Rumah Tangga Masa Kini

Inspirasi adalah Hal yang Perlu Didapat Dalam Kelas Kreatif

Inspirasi adalah Hal yang Mudah Didapat di Dalam Kelas Kreatif

Ajaib.co.id – Banyak yang berkata, inspirasi adalah sesuatu yang tidak mudah diperoleh. Secara umum, inspirasi merupakan proses yang mendorong atau merangsang pikiran untuk melakukan tindakan untuk melakukan sesuatu yang kreatif. Inspirasi juga suatu proses dimana mental dirangsang untuk melakukan tindakan setelah melihat atau mempelajari sesuatu yang ada di sekitar.

Inspirasi berbeda dengan motivasi. Di mana, motivasi merupakan proses yang mendorong atau mempengaruhi seseorang untuk mendapatkan atau mencapai apa yang diinginkannya. Sedangkan inspirasi merupakan ide unik dan ide kreatif yang muncul dari dalam diri setelah ada rangsangan dari luar. Namun inspirasi dapat menjadikan sebuah motivasi bagi seseorang untuk mencapai tujuannya.

Untuk mendapatkan inspirasi, seolah kita harus duduk merenung, berpikir keras, bahkan harus berjalan-jalan dahulu. Padahal, sering kali inspirasi bisa datang dari hal-hal terdekat di sekitar kita.

Selain itu, banyak orang percaya bahwa untuk menciptakan inspirasi mereka perlu ide unik yang belum pernah dipikirkan sebelumnya. Namun, tidak ada satupun cara untuk mengatur atau membuat orang terinspirasi.

Hal ini disebabkan kemampuan atau kepekaan masing-masing orang berbeda terhadap stimulus yang dapat menciptakan inspirasi. Misalnya, setelah orang membaca buku, maka seseorang akan terinspirasi membuat cerita yang bisa diturunkan menjadi novel, komik, bahkan film.

Begitu juga untuk inspirasi kelas kreatif. Sebenarnya tak perlu muluk-muluk mengisi kelas dengan furnitur mewah. Cukup tata ulang dan beri sedikit hiasan sederhana, pasti ruang kelas terasa berbeda. Pastinya lagi, belajar jadi lebih betah di ruang kelas. Yuk, intip ruang-ruang kelas yang dirancang secara kreatif dan menarik dan bisa menjadi motivasi untuk belajar berikut ini:

Kursi warna-warni dan hias dinding

Sumber gambar: moondoggiesmusic.com

Kunci utama dekorasi ruang kelas agar tampak berbeda adalah permainan warna. Pilih kursi berwarna-warni, begitu juga loker. Lalu hias dinding dengan potongan kertas warna berbentuk objek atau huruf yang membentuk kalimat. Siswa bisa turut serta membuat hiasan dinding seperti ini.

Dekorasi lantai sekaligus sarana belajar

Sumber gambar: calonarsitek.com

Lantai juga dapat dihias tanpa harus bongkar-pasang ubin. Cukup dengan menambahkan pola gambar, termasuk yang sekaligus dapat digunakan untuk belajar. Misalnya, menggambar pola busur derajat pada lantai yang dilalui daun pintu.

Kupu-kupu di ruang kelas

Sumber gambar: calonarsitek.com

Ajak siswa untuk membuat kupu-kupu dari kertas warna-warni dalam jumlah banyak. Lalu, tempelkan kupu-kupu tersebut membentuk barisan acak di dinding. Ruang kelas serasa taman bunga dengan hadirnya kupu-kupu warna-warni.

Hiasan gantung

Sumber gambar: dekoruma.com

Jangan biarkan langit-langit kelas hanya diisi lampu atau kipas angin. Tambahkan hiasan gantung seperti lampion warna-warni atau kerajinan dari kertas yang diberi tali.

Jadwal piket unik

Sumber gambar: temonggo.com

Biar para siswa tidak malas piket membersihkan dan menata kelas, buat jadwal piket yang unik dan menarik. Hal ini bisa mendorong dan memengaruhi seseorang untuk menjadi rajin dalam mengemban tugas piketnya. Misalnya dengan menuliskan nama siswa pada stik es krim. Lalu, masukkan stik pada kantong kertas yang menempel di papan sesuai jadwal hari piket.

Hiasan pelangi di dinding

Sumber gambar: temonggo.com

Daripada harus menanti hujan reda demi melihat pelangi yang belum tentu muncul, buat saja sendiri. Buat hiasan pelangi dengan kertas warna-warni yang dibentuk gelang lalu dirangkai. Bisa lihat pelangi setiap hari, deh. Ini juga bisa dilakukan untuk memicu dan memotivasi siswa dalam masalah pembelajaran.

Hiasan burung beterbangan

Sumber gambar: thegorbalsla.com

Buat ruangan kelas yang dipenuhi burung beterbangan warna-warni dari kerajinan origami. Buat origami kertas warna-warni berbentuk burung, kemudian ronce pada tali. Gantungkan di langit-langit ruang kelas.

Kalau kelasnya warna-warni dan penuh hiasan seperti di atas, pasti suasana dan kegiatan sehari-hari dalam kelas jadi seru, ya. Siswa pun jadi rajin di kelas dan malas bolos. Yuk, hias ruang kelasmu sekarang!

Artikel Terkait