Makalah Akuntansi dan Cara Mudah dalam Membuatnya

makalah akuntansi
makalah akuntansi

Bagaimana membuat makalah akuntansi yang benar? Bila belum yakin, simak ulasan yang telah dihimpun oleh redaksi Ajaib berikut ini untuk mengetahui caranya.

Mendengar kata makalah, pikiran pasti langsung tertuju saat kita mengenyam bangku kuliah atau bahkan SMA. Membuat makalah itu layaknya tugas. Tidak membuat, siap-siap dengan konsekuensi yang akan diberikan oleh guru atau dosen.

Makalah itu kalau menurut definisi KBBI adalah tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Pengertian kedua dari makalah adalah karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Berdasarkan jenisnya makalah terdiri dari enam jenis, yaitu makalah ilmiah, makalah kerja, makalah kajian, makalah posisi, makalah analisis, dan makalah tanggapan.

Struktur Makalah

Membuat makalah termasuk makalah akutansi itu susah-susah gampang. Namun membuatnya dibutuhkan struktur agar tercipta makalah yang baik dan benar harus. Struktur makalah dimana termasuk makalah akutansi terbagi menjadi:

  1. Cover Makalah (Judul dan Identitas Penyusun)
  2. Kata Pengantar
  3. Daftar Isi
  4. BAB I. Pendahuluan
  5. A. Latar Belakang
  6. B. Rumusan Masalah
  7. C. Tujuan
  8. BAB II. Pembahasan
  9. BAB III. Penutup
  10. A. Kesimpulan
  11. B. Saran
  12. Daftar Pustaka

Masih bingung cara membuat Makalah Akuntansi, berikut ini ada cara membuat makalah yang bisa langsung kamu terapkan.

Penentuan Tema

Tema ini penting. Tak ada tema maka tak ada makalah, sebab dari sinilah semua itu berawal. Tentukan terlebih dahulu tema akutansi apa yang akan kamu ulas dan menarik untuk dibahas karena penentuan tema mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam membuat makalah dan perkiraan waktu dalam mengerjakan makalahnya.

Tema yang bisa dipilih ada banyak, bisa sistem informasi, laporan akuntansi, laporan laba rugi, akutansi manajemen, hingga informasi akuntansi.

Jadi, sebisa mungkin pilih tema yang kamu paham sehingga akan lebih mudah dalam membahasnya.

Penentuan Judul

Tema telah ditentukan langkah selanjutnya adalah judul. Penentuan judul juga tak kalah penting. Dari judul biasanya membuat makalah otu menarik perhartian. Jadi buatlah judul yang menarik, spesifik dan jelas. Hal tersebut bertujuan supaya judul dapat mewakili pokok pembahasan pada makalah dan penyusunan makalah hanya fokus terhadap topik pembahasan.

Kumpulkan Bahan Referensi

Referensi ini ibarat peluru. Apalah artinya senjata jika tanpa peluru. Beegitu pun makalah, tak ada isinya jika tidak didukung oleh sumber referensi terpercaya dan dari sumber yang jelas.

Bahan referensi bisa Ana dapatkan dari berbagai jenis jurnal, buku, artikel di internet. kamu juga dapat mencari sumber referensi dari internet. Namun patut diingat  pastikan sumberya itu jelas dan bisa dipertangungjawabkan demi  menjaga kredibilitas tulisan makalah kamu.

Baca Referensi Makalah dengan Tema Sejenis

Membaca referensi makalah dari berbagai sumber dengan tema sejenis salah satu tujuannya agar kamu tidak tersesat dalam menyusun makalah.  Hal ini bisa menguntungkan kamu agar memiliki gamabaran seperti apa penulisan makalah.

Namun membacanya jangan sampai kelewat yang ujung-ujungnya kamu mencari jalan pintas dan mau cepat dengan jalan menjadi plagiat dari karya orang lain. Tetapkan tujuan dari  membaca makalah lain hanya  untuk menambah pemahaman tentang tema yang kamu pilih.

Menulis Isi Makalah secara Sistematis

Tahapan dalam proses ini berdasarkan pada sistematika struktur makalah. Mulai dari bagian pendahuluan-kesimpulan yang jelas. Penulisan makalah jangan sampai melenceng. Melenceng akan membuat kamu tersesat dan akan berakibat ketidakjelasan topik pembahasan yang akan disampaikan nih.

Bahan referensi harus dimanfaatkan sebagai kajian dalam pembuatan makalah. Dengan begitu, hasil pembahasan dari makalah dapat dipertanggungjawabkan.

Penambahan Kutipan

Dalam isi pembahasan makalah, sering kali dibutuhkan sebuah kutipan untuk memperkuat data yang didapatkan dalam tulisan sendiri. Kutipan terdiri dari dua jenis,yaitu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung.

Kutipan langsung adalah tulisan yang dibuat sama dengan aslinya, tanpa mengubah sedikitpun. Sedangkan, kutipan tidak langsung adalah penulis makalah memotong bagian tertentu dari sumber dan dicampur dengan pendapat sendiri.

Sunting Makalah

Finishing dengan cek and ricek, mulai dari struktur makalah yang ada. Lanjut dengan mengecek adakah kesalahan dari segi ejaan, penulisan, dan bahasa yang digunakan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait