Berita

Laba Bersih Mitra Adiperkasa (MAPI) Melesat 3.105% di Kuartal I-2022

MITRA ADI PERKASA

Ajaib.co.id – PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) berhasil mencatatkan peningkatan kinerja baik pada sisi top line dan bottom line pada periode Kuartal I-2022, seiring dengan meningkatnya antusiasme pelanggan untuk kembali berbelanja di mall setelah keputusan pelonggaran mobilitas masyarakat.

Pada periode waktu Januari – Maret 2022, pendapatan bersih MAPI berhasil naik 30,6% secara YoY menjadi Rp5,6 triliun dari kinerja sebelumnya hanya Rp4,3 triliun. Margin laba kotor (GPM) MAPI juga meningkat positif dari hanya 41,7% pada Kuartal I-2021 alhasil menjadi 42,9% pada kinerja Kuartal I-2022.

Seiring dengan naiknya nilai pendapatan MAPI, laba usaha juga berhasil meroket 160,3% secara YoY menjadi Rp488,4 miliar. EBITDA bertumbuh 41,1% secara YoY dari kinerja sebelumnya sebesar Rp727 miliar menjadi Rp1 triliun.

Alhasil, laba bersih MAPI tercatat meroket menjadi senilai total Rp577,2 miliar pada Kuartal I-2022, dari yang hanya Rp18,5 miliar pada Kuartal I-2021 yang lalu . Peningkatan laba bersih yang signifikan ini termasuk di dalamnya terdapat hasil transaksi divestasi sebagian Burger King yang telah terealisasi pada awal tahun 2022 ini.

Pertumbuhan kinerja juga didukung penuh oleh momentum kenaikan penjualan pada segmen sports, gawai digital, dan bisnis makanan dan minuman (F&B), yang meliputi sebagian besar dari 84 gerai baru yang dibuka pada Kuartal I-2022. MAPI juga sukses meluncurkan gerai power store Foot Locker pertamanya di mall Senayan City, gerai multi-brand gawai baru Digiplus, serta coffee experience center eksklusif di Starbucks Dewata, Bali.

“Penjualan meningkat dan pertumbuhan laba Kuartal I-2022 ini mencerminkan keyakinan MAPI pada model bisnis unik, yang secara efektif mengkombinasikan ritel multi-channel di seluruh gerai, kanal digital milik perusahaan, dan marketplace pihak ketiga,” tutur VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group Ratih Gianda melalui pernyataan resmi, Jumat (20/5/2022).

Meroketnya margin laba kotor pada kinerja Kuartal I-2022 turut didukung oleh lebih tingginya penjualan dengan harga normal, buah dari penyempurnaan perencanaan merchandise dan analisis data secara keseluruhan. Hal ini memungkinkan penargetan pelanggan dan kontrol manajemen inventori yang lebih baik melalui optimalisasi supply chain.

Di sisi lain, kinerja di kanal digital juga berhasil mencatatkan pertumbuhan sebesar 32% dan berkontribusi menjadi 10,3% terhadap penjualan secara keseluruhan. Di sepanjang kinerja tahun 2021, penjualan di kanal digital MAPI tumbuh 168% dengan hasil signifikan terlihat pada gerai merek Zara, Skechers, Digimap, Planet Sports, dan Mango.

Strategi jangka panjang yang disiapkan MAPI ke depannya ialah, ekspansi keterlibatan langsung pelanggan melalui MAPCLUB dan melanjutkan investasi di bisnis dan brand baru serta pasar Asean dengan mengusung strategi “Brand Commerce” perusahaan.

Sumber: Laba Grup MAP (MAPI) Melesat Jadi Rp577,2 Miliar di Kuartal I/2022, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait