Fakta Tambang Emas yang Harus Kamu Tau Agar Giat Berinvestasi

Fakta Tambang Emas yang Harus Kamu Tau Agar Giat Berinvestasi
Fakta Tambang Emas yang Harus Kamu Tau Agar Giat Berinvestasi

Tambang emas Freeport yang telah diakuisi oleh pemerintah Indonesia bisa menjadi faktor utama untuk menggerakkan dirimu terjun ke dalam investasi emas. Harga yang cenderung stabil, tambang emas yang sudah diambil alih dan risiko yang kecil adalah beberapa alasan yang cukup bagi kamu agar mencari beberapa penyedia jasa investasi emas, atau setidaknya melakukan riset mendalam tentang investasi emas, baik melalui konter yang tersedia di sekitar rumah atau melalui investasi online.

Tambang emas yang sudah diambil alih adalah faktor kesekian yang seharusnya kamu khawatirkan ketika investasi emas, ada beberapa faktor lain yang perlu kamu pahami ketika berbicara tentang emas. Namun, sebelum belajar lebih mendalam tentang emas, langkah pertama yang harus kamu pahami adalah mengetahui kenapa investasi emas sangat menggiurkan.

Emas sebagai Hedge

Dalam dunia finansial, hedge dapat diartikan sebagai suatu investasi yang dilakukan khususnya untuk mengurangi atau meniadakan risiko pada suatu investasi lain. Banyak investor emas memilih investasi emas karena bisa bertahan terhadap penurunan mata uang. Ketika mata uang jatuh, maka ada peningkatan harga di impor dan inflasi. Sebagai hasilnya, tambang emas dan juga emas tahan terhadap inflasi.

Emas sebagai Investasi Aman

Seperti pemerintah Indonesia yang mengakuisisi tambang emas dengan aman, investasi emas juga merupakan investasi yang aman. Setiap orang tentu memiliki preferensi tersendiri ketika berinvestasi, ada tipe orang yang menyukai risiko dan keuntungan yang cepat, maka orang tersebut memilih investasi saham. Namun ada juga investor yang kurang nyaman dengan risiko yang tinggi, dan lebih sabar dalam menerima keuntungan, maka investasi reksa dana atau investasi emas adalah investasi yang cocok. Jika kamu tidak menyukai risiko yang tinggi, maka kamu masuk ke dalam golongan yang kedua.

Emas sebagai Investasi Langsung

Masih berhubungan dengan poin kedua, banyak investor memilih investasi emas untuk keuntungan yang langsung. Investor ini biasanya membeli emas dalam jumlah yang banyak dengan tujuan untuk menjualnya kembali di masa depan ketika harga emas naik. Karena emas adalah salah satu instrumen investasi yang hampir selalu mengalami kenaikan dan jarang sekali nilainya turun di pasaran. 

Selain itu, banyak investor juga beranggapan bahwa emas tidak memiliki batasan ketika nantinya dijual. Hampir seluruh industri menerima emas dalam setiap transaksi. Tambang emas Freeport yang telah diambil alih oleh pemerintah Indonesia semoga menjadi indikasi bagus untuk investasi emas di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.

Jadi sudah siap untuk berinvestasi emas? Kamu bisa memilih investasi emas antam yang bisa jadi salah satu tabungan emas bagi kamu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait