Investor Pemula

Inilah Keterampilan yang Harus Dimiliki oleh Investor Hebat

Ingin menjadi investor sukses layaknya Warren Buffet dkk? Berikut keterampilan yang wajib dimiliki oleh kamu bila ingin menjadi investor hebat zaman now.

Ajaib.co.id – Selain pintar mencari peluang investasi sebanyak-banyaknya, seorang investor hebat juga harus memiliki keterampilan untuk mengelola investasinya untuk membangun tujuan finansial jangka panjang. Namun, di era digitalisasi seperti saat ini bila kamu berpikir tentang investasi, investasi itu bukan hanya dalam bentuk produk pasar modal dan produk simpanan di bank saja.

Melainkan, ada banyak kendaraan investasi yang ada di luar sana yang bisa membangun dinasti kekayaanmu dalam jangka panjang. Contohnya, kamu bisa menanamkan modal yang dimiliki ke properti, kepemilikan bisnis, waralaba, modal ventura, dan jaringan pemasaran lainnya.

Untuk menjadi seorang investor hebat layaknya Warren Buffet dkk, kamu perlu memiliki keterampilan dalam merencanakan proyeksi jangka panjang untuk keuanganmu kedepannya. Semakin tuanya usia, kamu akan menjadi lebih konservatif dalam memilih jenis instrumen investasi yang ditawarkan saat ini.

Tetapi, berbeda halnya bila kamu masih muda yang memiliki banyak waktu dalam merencanakan tentang investasimu di masa depan untuk mempersiapkan dana pensiunmu nanti. Sebab, masa pensiun terbaik adalah saat setiap individu memiliki tanggung jawabnya sendiri terhadap dirinya yakni dengan melakukan persiapan terkait keuangan pasca pensiun kerja nanti.

Setidaknya, sebagai generasi milenial kamu memerlukan dana pensiun untuk membiayai kehidupanmu selama 10-20 tahun kedepan setelah pensiun kerja. Hal inilah yang merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh investor hebat, di mana investasi sebenarnya bisa dimulai kapan pun dan di mana pun.

Namun, waktu terbaik untuk memulai investasi adalah ketika kamu mulai mandiri dalam menghasilkan penghasilan rutin setiap bulannya. Sebab, saat itu adalah momen di mana kamu bisa sedikit lebih agresif dalam mengincar keuntungan dari hasil investasimu untuk mempersiapkan dana pensiunmu untuk 20-30 tahun depan.

Untuk semakin memperkuat analisa keterampilan investasi kita, kamu bisa mengamankan masa depanmu secara finansial dengan memiliki beberapa jenis keterampilan berikut ini:

Keterampilan yang Perlu Dimiliki untuk Berinvestasi Secara Cerdas

Keterampilan Menunda Kepuasaan Pribadi

Menunda memang bukanlah suatu hal yang dianjurkan. Tetapi, bila kita membicarakan tentang investasi, menunda adalah salah satu keterampilan yang perlu dimiliki oleh investor. Mengapa?

Mungkin terkadang kamu merasa iri hati dengan orang lain yang bisa menghasilkan keuntungan investasi secara cepat. Namun, bila diestimasikan pasti mereka lebih banyak mengalami kegagalan dan kerugian dibanding mendapatkan keuntungan.

Oleh karenanya, kamu jangan pernah terbuai dengan hal tersebut. Melainkan, cobalah untuk tetap bersabar dalam menunggu pertumbuhan dari hasil investasimu untuk mendapatkan return yang lebih besar dibanding investasi jangka pendek yang kamu lakukan.

Sebab, bila kamu mengharapkan profit harian dari hasil investasimu sama saja kamu sebenarnya sedang berjudi, bukannya berinvestasi.

Keputusan Investasi Mutlak Ada di Tangan Kamu

Sebagai investor, kamu harus memiliki kepercayaan terhadap diri sendiri. Kamu bisa bermain perasaan saat terjun dalam dunia investasi.

