Perencanaan Keuangan

Laba Komprehensif dan Jenis-jenis Laporan di Dalamnya

laba komprehensif

Ajaib.co.id – pengertian laba komprehensif merupakan laba yang dihasilkan oleh perusahaan sebagai barometer keberhasilkan perusahaan. Biasanya, laba komperensif ini bisa ditemukan dalam laporan laba-rugi komperehensif. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, yuk simak ulasan berikut ini.

Di dalam laporan laba-rugi komperensif, tercatat bagaimana kinerja keuangan perusahaan dalam hitungan laba bersih. Laporan ini sendiri berfungsi untuk investor dalam mengetahui kesehatan finansial dari sebuah perusahaan sehingga bisa memprediksi arus kas perusahaan untuk masa mendatang.

Karena di dalam laba komperensif ada istilah laba bersih, maka kamu harus mengetahui jika laba bersih itu adalah keuntungan yang didapatkan perusahaan dalam suatu periode yang tercantum di laporan keuangan. Laporan laba komperensif sendiri memiliki kegunaan-kegunaan yang perlu kamu tahu.

Kegunaan Laporan Laba Komperensif

Laporan laba komperensif atau yang resminya biasa disebut laporan laba-rugi komperensif sering dijadikan acuan untuk profit di masa depan sebuah perusahaan, nilai investasi, hingga kekayaan perusahaan itu sendiri. Dari laporan ini, setidaknya ada tiga kegunaan yang bisa didapatkan, yakni:

Informasi untuk investor: Seperti yang telah disinggung, laba komperensif ini bisa dijadikan acuan untuk arus kas di masa mendatang. Hal ini sendiri sering menjadi patokan dalam harga jual saham ataupun dividen perusahaan di masa mendatang.

Evaluasi untuk perusahaan: Laporan ini juga bisa digunakan untuk evaluasi perusahaan dalam mengukur tercapai tidaknya target perusahaan.

Elemen Laporan Laba-Rugi Komprehensif

Seperti konsep laba lainnya, dalam laporan laba-rugi komprehensif juga memiliki elemem-elemen pententu yang mempengaruhi hasil laporan. Elemen tersebut adalah elemen beban dan elemen penghasilan. Untuk lebih jelasnya, ini penjelasan dari kedua elemen tersebut.

a. Beban

Elemen beban di dalam laporan ini memiliki artian adanya perununan dari manfaat ekonomi di dalam periode waktu tertentu. Penurunan ini nantinya bisa menyebabkan beban utang perusahaan bisa menjadi melonjak naik dan aset neto menjadi turun.

b. Penghasilan

Berbanding terbalik dengan beban, elemen penghasilan memiliki artian adanya kenaikan manfaat ekonomi di dalam periode tertentu. Hal ini ditandai dengan turunnya nilai utang berdasarkan dari bisnis perusahaan dan adanya kenaikan aset.

Penghasilan adalah adanya kenaikan manfaat ekonomi dalam periode waktu tertentu yang ditandai dengan kenaikan aset neto (ekuitas) dalam bentuk penambahan aset dan penurunan hutang yang dihasilkan dari bisnis perusahaan bukan dari pemilik modal

Jenis Laporan Laba-Rugi Komprehensif

Laporan laba-rugi komprehensif sendiri bisa disajikan dengan berbagai cara sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan yang dimaksud di sini adalah kebutuhan akan informasi yang mudah dicerna oleh mereka yang melihat laporan keuangan tersebut.

Selain ada berbagai cara penyajiannya, perusahaan sendiri juga dibebaskan dalam mendistribusikan istilah-istilah penulisan untuk diubah ataupun dipakai sesuai dengan penulisan urutan yang diperlukan. Lagi-lagi, hal tersebut dilakukan untuk memudahkan pembacaan dari laporan keuangan perusahaan.

Jika dikategorikan, laporan laba-rugi komprehensif ini bisa dibagi menjadi dua jenis model, yakni model tunggal dan model ganda. Untuk penjelasannya, simak penjabarannya di bawah ini:

 Model Tunggal

Mengutip dari Pengantar Standar Akuntansi Keuangan, model tunggal ini dapat dicirikan jika laporan yang disediakan hanya satu laporan saja. Di dalam laporan tersebut, tersaji beberapa data yang dibutuhkan seperti biaya keuangan, pendapatan yang dihasilkan, beberapa bagian laporan laba rugi berdasarkan entitas asosiasi, jumlah laba ataupun rugi yang telah dikurangi oleh beban pajak, hasil laba rugi hingga total laba-rugi komprehensif itu sendiri.

Model Ganda

Seperti namanya, model ganda ini ini adalah penyajian laporan yang dipisah menjadi dua laporan. Satu laporan akan membahas mengenai laporan laba rugi yang sedang berjalan, sedangkan laporan lainnya adalah laporan laba rugi komprehennsif berdasarkan pendapatan komprehensif.

Pada laporan-laporan tersebut, akan berisi beberapa bagian seperti pendapatan yang diperoleh, beban pajak, biaya pendapatan, laba ataupun rugi dari ventura atau entitas sosial, jumlah laba ataupun rugi yang telah dikurangi oleh pajak, hingga total laba ataupun rugi perusahaan itu sendiri.

Hal yang perlu kamu ingat, Laba komprehensif ini memang mencakup setiap bagian yang bisa mempengaruhi ekuitas dari hasil bisnis atau di luar dari transaksi dengan pemilik modal. Sehingga, kemampuan perusahaan dalam mengelola bisnisnya sangat berpengaruh dalam laporan laba ini.

Itulah pembahasan yang perlu kamu ketahui tentang laporan laba-rugi komprehensif. Redaksi Ajaib kembali ingatkan, kamu perlu membaca teliti laporan ini untuk mengetahui kesehatan finansial perusahaan.

Artikel Terkait