Investasi, Investor Pemula

Jangan Ragu, Inilah Manfaat Investasi yang Bisa Didapatkan

manfaat investasi

Apa sih manfaat investasi? Untuk menjawab pertanyaan itu, simak ulasan dari redaksi Ajaib perihal manfaat investasi yang bisa kamu dapatkan berikut ini.

Investasi saat ini terdiri dari berbagai macam. Yang paling umum adalah reksa dana, investasi saham, dan investasi emas. Masing-masing dari investasi tersebut bisa dilakukan oleh siapa saja dan punya cara tersendiri untuk mendatangkan keuntungan padamu.

Investasi di Indonesia saat ini masih berkembang. Namun, karena teknologi yang semakin maju sekarang investasi mulai diminati oleh banyak orang. Terlebih pemerintah Indonesia juga sudah menggalakkan program investasi pada masyarakat. Dari tahun ke tahun rakyat Indonesia banyak yang sudah melek investasi.

Lalu bagaimana dengan kamu? Apakah kamu juga berminat terjun di dunia investasi apa belum? Jika kamu masih ragu mungkin ada rasa takut yang masih bersarang di hatimu. Dilihat dari apa yang pernah terjadi, ini adalah alasan-alasan mengapa banyak orang masih ragu untuk berinvestasi.

Menyangka yang Bisa Berinvestasi Hanyalah Orang Kaya

Pernyataan ini tidak benar karena lebih tepatnya orang yang memiliki modal yang bisa melakukan investasi. Dan memiliki modal untuk berinvestasi tidak harus menunggu kaya dulu. Sekarang dengan modal berapa saja dengan biaya yang cukup murah, kamu bisa melakukan investasi.

Ketika kamu memiliki uang berlebih, daripada dihambur-hamburkan kamu bisa menggunakannya untuk investasi. Investasi bisa membuat uangmu bertambah secara signifikan dalam kurun waktu beberapa tahun. Banyak orang besar dulunya melakukan investasi terlebih dahulu sampai bisa mendapatkan apa yang ia mau.

Takut Rugi Besar

Mengalami kerugian adalah sebuah risiko yang biasanya menghantui para investor pemula. Padahal sebenarnya tidak perlu takut untuk mencoba karena risiko besar itu tentunya akan mendapatkan keuntungan besar pula juga. Ketika kamu memutuskan untuk melakukan investasi, kamu bisa selangkah maju untuk membentuk masa depanmu jadi lebih baik.

Tidak Mengerti Soal Investasi

Mereka yang enggan melakukan investasi biasanya karena kurang pengetahuan soal investasi. Padahal investasi ini bisa dipelajari di seminar dan workshop yang sering diadakan oleh ahli investasi atau oleh para investor senior.

Mereka ini adalah orang yang sudah melalang buana di dunia investasi selama bertahun-tahun dan bersedia membagi ilmu investasinya pada pemula. Mereka juga akan bersedia menjadi mentor yang baik untuk para investor pemula.

Investasi Tidak Aman

Investasi sebenarnya sangat aman, terutama jika kamu memilih broker yang terpercaya untuk bekerja sama denganmu. Karena itu pastikan kamu memilih broker yang bisa membantumu meraih keuntungan yang diinginkan. Sebelum memilih broker, tidak ada salahnya kamu melakukan riset terlebih dahulu. Meneliti apakah perusahaan broker yang kamu pilih itu baik atau tidak, dan yang terpenting adalah dapat dipercaya.

Sekarang jangan takut untuk memulai sesuatu yang bisa membuat jalan baru untukmu. Investasi mungkin akan sulit, tapi sangat bisa untuk dipelajari. Lalu, investasi itu mudah untuk dilakukan dengan jumlah modal berapa saja.

Untuk memulai tidak masalah dengan uang yang tidak seberapa, tapi nanti akan menjadi bukit. Sudah banyak seminar juga tentang investasi yang bisa diikuti oleh pemula. Investasi ini bisa dipelajari, apalagi olehmu yang sangat ingin bisa mengerti tentang dunia investasi.

Mengapa investasi itu baik untuk dilakukan? Karena ini adalah manfaat investasi yang bisa kamu dapatkan:

Manfaat Investasi untuk Masa Depan

Investasi bisa dibilang hampir sama dengan menabung untuk masa depan. Bedanya adalah dengan melakukan investasi, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang berkali lipat. Jika menabung, kamu bisa mendapatkan keuntungan, tapi keuntungannya tidak sebesar investasi.

Kamu bisa menyimpan investasimu hingga jumlahnya menjadi besar. Semakin lama kamu berinvestasi, maka keuntungan yang bisa kamu dapatkan pun semakin besar. Jadi jangan ragu melakukan investasi sejak dini. Hasilnya bisa kamu ambil di masa depan.

Investasi Sebagai Modal Usaha

Keuntungan dari investasi yang kamu dapatkan, bisa digunakan sebagai modal usaha untuk mengembangkan bisnismu. Atau jika kamu ingin berbisnis di masa pensiun, investasi akan membantumu untuk meraihnya. Investasi memungkinkan kamu untuk melakukan bisnis yang cukup besar, tanpa harus meminjam uang ke bank atau bahkan lembaga peminjam uang lainnya.

Investasi Saham Membuatmu Dianggap Sebagai Pemilik Perusahaan

Jika kamu tidak mendirikan perusahaannya secara langsung, tapi membantu untuk menyediakan modal, kamu pun dianggap sebagai pemilik perusahaan. Setiap ada hal penting yang terjadi di perusahaan, maka kamu akan diundang ke dalam rapat umum pemegang saham. Di sini suaramu akan sangat berguna bagi masa depan perusahaan.

Mendapatkan Dividen

Ketika perusahaan yang kamu beli sahamnya mendapatkan keuntungan, maka siap-siap saja karena perusahaan tersebut akan membagikan dividen untukmu. Jika perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan di semua quartal, maka kemungkinan besar perusahaan itu akan membagikan keuntungan per kuartal. Di sinilah hasil yang kamu tanam bisa dipetik secara langsung.

Modal Kecil Keuntungan Besar

Inilah yang dimaksud investasi saham bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat-lipat. Keuntungan tersebut tentunya didapat tidak secara langsung, melainkan kesabaran menunggu selama bertahun-tahun.

Maka dari itu ada yang menyatakan bahwa semakin lama kamu melakukan investasi, akan semakin besar pula keuntungan yang kamu dapatkan. Melakukan investasi saham juga memerlukan strategi agar menghasilkan, di sini kamu bisa mempelajarinya dengan terjun langsung di pasar modal.

Mewujudkan Cita-cita

Melakukan investasi sedini mungkin, akan membuatmu bisa mewujudkan cita-cita yang diinginkan. Misalnya saja ingin membeli rumah impian, maka kamu bisa mewujudkannya dengan melakukan investasi.

Bacaan menarik lainnya:

Giles et. al. (2003). Managing Collective Investment Funds. England : John Wiley & Sons Ltd


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Artikel Terkait