Jangan pernah tertipu dengan berita hoax yang beredar di internet dan lain sebagainya tentang investasi. Kamu bisa berguru langsung kepada mentor yang memang sudah kamu percayai sebagai pemberi arahan dalam membantu mengambil keputusan investasimu. Namun itu adalah sekedar arahan saja, dan pengambilan keputusan investasi sebenarnya pada dirimu. Sehingga, kamu perlu memikirkan tentang investasi tersebut apakah masih dirasa rasional atau tidak.

Walaupun terkadang keputusan investasi perlu dilakukan secara cepat, namun bila kamu mendengarkan kata hatimu, kamu tidak akan ragu atau setengah-tengah dalam mengambil keputusan, dan tidak panik bila sewaktu-waktu investasimu tersebut mengalami kenaikan maupun penurunan secara drastis. Oleh karenanya, siapkan mental dan psikis untuk menghadapi skenario terburuk dari keputusan investasi yang kamu pilih.

Kesuksesan Tidak Dipandang dengan Uang

Anggapan ini seringkali kita dengarkan dan diutarakan oleh para investor hebat di luar sana, seperti Bill Gates, Warren Buffet, dll. Cara pandang ini adalah sebuah keterampilan yang bisa kamu tanamkan dalam dirimu saat berinvestasi.

Sebab, indikator keberhasilan dalam kesuksesan setiap individu berbeda-beda, tergantung bagaimana cara kamu untuk memaknai arti kesuksesan tersebut. Oleh karena itu, untuk menjadi seorang investor hebat, kamu harus membuat uang yang bekerja untuk dirimu dan bukan sebaliknya. Dengan cara memiliki aset yang sesuai alokasi dana yang dimiliki saat ini.

Contohnya, saat ini kamu memiliki properti yang menganggur, kenapa tidak kamu sewakan saja properti tersebut dengan mendapatkan uang sewa dari penyewa properti tersebut.

Kemudian, bila kamu memiliki dana menganggur, kamu bisa berinvestasi di Surat Utang Berharga (SBN), lalu keuntungan yang kamu dapatkan dari bunga SBN bisa diinvestasikan kembali seperti pada produk deposito dan reksa dana.

Untuk investasi reksa dana, kamu bisa berinvestasi sesuai dengan tujuan finansialmu terkait kapan dana reksa dana ingin digunakan. Bila dalam kurun waktu 1 tahun, kamu bisa berinvestasi di reksa dana pasar uang dan reksa pendapatan tetap, sedangkan bila tujuan uang yang ingin digunakan lebih dari 3 tahun, kamu bisa memilih reksa dana saham. Semua jenis reksa dana tersebut bisa kamu temukan dan dibeli secara online lewat reksa dana Ajaib dengan membebaskan biaya transaksi, dan juga menawarkan biaya terjangkau bagi setiap kalangan.

Memiliki Keterampilan Disiplin Diri

Keterampilan yang wajib dimiliki oleh investor yang terakhir adalah membiasakan diri dengan hidup disiplin. Investor hebat terus melatih dirinya untuk hidup disiplin setiap harinya, dan secara konsisten fokus terhadap apa yang menjadi tujuan mereka baik itu harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.

Bahkan, investor hebat tidak akan takut dengan tugas besar sekalipun, mereka malah akan mengerjakan tugas yang besar terlebih dahulu di pagi hari dan baru beralih ke tugas-tugas selanjutnya. Hal ini sudah diterapkan dalam kehidupan mereka bahwa sebesar apapun rintangannya, badai pasti akan berlalu.

Demikianlah keterampilan-keterampilan yang perlu kamu miliki bila ingin menjadi seorang investor hebat, bila keterampilan di atas telah kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, kamu akan bisa mengamankan masa depanmu secara finansial untuk membiayai hidup dan keluargamu pasca pensiun kerja.

Sudah siap berinvestasi? Kamu bisa memulai investasi pertamamu di Ajaib, bisa saham atau reksa dana. Kenapa? Pengelolaan investasi di Ajaib dijalankan secara profesional dan aman, cocok untuk anak muda.

Artikel Terkait