Bisnis & Kerja Sampingan

Ingin Ternak Ikan Cupang? Kenali Untung Ruginya!

Ternak ikan cupang
Ternak ikan cupang

Ajaib.co.id – Ternak ikan cupang memang menggiurkan. Namun tentu saja ada keuntungan pasti ada kerugian atau tantangan yang menyertai. Jangan putus asa untuk budidaya ikan cupang. Sebab, selain menguntungkan dalam segi bisnis, pun memberikan efek bahagia ketika memeliharanya.

Ikan cupang merupakan ikan hias yang hampir digemari banyak orang, terutama anak-anak. Ternyata, ternak ikan cupang tidak sesulit yang dibayangkan, loh. Ditambah lagi, banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika budidaya ikan cupang.

Fakta lain, ternyata ikan cupang tak hanya dijadikan ikan hias saja, pun menjadi ikan petarung. Banyak orang yang membeli dan memelihara ikan cupang untuk dijadikan ikan petarung. Apabila ikan cupang hias dijadikan hiasan di akuarium, pun bisa diikutkan lomba.

Lomba ikan cupang hias sendiri dinilai dari keindahan badan dan ekor ikan cupang. Kamu tahu, bahwa ikan cupang memiliki bentuk ekor yang unik, serta sisik dengan warna menawan. Ikan cupang hias biasanya berjenis serit, bulan separuh, laga, cagak, dan lain sebagainya.

Setiap usaha pasti memiliki keuntungan dan kerugian dalam segi apapun. Untuk itu, sebagai pebisnis pemula sangat perlu dalam mencari informasi mengenai keuntungan dan kerugian dalam berbisnis. Dalam kasus saat ini yakni beternak ikan cupang.

Nah, sebelum terjun ke budidaya ikan cupang, ketahui terlebih dahulu keuntungan dan kerugian ternak ikan cupang di bawah ini.

Keuntungan Budidaya Ikan Cupang

Setiap orang ketika ingin memulai bisnis pasti memikirkan keuntungan yang didapatkan. Terkadang, bagi beberapa orang mulai ragu. Apakah bisnis ini akan benar-benar menguntungkan atau tidak? Untuk itu, yuk, bandingkan keuntungan dan kerugian yang akan didapatkan. Berikut ini Keuntungan ternak ikan cupang.

1.      Pasar Luas

Budidaya ikan cupang berbeda dengan ikan biasa, penggemar ikan cupang lebih luas daripada ikan pada umumnya seperti ikan untuk dikonsumsi. Sebab, ikan cupang memiliki pembeli dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Bahkan, penggemarnya tak hanya laki-laki, perempuan pun menyukai ikan cupang.

Tak salah apabila banyak orang menyukai dan ingin memelihara ikan cupang, sebab keindahannya. Ini menjadi keuntungan ternak ikan cupang karena dapat menjangkau pasar yang luas.

2.      Tahan Banting

Tak seperti ikan hias lainnya, ikan cupang tidak memerlukan banyak oksigen. Bahkan, tak perlu menggunakan aerator sehingga kamu bisa hemat biaya dan hemat listrik. Ikan cupang tidak mudah sakit dan mati seperti ikan hias lainnya.

Budidaya ikan cupang pun cukup unik, seperti ketika pemijahan. Pemijahan yakni proses pembuahan telur oleh sperma ikan jantan. Membutuhkan tiga tempat untuk ternak ikan cupang yakni satu untuk ikan cupang jantan, satu untuk ikan cupang betina dan satu untuk proses pemijahan.

3.      Keuntungan Tinggi

Bisnis ikan cupang sangat menguntungkan, lho. Banyak orang yang membeli ikan cupang sebagai hobi, sehingga mereka pasti akan mengoleksi berbagai jenis ikan cupang. Apalagi setiap ikan cupang memiliki karakteristik sendiri-sendiri, seperti bentuk ekor dan warnanya.

Satu ekor ikan cupang bisa dihargai sebesar Rp5.000. Kamu bisa membeli bibit ikan cupang seharga Rp500.000. Tentunya, dengan harga segitu sudah mendapatkan bibit ikan cupang banyak sekali, tinggal membudidayakannya sampai siap panen. Tak jarang ikan cupang dengan bentuk dan warna yang unik bernilai tinggi hingga mencapai Rp 70.000. per ekor. Bahkan beberapa jenis ikan cupang harganya mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Kamu bisa menjual ikan cupang secara ecer maupun borongan. Sudah pasti, harga jual ikan cupang ecer dan borongan berbeda. Tinggal riset harga pasar dan kamu bisa mengkalkulasi harga beli bibit, perawatan, serta harga jual.

4.      Tak Memerlukan Ruang Besar

Ikan cupang tidak memerlukan ruang yang besar untuk membudidayakannya atau memeliharanya. Berbeda dengan ikan lele yang membutuhkan kolam besar, ikan cupang bisa dibudidayakan di tempat atau wadah kecil.

Makanan untuk ikan cupang pun tak serumit ikan lainnya. Kamu bisa memberikan ikan cupang makanan berupa kutu air atau makanan yang memang diperuntukkan ikan cupang. Jadi, ternak ikan cupang bisa dibilang sangat mudah.

Kerugian Ternak Ikan Cupang

Tentu, setiap ada keuntungan pasti ada kerugian atau kekurangan yang menyertainya. Begitu pun dengan ternak ikan cupang. Berikut ini beberapa kerugian atau kelemahan dari budidaya ikan cupang.

1.       Musiman

Ikan cupang merupakan ikan hias, sehingga penghobi atau penyuka ikan cupang datangnya musiman. Apabila musim ikan cupang akan banyak pembeli yang datang, tetapi kalau musim ikan cupang telah usai sudah pasti pembeli akan berkurang.

Sebagai pebisnis harus mau riset bagaimana musim ikan cupang. Harus bisa mengukur kapan musim ikan cupang atau trend membeli ikan cupang dan kapan tidak. Sehingga, ketika budidaya dan waktu panen bertepatan dengan trend ikan cupang. Apabila tidak demikian, ditakutkan kamu akan merugi sebab pasar sedang turun.

2.      Tidak Untuk Dikonsumsi

Memang harga ikan cupang lebih tinggi daripada ikan pada umumnya seperti ikan untuk dikonsumsi. Akan tetapi, karena ikan cupang musiman dan sekadar ikan hias yang tidak dibutuhkan setiap saat, maka pasar pun akan turun. Berbeda dengan ikan untuk dikonsumsi, di mana orang-orang setiap harinya memiliki persentase tinggi untuk mengkonsumsi ikan.

Dilihat dari pembahasan di atas, ada empat poin keuntungan ternak ikan cupang dan dua poin untuk kerugian. Sudah terlihat jelas bahwa banyak keuntungan yang didapatkan ketika budidaya ikan cupang. Untuk itu, kamu tidak usah ragu-ragu lagi untuk budidaya ikan cantik ini, ya. Sebab, banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan dari ternak ikan cupang.

Artikel Terkait