Dunia Kerja

Kemampuan Interpersonal Skill Adalah Hal Penting, Ini Penjelasannya

interpersonal-skill-adalah

Di tengah sengitnya persaingan di dunia kerja, setiap karyawan harus mempersenjatai diri dengan kemampuan interpersonal skill yang baik. Interpersonal skill adalah satu di antara kemampuan softskill yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini.

Tentu bukan tanpa alasan mengapa perusahaan menuntut setiap karyawannya untuk memiliki kemampuan interpersonal skill yang baik. Lantaran, kemampuan satu ini sangat membantu sekali ketika kamu bekerja secara tim.

Bukan hanya kemampuan komunikasi yang baik saja, tetapi setiap karyawan juga perlu punya kemampuan dalam menempatkan diri di tengah-tengah tim. Selain itu, pemilihan kata-kata yang tepat dan efektif saat berkomunikasi juga bisa membantu kamu agar informasi yang disampaikan bisa lebih mudah dimengerti oleh rekan kerja.

Pengertian Interpersonal Skill

Menurut Spitzberg dan Suchy, pengertian interpersonal skill adalah kemampuan seseorang untuk membangun dan menjaga hubungan yang baik.

Dari pengertian menurut ahli di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa interpersonal skill adalah hal yang penting untuk dikuasai oleh semua orang untuk bisa menjalin komunikasi secara efektif dengan orang lain.

Karena komunikasi interpersonal adalah sebuah proses pertukaran informasi yang melibatkan ide dan perasaan antara dua orang atau lebih dengan cara komunikasi verbal dan nonverbal.

Kemampuan interpersonal skill ini bisa mencakup pertukaran informasi melalui tatap muka, ekspresi wajah, intonasi suara, gerak tubuh, hingga bahasa tubuh.

Manfaat Interpersonal Skill

Kemampuan interpersonal skill seseorang bisa diukur dari seberapa efektifkah penyampaian informasi kepada orang lain. Berikut adalah manfaat interpersonal skill bagi karyawan di dunia kerja.

1. Mendapatkan Penilaian Positif dari HRD

Dengan mempelajari dan mengembangkan kemampuan interpersonal skill. Setiap karyawan bisa mendapatkan respon positif dari HRD di saat proses interview.

Selain menilai kemampuan hardskill pelamar, HRD juga akan menilai kemampuan softskill pelamar. Cara kamu berkomunikasi, posisi duduk, gerak tubuh, dan ekspresi wajah juga akan memengaruhi penilaian HRD.

Namun dengan kemampuan interpersonal skill yang sudah kamu pelajari, kamu bisa menunjukkan kepada HRD bahwa kamu adalah seseorang yang profesional dan bisa diandalkan.

2. Punya Peluang Kerja Lebih Baik

Di tengah sengitnya persaingan di dunia kerja, satu lowongan pekerjaan bisa dilamar oleh ribuan pelamar. Selain kamu punya CV dan kemampuan hardskill yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilamar.

Kemampuan interpersonal skill yang dimiliki juga bisa sangat bermanfaat untuk menjadikan kamu berbeda dengan orang lain. Dengan begitu, kamu punya peluang yang lebih baik diterima kerja dibanding kandidat lainnya.

Karena setiap karyawan saat ini dituntut untuk bisa cepat beradaptasi denga tim, di mana kemampuan interpersonal skill adalah kuncinya.

3. Berkesempatan Menjadi Pemimpin di Masa Depan

Menjadi seorang pemimpin yang akan mengatur tim dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Tentu bukanlah perkara yang mudah. Tetapi, hal ini bisa kamu latih mulai dari sekarang dengan mengembangkan kemampuan interpersonal skill.

Kemampuan softskill ini sangat berguna bagi calon pemimpin seperti kamu yang akan mengatur tim dengan latar belakang anggota tim yang berbeda. Karena komunikasi yang efektif adalah kunci keberhasilan dalam membentuk tim yang solid.

4. Punya Banyak Koneksi

Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik membuat kamu mudah bergaul dengan orang lain. Hal ini tentu saja bisa kamu manfaatkan untuk membangun karirmu di dunia kerja.

Dengan banyaknya teman yang kamu miliki, kamu bisa mencari peluang karir yang lebih baik jika di perusahaan saat ini kariermu tidak berkembang.

Contoh Interpersonal skill yang Penting Dimiliki di Dunia Kerja

Dalam komunikasi interpersonal, seseorang bisa berkomunikasi secara efektif melalui empat jenis komunikasi interpersonal berikut ini.

