8 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Promo dengan Harga Murah

5 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Promo dengan Harga Murah
5 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Promo dengan Harga Murah

Ajaib.co.id – Tiket pesawat promo murah selalu menjadi incaran banyak orang yang akan bepergian. Bagaimana tidak? Jika berhasil mendapatkan tiket pesawat murah, kamu bisa lebih berhemat dan menggunakan sisa dari budget-mu untuk keperluan lainnya. Misalnya saja wisata kuliner atau membeli oleh-oleh.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket pesawat promo murah. Secara umum, upaya berburu tiket pesawat murah ini bisa dilakukan dengan dua cara. Yakni mengandalkan usaha sendiri dan bantuan pihak lain. Nah, apa saja cara mendapatkan tiket pesawat promo tersebut? Yuk, ketahui selengkapnya di bawah ini!

Beli Paket Pesawat dan Hotel

Apabila berencana bermalam di hotel, sebaiknya kamu melakukan pemesanan tiket pesawat plus hotel untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Dengan membeli paket pesawat plus hotel, Online Ticket Agent (OTA) memberikan harga spesial, sehingga lebih murah. Selain itu, proses pesanan tiketnya juga lebih mudah.

Pergi Rombongan? Wajib Beli Tiket Terpisah

Konon, salah satu hal yang memengaruhi harga tiket pesawat adalah lokasi bangku yang kamu duduki nantinya. Misalnya, bangku yang lebih dekat dengan ruang mesin cenderung dihargai lebih rendah dibanding bangku lain karena penumpang yang duduk di sana diperkirakan akan merasa kurang nyaman dengan deru suara mesin. 

Inilah mengapa kamu disarankan untuk memesan tiket secara individu dibandingkan rombongan. Jika memesannya secara individu, kamu masih berkesempatan mendapatkan tiga tiket seharga lebih murah per orang, dan dua sisanya dikenai sedikit mahal. Lebih murah bukan?

Bayar dengan Mata Uang Berbeda

Membayar dengan mata uang lokal bisa membuatmu lebih berhemat. Hal ini dikarenakan kamu tidak dianggap sebagai turis oleh sistem OTA. Tapi ingat ya, trik ini berlaku hanya jika kamu melakukan perjalanan ke luar negeri.

Jika kamu berencana liburan ke Jepang, misalnya, dan membutuhkan penerbangan antar kota di sana. Disarankan untuk tidak beli tiket pesawat saat masih di Indonesia. Sebaliknya, belilah tiket saat sudah berada di sana dan gunakan mata uang lokal karena harganya akan lebih murah.

Gunakan Maskapai Penerbangan yang Berbeda

Jika perjalananmu membutuhkan dua kali penerbangan alias transit, tak ada salahnya untuk menggunakan dua maskapai yang berbeda. Tak ada jaminan bahwa kamu akan mendapatkan harga tiket yang lebih murah jika menggunakan satu maskapai yang sama untuk penerbangan transit.

Ini juga berlaku untuk penerbangan pulang pergi, kamu tak harus menggunakan maskapai yang sama. Lakukan riset singkat dengan cara membandingkan harga tiket pesawat beberapa maskapai, lalu pilih yang termurah dan jadwal terbangnya sesuai dengan kebutuhanmu.

Pelajari Tren Promo Perusahaan Maskapai

Kamu bisa mendapatkan harga murah ketika perusahaan maskapai melakukan strategi promosi. Kamu bisa coba dengan mengikuti newsletter maskapai, like dan follow akun media sosial mereka, lalu pelajari trennya. Pelajari waktu maskapai mengeluarkan promo dan jenis promonya. Sehingga kamu akan dapat dengan mudah menentukan kapan kamu membeli tiket pesawat.

Selain promo dari maskpai, kamu juga bisa mengecek promo dari ecommerce yang menjual tiket pesawat seperti Traveloka, Pegi-Pegi, Tiket.com, dan sebagainya. Biasanya mereka akan membuat promo harga di momen tertentu seperti, hari belanja nasional, 11-11, 12-12, 10-10, dan seterusnya.

Manfaatkan Strategi Bandara Alternatif

Memilih mendarat di bandara alternatif bisa membuatmu menemukan harga tiket pesawat yang lebih murah. Mari ambil contoh sederhana. Kamu akan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta. Sayangnya, harga tiket pesawat dengan tujuan Yogyakarta sedang melonjak tajam. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih bandara di Solo sebagai tujuanmu, kemudian kamu bisa meneruskan perjalanan ke Yogyakarta lewat jalur darat.

Perhatikan periode perjalanan

Biasanya tiket pesawat akan lebih mahal ketika akhir pekan, long weekend, dan musim liburan. Jadi, ketika kamu ingin mendapatkan harga mura dan promo, kamu bisa mencoba liburan di periode low-season, seperti September-November dan Februari-April. Bukan hanya itu, kamu juga harus menentukan hari keberangkatan dan kepulangan. Kombinasi Jumat-Minggu, Jumat-Senin, Sabtu-Minggu, atau Sabtu-Senin adalah kombinasi harga tiket pesawat termahal. Jadi jika kamu ingin mencari harga murah dan ingin mengakali jumlah cuti kantor, kamu bisa mencoba kombinasi hari Selasa-Kamis, Rabu-Jumat, Sabtu-Selasa, dan Minggu-Rabu.

Perhatikan Tanggal Keberangkatan

Kamu juga harus memerhatikan tanggal keberangkatan. Biasanya, harga tiket pesawat di tanggal 20-an cenderung lebih murah dibanding awal atau pertengahan bulan. Hal ini terjadi karena perusahaan maskapai menganggap bahwa tanggal 20-an adalah tanggal tua dan kondisi dompet sedang tipis, sehingga kemungkinan orang untuk berpergian sedikit. Sehingga mereka akan memberikan harga murah di periode ini agar kursi-kursi mereka terisi.

Itulah beberapa tips menemukan tiket pesawat promo yang bisa kamu lakukan ketika memesan tiket pesawat. Ikuti beberapa tips dan trik di atas dan dapatkan berbagai promo tiket pesawat. Cara tersebut bisa membuatmu berhasil mendapatkan harga tiket pesawat promo denga harga paling murah. Selamat mencoba!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait