Rumah Tangga Masa Kini

Cara Mudah dan Cepat Cek Resi Pos Indonesia

Cara Mudah & Cepat Cek Resi Pos Indonesia

Ajaib.co.id – Pengguna Pos Indonesia kini tak perlu khawatir kalah inovasi dari jasa logistik lainnya. Untuk mengetahui status pengirimannya, kini juga tersedia layanan cek resi pos yang bisa diakses dengan berbagai cara. Kamu bisa mengetahui progress pengiriman paket pos milikmu dengan cepat dan mudah.

PT Pos Indonesia merupakan salah satu pionir jasa logistik di Indonesi. Pos Indonesia memiliki jaringan yang terhitung paling luas dan menyeluruh dibandingkan jasa logistik lainnya. Insfrastruktur jejaring yang dimiliki PT Pos mencapai sekitar 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia.

Masyarakat awam hanya sekedar mengetahui jika BUMN ini bergerak di bidang pengantaran paket saja. Namun sebenarnya bisnisnya juga mencakup layanan produk jasa keuangan serta pengantaran surat. Bahkan bisa dikatakan jika sektor bisnis ini cukup kuat menopang Pos Indonesia ketika digempur dengan kehadiran pesaing jasa pengantaran surat dan paket lainnya.

Cara Cek Resi Pos Indonesia Lewat Situs Resminya, Dijamin Akurat

Pos Indonesia sempat mengalami penurunan kinerja usahanya di tahun 2000 – 2007. Bisnis surat pos di tahun-tahun tersebut menurun drastis. Penggunaan pesan singkat melalui telepon selular dan internet menggantikan peran surat pos individu. Hal ini juga disebabkan persaingan kiriman barang dengan para perusahaan kurir swasta membuat pangsa pasar Pos Indonesia tergerus.

Masayarakat, khususnya anak muda, mulai meninggalkan jasa Pos Indonesia dan mulai beralih ke logistik swasta karena dianggap lebih inovatif. Meskipun tarif yang dipatok lebih mahal namun jasa logistk swasta dinilai lebih kompeten. Misalnya saja waktu pengiriman lebih cepat dan kemudahan untuk mengetahui progres pengiriman.

Jasa pengiriman logistik lainnya memang sejak awal kemunculan menyediakan aplikasi atau fitur pengecekan paket yang dikirim lewat nomor resinya. Hal ini yang tidak dimiliki oleh Pos Indonesia sebelumnya. Namun kemudian, direksi perusahaan ini kemudian melakukan berbagai transformasi dan menghadirkan inovasi guna meningkatkan persaingan.

Salah satunya adalah kamu sekarang bisa cek resi Pos Indonesia secara online. Jalur paling utama lewat situs resmi Pos Indonesia. Namun sistem online ini kemudian juga bisa diakses lewat banyak penyedia jasa cek resi lainnya. Pos Indonesia telah membangun sistem berbasis digital untuk tracking paket yang kamu kirim lewat perusahaan plat merah ini.

Kamu bisa mengecek barang yang sudah kamu beli dari seorang penjual yang ada di toko online dengan melihat resi pengirimannya. Resi merupakan nomor bukti pengiriman logistik yang dilakukan oleh PT Pos Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di bidang layanan kurir, logistik, dan transaksi keuangan. Berikut cara cek resi Pos Indonesia yang bisa kamu lakukan secara online.

1. Buka Laman Pos Indonesia

Langkah pertama yang kamu bisa lakukan adalah membuka website tracking pos indonesia di alamat website http www.posindonesia.co.id yang baru. Kemudian, silahkan masukkan nomor barcode/kiriman, isi captcha dan klik button ‘cari kiriman’. Kemudian masukkan nomor resi pada kolom yang tersedia dan klik kirim.

Nomor resi biasanya terletak pada bagian kanan atas dan biasanya akan tertulis sebagai nomor kiriman atau barcode. Dari situ, akan terlihat data pengirim pos yang dilakukan. Cek resi pos bisa dilakukan lewat smartphone maupun laptop guna mengetahui kiriman pos sudah sampai atau belum.

2. Status Pengiriman

Sebelum melakukan cek resi pos Indonesia ada beberapa status yang harus kamu ketahui. Dengan demikian, kamu tahu jelas posisi paket atau surat yang kamu kirim.

Misalnya untuk posting loket artinya sudah diterima di loket, selesai diproses oleh petugas dan barang segera dikirim. Status manifest terima artinya kiriman sudah diterima pada bagian dari kantor pos yang bertugas melanjutkan ke proses selanjutnya.

Kemudian status manifest serah berarti kiriman sedang diteruskan atau dalam proses diantar ke cabang kantor pos tujuan. Adapula status pengiriman proses antar artinya kiriman sedang dibawa kurir untuk diteruskan kepada penerima barang. Selesai diantar, artinya paket telah diserahkan kurir kepada penerima dan pengiriman dikatakan sukses.

Nah, untuk mempermudah pengecekan resi pos kamu juga bisa menggunakan aplikasi cek resi pos yang bisa langsung didownload melalui playstore. Sejauh ini Pos Indonesia belum merilis aplikasi resmi khusus untuk tracking paket atau surat yang kamu kirim lewat layanan ini.

Namun ada banyak aplikasi lainnya yang recommended untuk bisa digunakan. Salah satu yang bisa kamu pertimbangkan ialah Aplikasi Tracking Resi dan Ongkir Kiriman adalah aplikasi yang dapat membantu kamu mengecek status dan melacak paket kiriman dengan cepat dan mudah.

Hanya dengan menginput nomor resi kamu bisa mengecek barang kiriman. Tersedia juga fitur untuk menyimpan nomor resi sehingga kamu tidak perlu repot-repot menginputnya lagi. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang sedang mengembangkan bisnis terutama saat melakukan pengiriman barang. Aplikasi cek resi pos ini juga memiliki rating yang cukup tinggi, yakni 4,1 dengan total 29,358 pengguna.

Nomor resi saat ini menjadi hal yang seringkali ditanyakan oleh pembeli ketika mereka mereka berbelanja di toko online. Perkembangan teknologi dan internet mempermudah kita untuk melacak barang yang sudah kita beli.

Tak jarang kita menjumpai kasus pembeli yang diberi nomor resi palsu oleh penjual yang tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, setiap melakukan pembelian barang secara online alangkah baiknya kamu selalu menanyakan nomor resi pengiriman paket dan segeralah untuk mengeceknya.

Pos Indonesia Makin Bersaing di Era Digital

Melalui berbagai program transformasi internal dan bisnis perusahaan, pendapatan Pos Indonesia di tahun 2013 telah mencapai lebih dari 4 (empat) Triliun rupiah atau meningkat hampir tiga kali lipat dari periode 2006-2007, dilansir dari BUMN.go.id. Selain itu, saat ini dapat dikatakan bahwa Pos Indonesia masih tetap sebagai salah satu perusahaan jasa dengan jaringan distribusi yang terbesar di Indonesia.

Jumlah kantor pos lebih dari 4.000 kantor dengan sebarannya di 24.000 titik layanan dan telah mencakup 100 persen kota dan kabupaten di Indonesia serta telah menjangkau hampir seluruh kecamatan di tanah air. Pos Indonesia juga didukung oleh armada layanan bergerak sebanyak 418 unit, 10.523 unit kendaraan truk dan mobil dinas, 19.502 karyawan, 3.729 unit kantor pos online, serta 24.674 unit point of sales.

Lebih dari 90 perusahaan kini menjalin kemitraan dengan Pos Indonesia. Mereka berasal dari berbagai sektor, seperti jasa keuangan, perbankan, listrik, air minum, pajak, hingga zakat. Tak hanya perusahaan domestik, entitas bisnis dari perusahaan global seperti UPS, Cardig International, dan Western Union pun telah menjadi mitra utama Pos Indonesia. Bahkan bagi Western Union, Pos Indonesia merupakan agen yang terpenting dan terbesar di Asia Pasifik.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait