Harga Emas Terkini dan Faktor yang Memengaruhi Perubahannya

Harga Emas Terkini dan Faktor yang Memengaruhi Perubahannya
Harga Emas Terkini dan Faktor yang Memengaruhi Perubahannya

Harga emas terkini memang masih relatif tinggi, yaitu di kisaran Rp763 ribu per gram. Sebagai salah satu instrumen investasi yang minim risiko dan stabil, harga emas masih memiliki nilai pasar yang besar seperti investasi saham, terlepas harganya yang naik secara signifikan.

Karena alasan minim risiko dan stabil inilah banyak orang berbondong-bondong untuk melakukan investasi emas. Proses yang tidak rumit juga menjadi faktor tambahan yang membuat investasi emas semakin populer.

Tapi tentunya menarik untuk menggali lebih dalam kenapa harga emas bisa naik atau turun. Untuk memahami itu, kamu harus mengetahui faktor mendasar apa saja yang memengaruhi harga emas terkini.

Kurs Dollar

Faktor pertama yang memengaruhi harga emas serupa dengan investasi lain adalah perubahan kurs Dollar. Seperti investasi saham yang juga terpengaruh, emas juga sangat bergantung kepada naik-turun mata uang negeri Paman Sam ini. Kuat lemahnya kurs Dollar kepada Rupiah juga turut memngaruhi harga emas. Seperti pada hari Rabu, 21 Agustus 2019, harga emas melonjak tajam ke Rp763ribu, berarti bahwa kurs Dollar juga naik tinggi, sehingga memengaruhi harga emas terkini.

Suku Bunga

Kurs Dollar bukan faktor tunggal yang berpengaruh kepada harga emas terbaru. Masih berkaitan dengan kurs mata uang, suku bunga yang naik berbarengan dengan kurs Dollar akan membuat banyak orang cenderung menarik uangnya dan menyimpan dalam bentuk investasi yang memiliki suku bunga tinggi dan menguntungkan, seperti deposito. Namun, kurs Dollar bukan satu-satunya hal yang memengaruhi kenaikan suku bunga, namun ada beberapa faktor lainnya.

Permintaan & Penawaran

Harga emas terkini juga dipengaruhi oleh ilmu dasar ekonomi, yaitu permintaan dan penawaran. Sama seperti barang atau investasi lainnya, semakin tinggi peminat maka harga emas terkini akan semakin tinggi. Sebaliknya, jika jumlah peminat sedikit maka harga emas terkini juga bisa turun.

Akumulasi

Selain tiga aspek teknis di atas, harga emas terkini juga bisa dipengaruhi oleh faktor lain seperti harga minyak mentah serta kondisi politik di negara yang bersangkutan. Dua faktor ini juga memegang peranan penting dalam harga emas secara signifikan.

Meskipun 4 faktor di atas bisa memengaruhi harga emas, namun investasi emas adalah salah satu investasi yang paling stabil. Kalaupun ada perubahan harga, biasanya selisihnya hanya sedikit. Oleh karena itu, investasi emas cocok buat kamu yang tidak menyukai risiko dan lebih cenderung kepada investasi dengan harga yang stabil.

Bagi kamu yang ingin mulai berinvestasi emas, selain kamu harus memahami harga emas terkini, kamu juga harus mengetahui jenis emas apa yang ingin kamu beli, apakah emas batangan, perhiasan, atau logam? Jika kamu ingin membeli emas sekaligus menjadi fashionable, kamu bisa memilih emas perhiasan seperti kalung emas, cincin emas, gelang emas, dan sebagainya. Jadi sebelum membeli, yuk cek harga emas hari ini!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait