Dunia Kerja

Langkah Sederhana untuk Mempertahankan Loyalitas Karyawan

Ajaib.co.id – Jika ada pertanyaan apa yang tidak bisa dibeli dengan uang maka loyalitas adalah salah satu jawabannya. Bahkan bisa dikatakan untuk mendapatkannya bukanlah perkara yang mudah. Sebaliknya, menghilangkannya justru sangat mudah dilakukan.

Setiap perusahan pasti ingin semua karyawannya loyal terhadap perusahan tersebut. Namun yang harus diingat adalah sikap loyal ini adalah sesuatu yang bersifat emosional. Oleh sebab itu butuh cara khusus untuk mempertahankannya.

Sama halnya dengan cinta, sikap loyal ini pun tidak datang begitu saja. Oleh sebab itu harus diusahakan. Dan untuk mempertahankannya pun ada cara khususnya tersendiri.

Berbicara mengenai sikap loyal seorang karyawan, pastinya ada ciri-cirinya. Ini juga penting untuk diketahui oleh para pemimpin perusahaan.

Ciri-ciri Karyawan yang Loyal terhadap Perusahaan 

Sebenarnya kamu bisa menilai apakah karyawan loyal ataukah tidak. Caranya adalah dengan melihat ciri-cirinya. Karyawan yang memiliki loyalitas terhadap perusahaan rata-rata ditunjukkan dengan:

1.   Nyaman dalam Bekerja

Coba tengok para karyawan. Apakah ada karyawan yang selalu gelisah atau kurang betah berada di tempat kerjanya. Mungkin saja karyawan tersebut kurang nyaman dengan pekerjaannya.

Rata-rata hal-hal seperti ini pun akan berdampak terhadap pekerjaannya. Yang terburuk adalah kerjanya menjadi amburadul. Padahal rasa nyaman saat bekerja ini sebisa mungkin harus dimiliki oleh para karyawan.

Dengan mereka merasa nyaman, umumnya akan diikuti juga dengan sikap loyal terhadap tempat kerjanya. Pasalnya rasa nyaman akan melahirkan rasa cinta. Dan rasa cinta ini adalah fondasi dari sikap loyal itu sendiri.

2.   Memiliki Integritas Tinggi

Karyawan yang loyal umumnya akan ditandai dengan integritas tinggi terhadap pekerjaannya. Untuk menilainya sebenarnya sangat mudah. Kamu tinggal melihat kinerja dari para karyawan tersebut.

Namun tidak hanya itu saja instrumen penilaiannya. Untuk mengukur integritas karyawan, kamu pun harus melihat kepatuhan terhadap aturan serta tenggat waktu terhadap tugas yang sudah dibebankan.

3.   Bisa Menjadi Contoh yang Baik untuk Karyawan Lain

Karyawan dengan sikap loyal umumnya bisa memberikan contoh yang baik terhadap karyawan lainnya. Sosok karyawan yang mampu menjadi panutan untuk rekan kerjanya. Bukan justru mengorbankan rekan kerja hanya untuk meraih posisi tinggi di tempat kerjanya.

4.   Kritis tapi Membangun

Karyawan dengan loyalitas tinggi rata-rata memiliki sikap yang kritis. Namun kritis yang membangun. Karyawan yang loyal dengan perusahaan umumnya tidak masa bodoh terhadap kemajuan perusahaan.

Umumnya karyawan tersebut turut memikirkan kemajuan perusahaan juga. Itulah kenapa rata-rata secara pemikiran mereka ini cukup kritis. Namun kritis yang membangun. Bukan hanya mengkritik saja tanpa memberikan pandangan atau solusinya.

Cara Mempertahankan Sikap Loyal Karyawan

Ingat jika sikap loyal ini sulit sekali untuk didapatkan. Namun sebaliknya, menghilangkannya justru sangatlah mudah. Oleh sebab itu penting sekali untuk mempertahankan sikap loyal yang sudah dimiliki karyawan Anda.

Jangan sampai karena ketidak pekaan Anda, perlahan sikap loyal dari para karyawan memudar. Nah, agar hal ini tidak terjadi, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Tips tersebut adalah:

1.   Training

Untuk mempertahankan sikap loyal para karyawan, hal seperti ini penting untuk dilakukan. Untuk waktunya sendiri tentunya kamu sudah memiliki pandangan. Sebab tiap perusahaan pasti berbeda-beda kondisinya.

2.   Sikap

Untuk memupuk sikap loyal karyawan, sikapmu kepada para karyawan harus diperhatikan betul. Usahakan untuk selalu bersikap ramah terhadap semua karyawan. Selain itu penting juga untuk melakukan komunikasi yang efektif.

Dengan adanya komunikasi yang efektif dan ditambah rasa saling menghormati di antara kedua belah pihak, kerja sama pun akan terjalin semakin erat. Kondisi seperti ini akan mempercepat tumbuhnya sikap loyal dari para karyawan.

3.   Gaji

Meskipun sikap loyal tidak bisa dibeli dengan uang, namun sebagai manusia tidak bisa naif. Agar sikap loyal karyawan tidak pudar, gajilah para karyawan sesuai dengan beban pekerjaan yang diterimanya.

Selain itu waktu pemberian gaji pun harus diperhatikan betul. Usahakan untuk tidak telat dalam menggaji karyawan. Ingat, tanggal gajian adalah hari yang paling ditunggu-tunggu oleh seorang karyawan.

Oleh sebab itu sebisa mungkin hindari penundaan gaji, tunjangan, hingga bonus jika ada. Ingat, jika hak para karyawan sudah dipenuhi dengan semaksimal mungkin, maka para karyawan pun akan memenuhi kewajibannya dengan sebaik-baiknya.

4.   Penghargaan

Memberikan penghargaan pun bisa menjadi tindakan cerdas untuk mempertahankan sikap loyal para karyawan. Utamanya untuk para karyawan yang berprestasi dan dirasa memiliki loyalitas tinggi terhadap perusahaan.

Penting untuk diketahui jika penghargaan untuk karyawan memiliki makna yang besar. Selain itu tindakan ini pun bisa dijadikan sebagai pancingan untuk karyawan lain agar bisa meningkatkan kinerjanya. Di sisi lain, karyawan pun akan semakin loyal terhadap perusahaan.

5.   Penuhi Semua Hak Karyawan

Selain gaji, karyawan juga memiliki hak cuti dan juga libur. Kedua hak karyawan ini pun harus Anda perhatikan betul. Jangan sampai ada karyawan yang sikap loyalnya luntur gara-gara hal seperti ini.

Misalnya saja terkait dengan izin untuk tidak masuk. Terkadang ada perusahaan tertentu yang sangat ketat untuk urusan yang satu ini. Yang terpenting sebenarnya adalah ada alasan yang jelas kenapa mereka izin.

Sebagai contohnya ada karyawan yang izin tidak masuk karena sakit. Jika karyawan tersebut bisa menunjukkan surat keterangan dokter, maka ini sudah lebih dari cukup. Jangan justru karyawan boleh izin sakit jika sakitnya mengharuskannya untuk opname di rumah sakit.

Memang jika dibaca sekilas mudah sekali untuk dipraktikkan. Namun faktanya masih cukup banyak yang belum bisa melakukannya. Meskipun demikian, sebisa mungkin kamu harus berusaha mempertahankan loyalitas karyawan.

Artikel Terkait