Manfaat dan Contoh ID Card, Terlihat Sepele Padahal Penting

contoh id card
contoh id card

ID card merupakan sebuah bentuk pengenal yang selalu kamu bawa kemanapun. KTP mungkin bisa menjadi contoh id card yang memang harus selalu dibawa. Namun ID card identik dengan sesuatu berbentuk seperti kartu yang memuat identitas, foto dan data diri kamu.

Perkembangan ID Card

Saat ini bentuk dan ragam ID Card sangat menyesuaikan dengan zaman sehingga kamu tak perlu ragu untuk menggunakan ID Card karena sudah pasti setiap perusahaan memiliki model dan keunikan ID card masing-masing.

ID Card mengandung informasi kamu, perusahaan tempat kamu bernaung serta logo perusahaan dan orang yang bertanggung jawab atas kamu di perusahaan, seperti atasan atau CEO perusahaan. Umumnya ID card digunakan dengan digantungkan pada sebuah tali di leher kamu.

ID card juga terkadang sekaligus sebagai absen karyawan perusahaan, tanda pengenal karyawan dan pembuka akses masuk ruangan. Setiap perusahaan pastilah memiliki ID card untuk mememudahkan pengenalan karyawan dan memudahkan sistem pengabsenan.

Contoh ID Card

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan contoh id card berikut ini. Pasalnya, ID card sendiri memiliki produk yang berbeda lho.

ID Card biasa

ID card baisa merupakan jenis ID card berukuran kartu nama yang digunakan untuk keperluan pribadi sebagai tanda pengenal. ID card ini umumnya terbuat dari PVC yang elastis

contoh id card

ID Card Magnetik

ID Card magnetic merupakan jenis ID card yang memiliki ukuran sama dengan ID card biasa. Hanya saja yang membedakan adalah sebuah kartu chip kecil yang tertanam di belakang kartu berisi informasi rahasia pemilik ID Card. ID Card magnetic dibuat untuk pemalsuan. 

Beberapa fungsi ID card salah satunya adalah memudahkan untuk saling mengenal, misalkan saja kamu merupakan karyawan baru, sehingga untuk mengenal kamu ada baiknya jika rutin menggunakan ID card agar rekan kerja kamu mengenal kamu.

ID Card juga berfungsi sebagai pelengkap administrasi seperti nomor yang tercantum dalam ID card. Selain itu, ID card juga mempermudah pekerjaan HRD dalam mengawasi absen karyawan dimana ID card juga berfungsi untuk tapping mesin absen.

Perusahaan besar umumnya rentan akan penyusup yang menyamar sebagai pekerja. Ini karena banyaknya karyawan sehingga tidak mungkin untuk saling mengenal dalam cakupan yang sangat besar. Oleh sebab itu ID Card diperlukan untuk menghindari penyusup.

ID card juga mudahkan kamu untuk mendapatkan akses masuk dalam gedung-gedung tertentu. Namun jika kamu tidak memilikinya, kamu bisa melapor ke bagian resepsionis dengan mengatakan keperluan kamu, kemudian kamu diwajibkan meninggalkan KTP kamu sebagai jaminan serta foto kamu. Selanjutnya kamu akan menggunakan ID Card tamu atau visitor.

Saat ini ID Card lebih menarik dan multifungsi dimana tidak hanya untuk absen dan membuka akses pintu. ID card saat ini juga berfungsi sebagai kartu pembayaran non tunai yang bekerja sama dengan penyedia layanan perbankan.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait