Perencanaan Keuangan

Inilah Besaran Biaya SMA yang Perlu Dipersiapkan oleh Orang Tua

Ajaib.co.id – Besaran biaya pendidikan di Indonesia memang cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya, tak terkecuali biaya SMA. Banyak biaya yang perlu kamu keluarkan selama menempuh pendidikan di jenjang SMA, belum lagi peningkatan dari biaya masuk, biaya sumbangan pembinaan pendidikan (SPP), biaya buku dan biaya untuk pakaian yang akan kamu gunakan nantinya saat bersekolah.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studimu hingga ke perguruan tinggi, jenjang pendidikan SMA adalah fase akhir untuk mewujudkan mimpimu tersebut, setidaknya kamu butuh waktu sekitar 3 tahun lamanya untuk menyelesaikan studimu di jenjang pendidikan SMA. Tentu saja, pasti kamu ingin bersekolah di sekolah SMA favorit, sebab saat ini kamu diberikan kebebasan untuk memilih ingin melanjutkan jenjang pendidikan SMA-mu di sekolah swasta ataupun negeri.

Namun tak jarang juga, ada banyak siswa yang lebih memilih untuk bersekolah di sekolah-sekolah bertaraf internasional, yang dapat memberikan fasilitas pendidikan yang lebih baik. Semua rencana dan pilihan yang kamu pilih untuk bersekolah di sekolah SMA mana, itu semua merupakan pilihan yang benar-benar perlu kamu pertimbangkan. Mengapa? Sebab, salah satu alasannya adalah besaran biaya pendidikan SMA saat ini dinilai cukup besar.

Namun terkait biaya-biaya SMA yang perlu kamu persiapkan tersebut, khususnya bagi para orang tua bisa dikalkulasikan dan diestimasikan terlebih dahulu sesuai dengan kemampuan finansial. Berikut besaran biaya SMA yang perlu orang tua ketahui sebelum memilih sekolah mana yang ingin dipilih.

Biaya Apa Saja yang Dibebankan Saat Masuk SMA?

Bagi para orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di jenjang pendidikan SMA, ada beberapa biaya masuk yang perlu diketahui. Contohnya jika para orang tua ingin menyekolahkan anaknya di sekolah negeri, pasti biaya pendidikan di sekolah negeri lebih murah dibanding sekolah swasta.

Biaya masuk SMA saat ini mencapai Rp3.000.000 – Rp10.000.000, sedangkan iuran bulanannya mencapai Rp150.000 – Rp500.000. Kisaran biaya-biaya ini tentunya akan berbeda-beda, tergantung jenis sekolah yang kamu pilih. Untuk para orang tua yang masih bingung besaran biaya masuk yang perlu dipersiapkan, para orang tua bisa melihat perencanaan keuangannya sebagai berikut.

Skema perhitungan biaya SMA:

· Masa studi SMA memakan waktu hingga 3 tahun kedepan, jika uang pembangunan sebesar Rp12.000.000, dan iuran bulanan sebesar Rp500.000, berarti para orang tua harus menyiapkan dana uang sebesar (Rp12.000.000+ (Rp500.000 x 12 bulan)) = Rp18.000.000. Besaran biaya di atas untuk satu tahun pertama, bagaimana untuk tahun kedua dan ketiga yang umumnya akan mengalami kenaikan biaya untuk iuran bulanan, jika inflasi 5%?

· Biaya pendidikan SMA untuk tahun kedua = Rp6.000.000 + (Rp6.000.000 x 5%) = Rp6.300.000.

· Besaran biaya pendidikan SMA di tahun ketiga = Rp6.300.000 + (Rp6.300.000 x 5%) =Rp6.615.000. 

Jadi, total dana biaya pendidikan SMA yang perlu para orang tua siapkan untuk menyekolahkan anaknya selama 3 tahun adalah Rp6.615.000 + Rp6.300.000 + Rp18.000.000 = Rp30.915.000.

Perbedaan Sekolah SMA Swasta dan Negeri

1. Biaya Sekolah

Sekolah SMA swasta dan negeri memiliki perbedaan dari segi biaya pendidikan, di mana umumnya biaya pendidikan di sekolah swasta lebih mahal dibanding sekolah negeri. Hal ini bisa disebabkan adanya bantuan dana dari pemerintah untuk sekolah negeri, sehingga para orang tua tidak perlu harus membayarkan biaya SPP secara penuh karena sudah disubsidi oleh pemerintah.

Sedangkan bagi para orang tua yang menyekolahkan anaknya di sekolah swasta, bantuan dari pemerintah tersebut tidak lagi didapatkan. Oleh karenanya, bagi orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di bangku SMA dengan biaya pendidikan yang terjangkau bisa memilih sekolah negeri.

2. Fasilitas

Selain itu, perbedaan antara sekolah SMA swasta dan negeri juga bisa kamu lihat dari segi fasilitas yang ada di sekolah tersebut. Umumnya sekolah swasta memiliki fasilitas yang lebih memadai dibanding sekolah negeri untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar di kelas seperti adanya AC, ruang komputer, laboratorium bahasa, dan sebagainya.

Hal ini pula yang membuat biaya pendidikan di SMA swasta lebih mahal dibanding SMA negeri.

3. Banyaknya Siswa

Sekolah negeri memiliki jumlah siswa di setiap kelasnya bisa mencapai 40 siswa, sedangkan sekolah swasta paling banyak hanya setengahnya saja yakni 20-30 siswa. Bahkan jika total jumlah siswa di sekolah negeri jauh lebih banyak dibanding sekolah swasta, hal ini bisa dilihat dari adanya kelas pagi dan siang.

4. Sikap Murid

Belajar dalam kelas yang berisikan jumlah siswa yang tidak banyak, hal ini bisa membuat para siswa lebih kondusif dalam mengikuti setiap mata pelajaran yang diberikan oleh guru. Di lain sisi, guru pun juga semakin mudah dalam menyampaikan materinya kepada murid-murid dan bisa memerhatikan satu per satu dari setiap anak didiknya saat belajar di kelas.

Itulah perbedaan antara sekolah swasta dan negeri yang perlu diketahui oleh para orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya baik itu di SMA swasta ataupun negeri.

Demikianlah informasi yang bisa Ajaib berikan kepada para orang tua yang seringkali dipusingkan dengan besaran biaya pendidikan SMA yang perlu dikeluarkan untuk anak-anaknya. Salah satu cara untuk mendapatkan sekolah SMA terbaik yakni dengan cara riset terlebih dahulu, atau mengetahui berapa besaran biaya pendidikan di SMA tersebut.

Setelahnya orang tua bisa melakukan estimasi biaya, apakah biaya pendidikan di sekolah tersebut sudah cocok dengan kemampuan finansial atau tidak. Para orang tua bisa membuat skema perhitungan yang sudah Ajaib jelaskan pada poin-poin di atas untuk mendapat gambaran terkait estimasi biaya SMA yang perlu dikeluarkan nantinya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait