Deretan Logam Terkuat di Dunia, Salah Satunya Ada Titanium!

Deretan Logam Terkuat di Dunia, Salah Satunya Ada Titanium!
Deretan Logam Terkuat di Dunia, Salah Satunya Ada Titanium!

Logam merupakan salah satu elemen yang sangat berguna bagi manusia. Tanpa adanya logam, mungkin manusia tidak bisa apa-apa hingga sekarang. Selain itu, logam juga memiliki kepadatan yang cukup tinggi, sehingga sulit ditembus oleh cahaya dan mampu mengalirkan listrik dengan baik. Tidak hanya itu, logam juga memiliki ketahanan yang kuat. Jika ditempa dengan beragam beragam bentuk, logam tidak akan mengalami kerusakan.

Saat ini, logam sudah banyak digunakan di berbagai industri, seperti mainan, komponen komputer, pipa, hingga mesin pabrik. Berikut ini adalah deretan logam terkuat yang ada di dunia, salah satunya ada titanium!

Osmiun (Os)

Logam osmiun merupakan logam transisi di mana kamu bisa menemukannya di kehidupan nyata saat ini. Karkteristik dari logam osmiun lebih besar dibanding timah, yaitu nilai densitasnya sebesar 22.59 g/cm3.

Tungsten (W)

Tungsten adalah logam berawarna abu-abu dan mudah ditemui di dalam campuran elemen kimia. Kepadatan dari logam in sangat tinggi, yaitu 19.3 kali lebih padat dari air dan 71 persen lebih padat dari timah, serta sedikit lebih padat dari uranium. Hal tersebut menjadi dasar pertimbangan tungsten yang dinobatkan sebagai salah satu material paling kuat di dunia.

Titanium (Ti)

Jika dibandingkan dengan dua logam sebelumnya, bahan titanium juga memiliki kepadatan yang lebih rendah. Meskipun logam titanum merupakan jenis logam yang memiliki kekuatan tinggi, kelenturan, dan tahan korosi.

Selain itu, karakterisitik lain dari logam titanium adalah titik leburnya yang tinggi hingga mencapai 1.650 derajat celcius atau sekitar 1.923 K, dan dilengkapi dengan kekuatan tarik yang mencapai 63.000 psi. Titanium hampir sama kuatnya dengan baja, dan memiliki berat sekitar 60 persen dari baja.

Berlian

Pastinya, semua orang tahu berlian. Bahan perhiasan yang satu ini sering digunakan oleh kaum perempuan, dan termasuk ke dalam salah satu material paling keras di bumi. Saking kerasnya, untuk membuat sedikit goresan pada berlian harus membutuhkan usaha yang keras. Sebab, tindakan ini termasuk ke dalam hal yang sulit dilakukan. Proses pembentukan berlian pun tercipta dari atom karbon yang diberi tekanan dan suhu tinggi.

Wurtzite Boron Nitride

Jenis logam ini berhasil menggusur kedudukan berlian. Berlian dan Wurtzite sebenarnya memiliki struktur yang sama. Namun, mengapa Wurtzite lebih keras dibanding berlian? Hal itu disebabkan Wurtzite diciptakan dari suhu yang panas dan tekanannya yang tinggi. Sifatnya yang keras telah menjadikan material ini sebagai bahan dasar untuk membuat alat potong dan perkakas. Kekerasan dari Wurtzite adalah 18 persen lebih keras dari berlian.

Lonsdaleite

Logam ini memiliki tingkat kemiripan dengan berlian, namun tingkat kekerasannya lebih tinggi. Lonsdaleite terbentuk dari logam-logam yang sama, namun dalam bentuk yang berbeda. Lonsdaleite lebih keras 58 persen dibanding berlian. Material ini terbentuk saat meteorit yang mengandung grafit jatuh ke bumi. Material ini sangat langka, dan ilmuwan sangat berhati-hati ketika memproses logam ini.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait