Ajaib.co.id – Daftar riwayat hidup atau CV merupakan salah satu senjata para pencari pekerjaan yang melamar di suatu perusahaan. Di mana, curriculum vitae (CV) yang kamu buat, menjadi salah satu tolak ukur perusahaan dalam menilai kecocokan kamu pada posisi yang dibutuhkan.
Daftar riwayat hidup ini berisi data diri kamu termasuk pengalaman bekerja yang harus dibuat dengan baik dan benar.
Dalam membuat daftar riwayat hidup, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan menjadi poin penting bagi HR perusahaan dalam menilai setiap kandidat pelamar. Oleh karena itu, simak penjelasan mengenai hal-hal terkait daftar riwayat hidup berikut ini agar mudah menarik minat HR perusahaan untuk mempekerjakan kamu.
Hal-Hal yang Harus Ada pada Sebuah Daftar Riwayat Hidup
Dalam membuat sebuah daftar riwayat hidup, tentunya ada beberapa hal yang menjadi poin penting untuk diperhatikan.
Apakah curriculum vitae yang kamu buat sudah sesuai dari penggunaan bahasa, kelengkapan data, dan isinya? Berikut beberapa hal yang dimaksud:
Identitas Diri
Setiap daftar riwayat hidup tentu wajib diisi dengan identitas diri yang meliputi nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, alamat lengkap, dan hal-hal yang bersifat pribadi. Dengan begitu, setiap HR perusahaan tidak perlu bertanya-tanya lagi karena identitas yang kamu cantumkan sudah lengkap.
Riwayat Pendidikan
Pendidikan yang kamu tempuh merupakan salah satu hal yang wajib dicantumkan dalam pembuatan curriculum vitae. Riwayat pendidikan terdiri dari dua macam yaitu pendidikan formal dan informal.
Pencantuman riwayat pendidikan dapat dimulai dari awal dan pendidikan akhir yang ditempuh. Di beberapa perusahaan, jenjang pendidikan menjadi pertimbangan penting atau sebagai salah satu syarat untuk diterima bekerja.
Pengalaman Kerja
Pada dasarnya, pengalaman kerja dapat dicantumkan ketika pelamar memang pernah bekerja sebelumnya. Hal ini tentu memiliki nilai tambah untuk perusahaan bisa mempertimbangkan kamu sebagai kandidat pelamar. Pencantuman ini meliputi tempat bekerja, posisi atau jabatan, dan jangka waktu bekerja.
Pengalaman Organisasi
Salah satu nilai tambah lainnya yang bisa kamu cantumkan di curriculum vitae adalah pengalaman dalam berorganisasi. Hal ini bisa menjadi pengganti bagi fresh graduate yang belum pernah bekerja sama sekali untuk dicantumkan pada daftar riwayat hidup.
Keahlian Khusus
Ketika kamu memiliki keahlian khusus di bidang apapun dan ditambah memiliki sertifikat resmi pada keahlian tersebut, maka wajib untuk dicantumkan sebagai bahan pertimbangan HR perusahaan memilih kamu untuk menempati posisi yang dibutuhkan.
Macam-Macam Daftar Riwayat Hidup
Pada dasarnya, curriculum vitae dibagi menjadi dua macam. Tidak banyak orang yang mengetahui kedua macam dari daftar riwayat hidup, di antaranya sebagai berikut:
Daftar Riwayat Hidup dengan Urutan Kronologis
Jenis curriculum vitae yang satu ini adalah jenis yang paling banyak digunakan oleh orang-orang. hanya saja mungkin kamu salah satunya, tidak menyadari jika daftar riwayat tersebut masuk ke jenis dengan urutan kronologis.
Jenis ini lebih mengedepankan isi berupa pendidikan dan pengalaman kerja dengan urutan kronologis.
Hal ini bisa meliputi pekerjaan yang memperlihatkan perkembangan karier selama bekerja. Jenis yang satu ini memang paling banyak disukai oleh perusahaan karena format susunan yang dimulai dari pengalaman kerja terbaru.
Daftar Riwayat Hidup Berdasarkan Keterampilan
Jenis selanjutnya lebih fokus pada keterangan dari keterampilan si pelamar kerja dibandingkan dengan pengalaman kerja. Tujuannya jelas meyakinkan setiap perusahaan dengan keterampilan yang dimiliki oleh kandidat pelamar.
