Investasi

Keuntungan Investasi Saham Jangka Panjang di Pasar Saham

keuntungan investasi saham jangka panjang

Ajaib.co.id – Keuntungan Investasi Saham Jangka Panjang mungkin banyak dipertanyakan oleh kamu. Oleh karenanya, redaksi Ajaib akan membahas tuntas mengenai keuntungan investasi saham jangka panjang ini. Disimak ya!

Jangan salah, pasar saham adalah tempat rumit yang sangat sulit untuk dikuasai. Namun, jika kamu dapat mempelajari seluk beluknya, dan mendapatkan pengalaman berinvestasi dan berdagang saham, kamu dapat menghasilkan uang dengan cara yang sangat sederhana dan mudah. 

Jika kamu telah melakukan penelitian, kamu tahu ada dua metode untuk berinvestasi: jangka pendek dan jangka panjang. Kedua strategi memiliki kekurangan dan kelebihannya, tetapi secara keseluruhan, ada banyak keuntungan investasi saham jangka panjang ketimbang jangka pendek.

Lebih Mudah dari Sebelumnya

Berkat internet, telepon pintar, dan aplikasi, hampir semuanya hari ini lebih mudah dilakukan. Jelas, ini termasuk berinvestasi. Jika kamu seorang investor berpengalaman, kamu dapat melihat aplikasi terbaik untuk trading harian untuk perdagangan yang lebih mudah dan lebih efisien. 

Bagi mereka yang termasuk dalam kategori pemula dalam berinvestasi, tidak masalah, cukup periksa aplikasi terbaik untuk investor pemula. Apapun tingkat pengalaman kamu, ada aplikasi yang dapat membantu kamu berinvestasi di pasar saham semudah mungkin.

Kamu Akan Menghemat Uang Karena Pajak Ringan

Ya itu betul. Investasi jangka panjang tidak hanya akan menghasilkan uang untuk kamu, tetapi juga mengurangi hutang kamu. Dua manfaat investasi jangka panjang dengan satu batu! Singkatnya, jika kamu membeli dan menjual sekuritas di bawah satu tahun, itu dihitung sebagai pendapatan reguler.

Sekuritas / saham tertinggi dapat dikenai pajak, jika ditahan lebih dari setahun, adalah kisaran 10 persen, menurut UU PPh Pasal 4 Ayat 2. Tergantung pada golongan pajak kamu, itu bisa jauh lebih rendah. Kamu bahkan dapat membayar pajak apapun jika masuk dalam kategori golongan pajak yang cukup rendah. Itu keuntungan pajak yang cukup besar yang dapat kamu gunakan untuk membantu dompet kamu semakin berisi.

Kurang Berisiko daripada Investasi Jangka Pendek

Mudah, lebih murah, dan tidak terlalu berisiko? Ya, untuk ketiganya. Melompat masuk dan keluar dari pasar dengan cepat dan berinvestasi, dengan cara yang sama, jauh lebih berisiko daripada duduk santai dan berurusan dengan pasang surut pasar saham dengan perspektif yang santai. 

Kata mewah yang digunakan investor untuk situasi ini adalah volatilitas, yang didefinisikan sebagai: Tanggung jawab untuk berubah dengan cepat dan tidak terduga, terutama untuk yang lebih buruk.

Banyak saham jangka pendek memiliki tingkat volatilitas yang tinggi, yang mengarah ke hadiah yang lebih tinggi, tetapi juga risiko yang jauh lebih tinggi. Tidak semua orang adalah pejantan tangguh, yang rela berkorban mati-matian tapi tetap rugi banyak sekaligus. Tetap di sisi yang aman, dan gunakanlah saham untuk investasi jangka panjang.

Ini Akan Membuat Kamu Terhindar dari Terlalu Banyak Stres

Ini kurang berisiko daripada investasi jangka pendek dan kurang merusak kesehatan kamu. Jika kamu berencana untuk menahan investasi kamu untuk jangka waktu yang lama, maka fluktuasi yang cepat dan tidak terduga tidak terlalu mempengaruhi kamu.

Namun, investasi jangka pendek menyebabkan trader terus-menerus memeriksa dan khawatir tentang potensi volatilitas saham mereka. Ada banyak penyakit yang disebabkan oleh stres dan investasi jangka pendek dapat menjadi salah satu kegiatan yang paling memicu stres yang bisa kamu temukan. Tidak mengherankan bahwa kebiasaan investor yang sukses dan bahagia termasuk manfaat dari investasi jangka panjang.

Komisi Jauh Lebih Rendah

Jika kamu bekerja dengan broker, alih-alih menggunakan aplikasi, mereka mengenakan biaya komisi untuk keamanan/saham yang kamu beli. Trading harian harus berurusan dengan mereka yang jauh lebih sering daripada investor jangka panjang. 

Coba pikirkan, kamu tidak akan membeli terlalu banyak saham jika kamu membeli untuk manfaat dan hadiah di masa depan. Jadi komisi yang diperlukan oleh pialang saham tempat kamu bekerja akan dikenakan biaya dan mengganggu kamu jauh lebih sedikit.

Sejarah Ada di Pihak Kamu

Secara historis, investor jangka panjang memiliki tingkat keberhasilan yang jauh lebih tinggi daripada investor jangka pendek. Ini terkait dengan semua manfaat lain dari investasi jangka panjang, karena membuktikan bahwa itu benar-benar berfungsi dan itu adalah alternatif yang lebih baik. Itu hanya akal sehat dan pikiran rasional.

Lebih banyak investor mengalami crash dan burn saat mencoba “mengalahkan sistem” dan menerapkan skema cepat kaya daripada mereka yang dengan sabar dan mata tajam. Seperti yang disebutkan sebelumnya, investor jangka pendek berurusan dengan model volatilitas yang lebih tinggi dan risiko yang lebih tinggi.

Membantu Mendiversifikasi Portofolio Kamu

Memiliki beberapa saham yang beragam dalam portofolio kamu untuk jangka panjang akan memastikan itu tetap menguntungkan dan positif. Nasihat tertua di dunia investasi, selain beli rendah dan jual tinggi, adalah untuk memastikan kamu memiliki portofolio yang beragam.

Memiliki kaki di perusahaan dan industri yang sangat berbeda memberi kamu asuransi bahwa jika salah satu sekuritas kamu gagal karena jeda atau hantaman industri, kamu dan uang kamu akan tetap dilindungi. Saham dan surat berharga jangka panjang akan memastikan portofolio kamu tetap beragam dan uang kamu terlindungi.

Dividen Akan Terus Bertambah Banyak

Jika kamu mencari saham jangka panjang yang akan dibeli dan dipegang, periksa untuk melihat mana yang memberikan dividen tertinggi. Dividen biasanya pembayaran tunai yang diberikan kepada investor setiap kuartal oleh perusahaan. Hal ini membuat para pemegang saham senang sementara pada saat yang sama memberi insentif kepada investor lain untuk memberikan uang dan menuai hasilnya.

Salah satu manfaat investasi jangka panjang yang lebih menguntungkan adalah pasokan pembayaran dividen yang berkelanjutan. Jika kamu melakukan penelitian dan menemukan saham yang membayar dividen terbaik dan memutuskan berinvestasi jangka panjang, kamu akan dibanjiri keuntungan.

Investasi Baru Menjadi Teman Kamu

Setelah dividen terus menumpuk, kamu dapat melakukan apa pun yang kamu inginkan dengannya. Banyak yang merekomendasikan investasi mereka kembali ke saham yang menghasilkannya. Menginvestasikan kembali ke dalam saham yang menciptakan dividen dapat memiliki manfaat serius dalam jangka panjang. 

Ini akan meningkatkan investasi kamu (jelas) seiring waktu, dan menciptakan posisi yang jauh lebih kuat untuk kamu. Itu mengarah ke jumlah yang jauh lebih besar setiap kali kamu memutuskan untuk menjual.

Menyelamatkan Kamu dari Keputusan Terburu-buru

Setiap orang dapat menyebutkan saat di mana mereka membuat keputusan yang terburu-buru dan kemudian menyesalinya. Salah satu manfaat investasi jangka panjang adalah menyelamatkan kamu, dari diri sendiri.

Karena kamu sudah berkomitmen pada strategi investasi jangka panjang, kamu akan menghindari membuat keputusan yang cepat dan akhirnya berbuah kesalahan. 

Itulah keuntungan investasi saham jangka panjang. Dengan mengetahuinya, mana yang lebih kamu pilih? Jangka panjang atau jangka pendek?


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Artikel Terkait