Milenial

E-Commerce di Indonesia dengan Fitur Cash on Delivery (COD)

Ajaib.co.id – Bagi masyarakat di Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan sistem pembayaran bernama Cash on Delivery (COD) ini. Salah satu sistem pembayaran yang muncul akibat adanya sistem jual beli secara online. Bahkan bisa dikatakan orang lebih suka dengan sistem COD ketimbang sistem pembayaran model lainnya. 

Transaksi jual beli secara online memang membuat segalanya menjadi lebih mudah dan praktis. Bagi penjual, mereka bisa mempromosikan produknya dengan jangkauan yang lebih luas lagi. Untuk pembeli, mereka tidak perlu repot-repot datang ke toko langsung jika ingin membeli sesuatu. 

Namun sistem jual beli online ini bukan tanpa kekurangan. Pasalnya ada cukup banyak oknum nakal yang coba memanfaatkan situasi seperti ini. Contohnya barang yang dikirim ternyata tidak sesuai dengan spesifikasi barang yang ditawarkan secara online

Itulah kenapa ada sebagian besar masyarakat yang cukup khawatir dengan sistem jual beli online seperti ini. Namun sebenarnya semua kekhawatiran itu tetap ada solusinya. Misalnya saja dengan menggunakan sistem pembayaran cash on delivery ini. 

Belanja Semakin Aman dengan Fitur Cash on Delivery

Di atas sekilas sudah dijelaskan kenapa metode pembayaran COD ini lebih disukai oleh masyarakat Indonesia. Terlebih lagi di tengah perkembangan teknologi digital saat ini. Bisa dikatakan sistem jual beli online sudah menjadi budaya baru di tengah-tengah masyarakat. 

Memang sistem jual beli seperti ini memiliki banyak sekali keunggulan. Utamanya jika dibanding dengan sistem jual beli konvensional. Meskipun demikian, harus diakui juga jika sebagian besar masyarakat masih memiliki perasaan was-was. 

Terlebih lagi dengan semakin maraknya penipuan. Selain itu terkadang juga banyak terjadi ketidaksesuaian kualitas. Dan yang lebih menyebalkan lagi adalah tidak ada tanggung jawab yang pasti dari para penjualnya. 

Oleh sebab itu tidak mengherankan jika kemudian banyak yang memilih sistem pembayaran secara tunai melalui layanan bayar di tempat. Yang mana pembeli baru membayar barang pesanannya setelah berada di tangannya. 

Dulu, sistem COD ini mengharuskan penjual dan pembeli bertemu secara langsung di tempat yang sudah disepakati sebelumnya. Tetapi semakin ke sini, ada cukup banyak modifikasi dari sistem bayar di tempat ini. Misalnya saja COD dilakukan oleh kurir pengiriman barang. 

Sistem COD inilah yang kini banyak diterapkan oleh beberapa e-commerce yang ada di Indonesia. Dengan adanya sistem pembayaran seperti ini, secara otomatis akan semakin mengurangi kekhawatiran para pembeli saat membeli sesuatu secara online

E-Commerce dengan Layanan COD di Indonesia

Memang tidak semua e-commerce atau toko online di Indonesia memiliki fitur cash on delivery. Namun untuk Anda yang lebih suka dengan sistem bayar di tempat ini, beberapa e-commerce ini bisa menjadi pilihan. 

Shopee

Siapa yang tidak mengenal Shopee. Shopee bisa dikatakan sebagai salah satu e-commerce terbesar yang ada di Indonesia. Berita baiknya, toko online ini sudah didukung dengan sistem COD. Fitur ini sendiri pertama kali dikenalkan pada akhir 2018 lalu. 

Untuk memaksimalkan sistem ini, Shopee bekerja sama dengan salah satu jasa pengiriman terbesar di Indonesia, J&T. Selain itu, fitur COD di Shopee ini berlaku untuk seluruh wilayah yang ada di Indonesia. 

Lazada

Tidak mau kalah dengan Shopee, Lazada pun mengenalkan sistem COD juga. Ada cukup banyak keuntungan jika memilih sistem COD di Lazada. Pasalnya Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan. Hal ini disebabkan pihak Lazada memiliki kurir sendiri. Sayangnya tidak semua wilayah di Indonesia bisa memanfaatkan fitur COD di Lazada. 

JD.ID

Marketplace yang satu ini bahkan dikenal sebagai pelopor sistem COD. Bahkan untuk mendukung fitur COD di JD.ID, sampai disediakan kurir khusus sendiri. Selain itu layanan ini sudah tersebar di lebih dari 700 kota yang ada di Indonesia. Jadi, ini menjadi layanan terbaik yang dimiliki e-commerce tersebut.

Bukalapak

Bukalapak juga dikenal sebagai salah satu marketplace di Indonesia yang menyediakan layanan cash on delivery. Untuk memanfaatkan fitur ini pun cukup mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah belanja seperti biasanya di aplikasi mitra dari Bukalapak. 

Barulah nanti setelah Anda masuk ke pembayaran, pilih saja metode pengiriman sebagai ‘Bayar Tunai’ kemudian klik ’Bayar’. Setelah itu barang yang Anda pesan akan dikirim ke alamat yang sudah Anda berikan. Setelah barang sampai Anda bisa bayar dengan uang tunai ke kurirnya. 

Tokopedia

Tidak ingin kalah bersaing dengan para kompetitornya, akhirnya pada Juli 2019 Tokopedia pun meluncurkan sistem COD. Dalam hal ini Tokopedia bekerja sama dengan jasa pengiriman SiCepat. 

Pada pertama kali dikenalkan, fitur COD di Tokopedia hanya bisa digunakan oleh pengguna baru saja. Artinya pengguna yang sebelumnya belum pernah sama sekali melakukan transaksi pembelian di e-commerce ini. 

Tetapi itu dulu. Pasalnya kini fitur bayar di tempat ini sudah bisa digunakan oleh semua pengguna Tokopedia. Artinya untuk Anda yang dulu pernah membeli sesuatu di marketplace ini pun sudah bisa memanfaatkannya juga. 

Semakin ke sini, banyak toko online yang memilih menggunakan sistem bayar di tempat seperti ini. Bahkan banyak e-commerce yang kini tidak mau ketinggalan menawarkan layanan COD untuk para konsumennya. 

Wajar saja demikian. Apalagi harus diakui bahwa ada cukup banyak masyarakat yang lebih suka memilih layanan bayar di tempat seperti ini. Meskipun tidak bisa dipungkiri juga jika banyak yang merasa pembayaran cash on delivery kurang praktis di era digital ini.

Artikel Terkait