Jenis yang satu ini bisa menjadi pilihan bagi para fresh graduate yang ingin pindah kerja dengan bidang yang berbeda dari sebelumnya.
Tujuan Dibuatnya Daftar Riwayat Hidup
Dibuatnya daftar riwayat hidup tentu bukan tanpa tujuan. Ada beberapa tujuan dari dibuatnya curriculum vitae yang bisa kamu pahami berikut ini:
· Mendeskripsikan kemampuan pelamar secara realistis dan sesuai dengan posisi yang dibutuhkan perusahaan.
· Selain untuk kebutuhan melamar pekerjaan, daftar riwayat hidup dapat digunakan untuk pendaftaran beasiswa, seminar, maupun lomba-lomba yang wajib melampirkan berkas pendukung.
· Salah satu syarat untuk menulis skripsi atau tesis dan dilampirkan saat proses pendaftaran.
· Membantu perusahaan dalam mengevaluasi kompetensi maupun bakat yang dimiliki pelamar dan relevan dengan sesuatu yang dibutuhkan oleh perusahaan.
Format yang Harus Diperhatikan dalam Penulisan Daftar Riwayat Hidup
Untuk membuat curriculum vitae, tentunya kamu harus mengikuti format atau tata cara penulisan yang baik dan benar. Hal ini dilakukan agar memudahkan pihak HRD perusahaan untuk mempertimbangkan berkas yang diberikan.
Selain itu, curriculum vitae yang rapi, lengkap, dan jelas akan menjadi nilai tambah. Berikut ini beberapa format yang harus diperhatikan dalam membuat daftar riwayat hidup:
Jenis dan Ukuran Font yang Digunakan
Penulisan daftar curriculum vitae sudah beralih ke digital, di mana pembuatannya diketik menggunakan laptop atau komputer. Penulisan secara digital juga akan menghasilkan curriculum vitae yang lebih formal, rapi, dan profesional.
Untuk font yang digunakan dalam membuat daftar riwayat hidup biasanya mengacu pada jenis yang sudah ada dan disarankan seperti Times New Roman, Arial, dan Calibri.
Jangan lupa untuk menggunakan 2,5 cm pada garis tepi halaman serta spasi antar baris dengan jarak antara 1,5 sampai 2 cm. Dengan begitu, curriculum vitae akan lebih enak ketika dibaca.
Urutan Waktu Dibuat secara Rapi pada Riwayat Pekerjaan
Penulisan pengalaman bekerja pada daftar riwayat hidup dapat diurut dari pekerjaan terbaru saat ini. Lalu, diikuti pekerjaan-pekerjaan sebelumnya.
Jangan lupa untuk melengkapi isi dari riwayat pekerjaan yang meliputi posisi pekerjaan, nama perusahaan, lokasi perusahaan, dan deskripsi pekerjaan. Tambahkan juga pencapaian atau prestasi yang pernah kamu lakukan agar menjadi nilai tambah.
Urutan Waktu Dibuat secara Rapi pada Riwayat Pendidikan
Sama halnya dengan riwayat pekerjaan, ada baiknya untuk membuat riwayat pendidikan dengan urutan waktu paling terbaru. Kamu bisa memulainya dari universitas dengan mencantumkan tanggal dan tahun kelulusan. Tambahkan juga prestasi pendidikan yang pernah kamu dapatkan.
Mencantumkan Keahlian dan Kualifikasi Diri
Kemampuan atau keahlian di bidang tertentu, walaupun tidak berkaitan dengan posisi yang dilamar, tidak ada salahnya untuk dicantumkan.
Hal ini bisa menjadi nilai tambah kamu untuk dipertimbangkan oleh perusahaan. Misalnya saja, mampu menguasai beberapa bahasa asing atau bisa mengoperasikan software tertentu.
Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam membuat curriculum vitae yang bisa dilirik oleh HRD perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan.
Sama pentingnya dengan membuat daftar riwayat hidup, mengatur keuangan juga harus dilakukan sebaik mungkin. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah memilih investasi reksa dana melalui media investasi online seperti Ajaib.
Kamu bisa berinvestasi reksa dana secara online melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu untuk memulai investasi sekarang.