Berita

Cetak Rekor, CLEO Catat Kenaikan Penjualan Rp752.3 Miliar di Semester I 2023

Meneguk Kesegaran Cuan Dibalik Saham CLEO

PT Sariguna Primatirta Tbk (Tanobel Group) dengan produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) CLEO secara agresif terus memperkenalkan brand CLEO dan turunannya kepada masyarakat. Pengenalan ini dilakukan melalui berbagai aktivitas pemasaran, baik above the line maupun below the line.

Menurut Melisa Patricia, CEO CLEO, Produk CLEO berbeda dari air minum pada umumnya. Sehingga strategi brandingnya pun harus lebih ke arah edukasi konsumen.

Di bulan Juli lalu, CLEO sukses menggelar CLEO Festival Kuliner, yaitu festival kuliner terbesar di Bandung yang dihadiri oleh lebih dari 80.000 orang.

Ini adalah strategi Perseroan, di mana tidak hanya fokus pada pengembangan segmen general trade, tapi juga mulai banyak di modern trade.

Setiap tahunnya, CLEO menambah jumlah pabrik dan membuka jaringan distribusi di seluruh Indonesia, serta secara perlahan meningkatkan penetrasi CLEO di setiap daerah.

Dalam lima tahun terakhir, CLEO telah membuka 7 pabrik baru yang secara konsisten telah beroperasi dan terus menambah kapasitas pabrik existing-nya. CLEO juga menambah ribuan outlet dan distributor, sehingga produk-produk CLEO tersebar di mana-mana.

Strategi perolehan pangsa pasar CLEO dengan promosi melalui berbagai event, semakin banyak dilakukan. Antusiasme masyarakat dalam melakukan berbagai kegiatan luar ruangan pun membuat adanya lonjakan permintaan air minum dalam kemasan untuk dikonsumsi saat bepergian.

Pada Semester-I 2023, CLEO mencatatkan peningkatan pertumbuhan melampaui rata-rata industri, dengan kenaikan penjualan sebesar 14,9% YoY mencapai Rp752.3 Miliar.

Secara QoQ, kinerja kuartal-II 2023 lebih unggul dibandingkan kuartal-I 2023, tercatat adanya lonjakan 14.6% QoQ menjadi Rp401.8 Miliar.

Di mana pada kuartal-II ada momen Hari Raya Idul Fitri dan peningkatan aktivitas di luar ruangan yang berdampak positif terhadap permintaan produk CLEO.

Tidak hanya itu, pada Semester I CLEO juga sukses mencatatkan peningkatan laba bersih 23.2% YoY menjadi Rp126.1 miliar dengan net profit margin di level tertinggi sebesar 16.8%.

Sumber: https://pressrelease.kontan.co.id/news/tingkatkan-brand-awareness-cleo-cetak-rekor-penjualan-tertinggi-semester-1-2023 dengan pengubahan seperlunya.

Artikel Terkait