Ajaib.co.id – PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) berhasil membukukan kenaikan pendapatan sebesar 33,9% menjadi senilai total Rp9,13 triliun pada semester I tahun 2021, dibanding periode yang sama pada tahun lalu yang hanya tercatat Rp6,82 triliun.
Seiring dengan kenaikan pendapatan, pada pos beban pokok penjualan dan beban langsung Mitra Adiperkasa juga mengalami kenaikan, naik 34,3% menjadi Rp5,24 triliun. Pada periode yang sama pada tahun lalu, pos beban tersebut hanya tercatat Rp3,9 triliun.
Selanjutnya, MAPI berhasil mencatatkan laba kotor senilai Rp3,89 triliun, atau meningkat 33,2% dari semester I tahun 2020 lalu yang sebesar Rp2,92 triliun.
Dengan demikian, Mitra Adiperkasa mengantongi laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp271,71 miliar hingga semester I tahun 2021 ini. Realisasi ini berbanding terbalik dengan semester I tahun 2020 lalu yang mencatatkan kinerja rugi bersih mencapai Rp407,94 miliar.
“Penjualan MAPI sangat luar biasa pada kuartal II tahun 2021, karena konsumen merasa lebih nyaman untuk berbelanja di berbagai media online,” tutur VP Investor Relations, Corporate Communications dan Sustainability MAP Group Ratih D. Gianda.
Lanjutnya, dengan adanya relaksasi pembatasan kegiatan masyarakat, secara bertahap MAPI menambah jam operasional dan dapat menyediakan banyak produk baru serta lebih up to date. Hal ini didukung oleh tingginya permintaan para konsumen, alhasil dapat mendorong penjualan pada periode lebaran.
Lebih lanjut VP Investor Relations, Corporate Communications dan Sustainability MAP Group Ratih D. Gianda menuturkan, kesigapan MAPI dalam mendukung pengiriman produk baru pada kuartal II tahun 2021 bersamaan dengan strategi pemasaran yang kuat dan kampanye CRM yang ditargetkan, memungkinkan peningkatan cukup besar dalam penjualan berbagai produk baru.
Alhasil dengan strategi diatas, dapat meningkatkan kinerja margin laba kotor dengan nilai mendekati 2% dibandingkan kuartal pertama tahun 2020 lalu.
MAPI sangat termotivasi oleh pencapaian kinerja MAPI pada semester pertama, walaupun pandemi COVID-19 masih terus menimbulkan gangguan penjualan secara tren jangka pendek pada kemajuan perusahaan.
“Selama lebih dari 12 bulan, kami telah melakukan revitalisasi pada MAPI, memperbaiki dan merestrukturisasi biaya, memperbarui penawaran merek-merek perusahaan, dan meningkatkan pengalaman pelanggan melalui investasi digital MAPI pada program loyalty dan CRM,” pungkasnya.
Sumber: Semester I/2021: Mitra Adiperkasa (MAPI) Berbalik Untung Rp271,7 Miliar, dengan perubahan seperlunya.