1. Verbal

Kamu bisa menjalin komunikasi yang efektif dengan rekan kerja secara verbal. Komunikasi verbal adalah jenis komunikasi yang langsung kamu ucapkan melalui tatap muka, aplikasi chatting, panggilan suara, dan sosial media.

Komunikasi verbal hanya menyampaikan informasi kepada orang lain melalui teks tertulis, bahasa isyarat, atau langsung berbicara.

Contoh Interpersonal skill Verbal

  • Kemampuan menulis email dan pesan singkat dengan menggunakan pemilihan kata yang tepat.

2. Nonverbal

Komunikasi nonverbal adalah jenis komunikasi yang menggunakan bahasa tubuh, gerak tubuh, kontak mata, dan ekspresi wajah.

Misalnya banyak orang yang akan memasang wajah cemburut ketika perasaan tidak senang atau sedang ada masalah. Namun ekspresi wajah cemburut ini hanya boleh dilihat oleh keluarga terdekat kamu saja, tetapi tidak untuk rekan kerja maupun klien perusahaan.

Jika kamu terlihat cemburut, klien dan rekan kerja kamu bisa beranggapan bahwa kamu tidak suka dengan mereka karena selalu menunjukkan ekspresi cemberut.

Contoh Interpersonal skill Non Verbal di Dunia Kerja

  • Kamu perlu punya bahasa tubuh dan gerak tubuh yang baik saat melakukan presentasi.
  • Kamu harus selalu menunjukkan eskpresi wajah tersenyum kepada semua orang di perusahaan, hal ini bisa membangun personal branding kamu sebagai orang yang semangat dan periang.

3. Mendengarkan

Jenis komunikasi interpersonal yang ketiga adalah mendengarkan. Pasti kamu bingung mengapa mendengarkan termasuk kemampuan interpersonal skill yang perlu dimiliki setiap karyawan.

Dalam hal ini, kamu perlu menjadi pendengar yang baik. Yang dimaksud dengan pendengar yang baik adalah kamu butuh effort lebih bukan hanya untuk mendengar saja. Tetapi, kamu juga perlu berkonsentrasi untuk mengerti apa yang lawan bicaramu katakan.

Biasanya, kemampuan ini diperlukan ketika kamu menjadi seorang customer service yang harus mendengarkan keluhan dan memberikan tanggapan yang baik dari keluhan pelanggan tersebut.

Kemampuan mendengar yang baik membuat kamu bisa memberikan solusi secara cepat dan tepat terkait permasalahan yang sedang dihadapi lawan bicara.

4. Komunikasi Tertulis

Kemampuan interpersonal skill satu ini juga tidak kalah penting dibanding jenis-jenis komunikasi yang sudah redaksi Ajaib sebutkan sebelumnya. Sebagai karyawan, kamu bukan hanya berkomunikasi secara tatap muka saja.

Di mana, kamu juga perlu berkomunikasi dengan rekan kerja melalui email dan juga aplikasi chatting. Penggunaan kata-kata yang tepat saat menulis pesan dapat memberikan kesan positif bagi penerima pesan tersebut.

Salah satu kesalahan yang biasanya dilakukan seseorang saat menulis pesan adalah penggunaan emoji yang tidak sesuai.

Dalam dunia kerja, pastikan bahwa setiap kata-kata yang ditulis dapat dipahami oleh penerima pesan agar terbentuk komunikasi yang efektif antara penerima dan pengirim pesan.

Demikianlah apa itu interpersonal skill beserta manfaat dan contohnya dalam dunia kerja. Di dunia kerja, interpersonal skill adalah kemampuan yang perlu dikembangkan oleh setiap karyawan agar bisa memudahkanmu untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Salah satu bertanda bahwa kamu punya interpersonal skill yang baik adalah kamu bisa menggunakan bahasa-bahasa komunikasi yang tepat tanpa menyinggung orang lain.

Mulai Investasi di Ajaib Sekuritas Sekarang!

Masa depan kamu tentu akan menjadi lebih terjamin dan aman secara finansial bila kamu berinvestasi bukan? Ajaib Sekuritas hadir untuk memberikan pengalaman investasi yang lebih aman dan tepercaya. Mulai perjalanan investasimu bersama Ajaib Sekuritas sekarang, karena proses pendaftarannya yang mudah dan 100% online, tanpa memerlukan modal yang besar.

Berbagai layanan dan indeks saham juga tersedia dalam rangka mendukung investasimu agar semakin maksimal! Mulai dari saham, reksa dana, margin trading, day trading, dan layanan bagi nasabah premium, Ajaib Prime, bisa kamu temukan di aplikasi Ajaib Sekuritas.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib Sekuritas sekarang!

Artikel Terkait