. Keterangan di kamus Indonesia itu akan sangat membantu.

Mengenal Akronim dari Suatu Istilah

Jika kamu menyadarinya, bahasa Indonesia sendiri memiliki cukup banyak kosakata yang terdiri dari akronim atau dua kata yang disingkat menjadi satu kata. Penyingkatan tersebut dilakukan agar efisien dan agar masyarakat Indonesia lebih mengenalinya. Biasanya singkatan kata ini menjadi istilah baru yang paling sering digunakan. Bisa jadi kamu belum mengetahui berbagai macam akronim yang selama ini eksis.

Ketika mencari di kamus bahasa Indonesia, kamu akan dengan mudah menemukannya. Contohnya saja adalah singkatan dari cekal yang merupakan singkatan dari cegah dan tangkal. Kata cekal ini biasanya digunakan untuk tersangka koruptor agar tidak bisa lari ke luar negeri.

Mengenal Aksen Sebuah Kata

Manfaat kamus Indonesia yang lain adalah ketika kamu menemukan sebuah kata baru, untuk tahu bagaimana cara membacanya, di kamus Indonesia pun disediakan bagian untuk cara membacanya. Sehingga ketika kamu ingin mengucapkannya, kamu tidak akan ragu lagi karena takut melakukan kesalahan. Kamus Indonesia akan membantumu untuk menghadapi keadaan apa pun yang mengharuskanmu berbahasa Indonesia yang baik dan benar, dan juga tentunya menambah pengetahuan.

Kamus Indonesia selain tersedia online, ada juga yang tersedia dalam bentuk buku. Yang dalam bentuk buku ini sangat tebal dan di jual di pasaran, jika kamu ingin mengoleksinya, kamu bisa membeli kamus Indonesia di toko buku terdekat. Tidak sulit untuk menemukannya karena buku kamus Indonesia itu cukup tebal. Hal ini karena dalam kurun waktu tertentu ada dilakukan pemutakhiran dan kosakata baru yang ditemukan.

Namun jika ingin mengetahui arti dari sebuah kata atau kata baru yang masih asing di telingamu, tidak ada salahnya memanfaatkan kamus Indonesia yang tersedia secara online. Selain kamus, kamu juga berinvestasi secara online melalui Ajaib lho. Jika penasaran, update terus ya artikel-artikel menarik dari Ajaib.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait