Rumah Tangga Masa Kini

Jenis Batik yang Buat Bangga Jadi Orang Indonesia

Bangga dan Trendi Pakai Batik di Hari Batik Nasional

Hari batik nasional adalah perayaan nasional memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO. Hari batik nasional diperingati setiap 2 Oktober. Keindahan seni batik memang sudah tak diragukan lagi dan diakui dunia. Jadi, kita sebagai orang Indonesia harus bangga mengenakan batik. Namun, tahukah kamu jenis batik yang ada di Indonesia? Batik di Indonesia sangat beragam, tak hanya dari pulau Jawa, lho. Apa saja?

Batik Megamendung

Sumber gambar: 1stdibs.com

Batik ini merupakan motif yang berasal dari Cirebon, dan motif utamanya berbentuk awan-awan dengan warna mencolok. Warna yang umum digunakan adalah biru, merah tua, ungu, dan hijau tua.

Batik Sido Asih

Sumber gambar: batiksidoasih.blogspot.com

Batik Sido Asih memiliki makna kasih sayang dalam berumah tangga. Karena itulah, batik dengan motif ini kerap dipakai oleh pengantin perempuan dalam acara pernikahan. 

Batik Tujuh Rupa

Sumber gambar: kamerabudaya.com
Sumber gambar: kamerabudaya.com

Motif batik khas Pekalongan ini pada umumnya menampilkan motif tumbuh-tumbuhan, hewan, dan nuansa alam lainnya. Batik ini juga terpengaruh akulturasi budaya karena dahulu kota Pekalongan adalah tempat singgah para pedagang dari berbagai negara.

Batik Keraton

Sumber gambar: carakus.com

Motif batik keraton ini berasal dari Yogyakarta dan didominasi warna cokelat, putih, dan hitam. Karakter yang ditampilkan meliputi manusia dan hewan yang juga memuat nilai filosofis tinggi.

Batik Kawung

Motif batik kawung merupakan jenis batik tertua yang menggunakan pola utama berbentuk buah aren atau kawung. Dahulu, motif ini hanya digunakan oleh penghuni kerajaan saja, yakni raja dan permaisuri. Di tengah pola bentuk empat oval adalah motif yang menggambarkan sumber energi universal.

Batik Parang Rusak

Motif ini menggambarkan perang manusia melawan kejahatan dan mengendalikan diri dari semua hal buruk. Dengan demikian, manusia menjadi bijaksana dan mulia. Motif ini juga salah satu motif yang paling sering kita temui.

Batik Gentongan

Sumber gambar: carakus.com

Motif batik khas Madura ini menyimpan nilai karakter jiwa sosial sesama manusia maupun dengan alam. Semuanya tergambar dengan sentuhan warna kuning, merah, hijau, hingga ungu dengan karakter tanaman dan hewan.

Batik Sogan

Sumber gambar: kamerabudaya.com

Motif batik yang dahulu digunakan di Keraton Solo ini didominasi warna cokelat muda. Motif yang digunakan adalah bunga-bungaan dengan aksen titik-titik atau garis lengkung.

Masih banyak lagi motif-motif batik dari seluruh Indonesia yang bisa kamu gunakan di hari batik nasional. Jangan ragu pakai batik. Apalagi sekarang batik hadir dalam aneka rupa bentuk. Tak hanya pakaian trendi tetapi juga aksesoris seperti topi, tas, dan jilbab. Tunjukkan bahwa kita bangsa Indonesia bangga punya batik.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait