Bisnis & Kerja Sampingan

Economies of Scale Adalah Strategi yang Menguntungkan dalam Bisnis? Begini Pengertiannya

economies-of-scale-adalah

Ajaib.co.id – Salah satu strategi agar bisnis terus berkembang secara luas sehingga dapat meraih keuntungan yang lebih besar adalah penerapan economies of scale. Di mana, economies of scale adalah satu strategi penghematan anggaran maupun biaya ketika perusahaan memutuskan untuk meningkatkan produksi.

Peningkatan skala produksi merupakan salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Namun meningkatkan produksi tanpa adanya skala yang tepat akan berujung pada kerugian. Economies of scale bisa diterapkan menghadapi hal ini.

Namun, apakah economies of scale adalah pilihan yang tepat dan seberapa besar dampaknya bagi perkembangan bisnis? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Economies of Scale

Economies of scale atau skala ekonomi adalah suatu penghematan anggaran atau biaya ketika perusahaan sedang meningkatkan skala produksinya. Di mana, peningkatan hasil akhir atau output tersebut membuat kemungkinan perusahaan untuk menurunkan biaya produksi agar lebih efisien. Hal ini karena perusahaan juga mengalihkan sebagian besar dari jumlah biaya tetap dengan output.

Semakin banyak output dihasilkan oleh perusahaan, maka semakin rendah biaya tetap bagi setiap unit barang.

Selain itu, economies of scale adalah cara dalam menghemat biaya lainnya ketika saat biaya operasional perusahaan semakin tinggi. Tidak heran, jika economies of scale adalah cara yang memiliki kelebihan dengan sifat kompetitif.

Hal ini karena struktur biaya perusahaan bakal relatif rendah yang memungkinkan perusahaan untuk menawarkan harga produk lebih rendah dibanding harga kompetitor. Dengan begitu, perusahaan akan memiliki kesempatan besar dalam mendapatkan segmen pasar secara lebih luas.

Penyebab Diterapkannya Economies of Scale

Sejumlah hal yang menjadi alasan bagi perusahaan untuk melakukan skala ekonomi adalah sebagai berikut:

  • Adanya teknologi dan tenaga kerja spesialis lebih terintegrasi yang memungkinkan peningkatan dari sisi volume maupun jumlah produksi. Hal tersebut memberi dampak pada produktivitas perusahaan dengan kemampuan memberikan lebih banyak output dalam jumlah input sama.
  • Jumlah permintaan dari pemasok yang banyak, biaya bahan baku lebih murah, hingga pembelian dari iklan lebih mahal menjadi sejumlah alasan perusahaan menurunkan biaya produk.
  • Kemampuan untuk membagi anggaran bisnis menjadi lebih baik yang membuat biaya akhir dari produk menjadi lebih rendah.

Jika dilihat dari sumber penghematan anggaran, skala ekonomi terbagi menjadi dua, yaitu internal dan eksternal. Keekonomian skala internal merupakan skala ekonomi yang menggunakan sumber daya penurunan biaya yang berasal dari pihak internal perusahaan. Sementara itu, skala ekonomi eksternal mendapatkan sumber daya penghematan anggaran dari luar perusahaan.

Jenis-Jenis Economies of Scale

Berdasarkan sumber penghematan anggaran, maka economies of scale adalah skala ekonomi yang terbagi menjadi dua jenis yaitu internal economies of scale dan external economies of scale. Adapun penjelasan mengenai kedua jenis skala ekonomi adalah sebagai berikut:

1. Internal Economies of Scale

Pengertian dari internal economies of scale adalah jenis skala ekonomi dengan sumber daya penurunan biaya rata-ratanya berasal dari perusahaan itu sendiri atau pihak internal perusahaan. Hal ini tentu sangat unik karena berasal dari ukuran perusahaan maupun keputusan manajemen perusahaan.

Beberapa hal yang dapat memungkinkan perusahaan untuk menerapkan internal economies of scale adalah sebagai berikut:

  • Diskon pembelian bahan baku dalam jumlah sangat banyak sehingga mengurangi biaya bahan baku per unit output.
  • Penyebaran biaya input modal yang sangat mahal, khususnya pada output jumlah besar, seperti biaya mesin per unit output menjadi lebih murah ketika perusahaan menghasilkan lebih banyak output.
  • Spesialisasi tenaga kerja memungkinkan hasil kerja yang lebih produktif.
  • Kurva pengalaman pada perusahaan karena mampu menemukan cara paling efektif dalam menghasilkan output melalui belajar sambil melakukan.
  • Investasi pada sumber daya manusia seperti pelatihan, peningkatan keterampilan, hingga kemampuan pekerja.
  • Skala ekonomi modal menjadikan perusahaan besar memiliki kelayakan kredit akses keuangan lebih baik.

2. External Economies of Scale

Sementara untuk external economies of scale adalah skala ekonomi dengan sumber penghematan biayanya berasal dari luar perusahaan yang berlaku pada semuanya. Adapun sejumlah sumber dari eksternal skala ekonomi adalah sebagai berikut:

  • Aglomerasi yang meliputi industri maupun pabrik dengan mengelompok hingga mendirikan fasilitas untuk produk di wilayah tertentu seperti di Silicon Valley yang berisi perusahaan perangkat lunak.
  • Keringanan biaya pajak yang diberlakukan oleh perusahaan untuk seluruh industri sehingga memungkinkan terjadi di seluruh area perusahaan.

Keuntungan Penerapan Economies of Scale

Dari pengertian economies of scale, sudah bisa diketahui bahwa penerapannya menghasilkan banyak keuntungan bagi perusahaan. Penerapan skala ekonomi dapat memberikan dampak bagi angka margin keuntungan yang rendah, namun harga produk tetap sehingga berdampak stabil bagi keuangan perusahaan.

Tidak heran, jika banyak pelaku bisnis baru yang lebih agresif saat menggaet pasar karena tidak ragu memberikan harga lebih murah dengan harapan bisa semakin banyak calon pelanggan baru dan pelanggan tetap yang bertransaksi. Untuk lebih lengkapnya, keuntungan dari economies of scale adalah sebagai berikut:

  • Daya saing semakin meningkat karena rendahnya biaya rendah membuat perusahaan unggul dalam persaingan dan memicu kompetitor untuk menerapkan strategi lebih agresif, salah satunya dengan menurunkan harga.
  • Menawarkan kesempatan untuk mengekspansi bisnis karena angka keuntungan memberikan profit lebih sehingga memberikan kesempatan berekspansi.
  • Mendapatkan harga produk yang lebih rendah karena biaya produksi rendah sehingga memberikan dampak positif untuk konsumen membeli produk.
  • Beragam produk muncul karena keuntungan dari produk terjual yang akan digunakan untuk melakukan riset produk baru.
  • Meningkatkan upah kepada pekerja maupun karyawan karena hasil keuntungan sebagai bentuk mensejahterakan.

Penghematan biaya melalui strategi economies of scale adalah salah satu langkah perusahaan dalam mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi. Di mana, peningkatan jumlah output akan memberikan kemungkinan perusahaan dalam mendapatkan penurunan biaya produksi rata-rata. Akan tetapi, harus dipahami juga bahwa tidak asal dalam menerapkan economies of scale agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Artikel Terkait