Manfaat dan Risiko Reksa Dana yang Perlu Diketahui

risiko reksa dana
risiko reksa dana

Manfaat dan risiko reksa dana harus diketahui olehmu yang baru ingin terjun di dunia reksa dana. Reksa dana sekarang mungkin masih belum terlalu banyak peminatnya, tapi orang-orang sudah mulai tertarik dengan reksa dana. Dan juga reksa dana sudah bisa ditemukan di mana-mana dan kamu mudah mencari informasi tentangnya di internet.

Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang bisa mendatangkan keuntungan padamu jika reksa dana tersebut berjalan dengan baik. Saat ini cukup banyak investasi yang terlihat menjanjikan dan menawarkan keuntungan yang menggiurkan padamu, tapi kamu harus berhati-hati dalam memilih karena saat ini banyak investasi bodong yang ujung-ujungnya adalah penipuan. Orang-orang yang tidak bertanggung jawab bisa saja mengambil keuntungan darimu dan mereka main kabur saja membawa uangmu. Kejadian ini sudah sering terjadi, jadi sebaiknya kamu tidak memilih sembarangan perusahaan pengelola reksa dana.

Di sanalah manfaat dan risiko reksa dana. Masih ada lagi manfaat dan risiko reksa dana yang perlu kamu ketahui. Mari kita membahasnya satu persatu.

Manfaat dari reksa dana

Mendapatkan Keuntungan

Jika kamu menginginkan keuntungan yang banyak, dan bertambah setiap tahunnya, kamu bisa mulai memilih investasi reksa dana yang menjanjikan. Sebagai perhitungan, kamu bisa mendapatkan keuntungan 20 % setiap tahunnya dengan melakukan investasi reksa dana saham. Reksa dana saham merupakan produk reksa dana yang paling banyak menghasilkan keuntungan dan cocok dijadikan sebagai invetasi jangka panjang. Namun, karena keuntungan yang bisa didapatkan itu besar, maka risiko yang dimilikinya juga cukup besar.

Mudah Dilakukan Pemula

Jika kamu baru tahu tentang dunia investasi reksa dana adalah instrument investasi yang tepat kamu pilih karena lebih mudah dikelola dibandingkan dengan investasi saham di bursa efek. Hal ini karena ada Manajer Investasi yang akan membantumu mengelola investasi reksa dana milikmu. Kamu hanya tinggal menyediakan modal investasi yang akan dikelola oleh mereka. Manajer Investasi adalah orang yang sudah ahli mengelola investasi reksa dana dan mereka biasanya sudah punya jam terbang bagus sehingga dipercaya menjadi Manajer Investasi.

Tidak Menghabiskan Banyak Waktu

Karena ada Manajer Investasi yang bisa kamu andalkan untuk mengelola investasi reksa danamu, kamu pun bisa lebih santai dalam melakukan monitoring. Ketika ada perubahan strategi atau perubahan keadaan investasi biasanya Manajer Investasi yang akan mengabarimu. Karena ada yang membantu mengelola, kamu masih bisa melakukan kegiatan lain seperti bekerja seperti biasa. Pokoknya kamu tinggal menunggu kabar saja.

Biayanya Murah

Berinvestasi di reksa dana selain mendatangkan keuntungan yang cukup besar, modal yang kamu perlukan untuk bisa berinvestasi juga cukup murah. Sekarang di Indonesia dengan Rp50.000 saja kamu bisa mulai berinvestasi. Apa jadinya jika kamu berinvestasi bertahap dengan mengumpulkan Rp50.000 setiap bulannya.

Penghasilanmu nantinya tentu akan lebih dari itu ketika kamu mendapatkan keuntungan. Investasi reksa dana memang dikenal lebih murah dibandingkan ketika kamu berinvestasi di bursa saham. Lalu, biaya transaksi juga cukup murah sehingga hal itu tidak masalah jika kamu sering melakukan transaksi untuk mengstabilkan investasi yang sedang kamu lakukan.

Transaksi Bisa Dilakukan Secara Online

Saat ini perusahaan penyedia reksa dana ada yang memulai ekspansi bisnisnya dengan menyediakan fasilitas transaksi jual-beli secara online. Jadi, ketika kamu ingin membeli atau menjual produk reksa dana, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi yang disediakan oleh perusahaan penyedia reksa dana yang sudah kamu percaya.

Itu adalah manfaat dari reksa dana. Setelah tahu tentang manfaat dari reksa dana, hal yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah risiko dari reksa dana itu sendiri. Risiko itu tidak perlu membuatmu takut. Dengan mengetahu adanya risiko, kamu bisa melakukan pencegahan dan strategi untuk berhadapan dengannya.

Risiko dari Reksa Dana

Mengalami Kerugian dalam Investasi

Hal yang akan sering kamu hadapi ketika berinvestasi reksa dana adalah mengalami kerugian. Ketika kamu memutuskan membeli reksa dana saham, risiko kerugiannya itu cukup tinggi dan kamu harus mengetahuinya. Inilah yang menyebabkan Manajer Investasi akan menyebarkan modal yang kamu tanam ke beberapa perusahaan agar ketika terjadi kerugian, itu akan tetap menyelamatkan modalmu di perusahaan lain.

Harus Sabar Menunggu Uang Cair

Ketika kamu menabung di bank, kamu bisa mengambil uang itu kapan saja. Namun, tidak dengan investasi yang kamu tanamkan di reksa dana. Kamu harus menunggu dalam kurun waktu tertentu sampai uang tersebut bisa cair. Misalnya saja ketika Manajer Investasi mengabarimu telah mengirimkan uang hasil investasi, kamu tidak bisa mengambil uang itu di hari itu juga. Biasanya kamu harus menunggu beberapa hari, sampai uang tersebut bisa dicairkan.

Pembubaran Reksa Dana

Perusahaan yang kamu percayakan mengelola reksa dana itu berdiri karena izin dari OJK. Ini adalah syarat pertama yang bisa kamu lihat bahwa perusahaan itu adalah perusahaan pengelola reksa dana yang terpercaya. Perusahaan itu tentu harus taat pada peraturan yang sudah ditentukan oleh OJK. Jika perusahaan terus merugi dan menghasilkan penghasilan di bawah batas minimum yang sudah ditentukan, perusahaan itu akan dibubarkan oleh OJK.

Seperti itulah manfaat dan risiko reksa dana yang sudah kamu ketahui. Jika kamu masih bingung memilih perusahaan mana untuk membeli produk reksa dana, kamu bisa mengandalkan Ajaib untuk investasimu. Ajaib menyediakan produk reksa dana yang terpercaya. Jangan ragu untuk menghubungi kami.

Bacaan menarik lainnya:

Sharpe, W. F. (1966). Mutual Fund Performance. The Journal of Business. Vol. 39. 119-138


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait