Atasi Kesenjangan dengan Sosialisasi Cara Membuat Instagram Ke UKM

Sosialisasi Cara Membuat Instagram Ke UKM Bantu Atasi Kesenjangan Ekonomi
Sosialisasi Cara Membuat Instagram Ke UKM Bantu Atasi Kesenjangan Ekonomi

Saat ini siapa yang belum mengenal Instagram, di mana saat ini banyak orang yang memanfaatkan Instagram untuk sekedar berbagi informasi atau mempromosikan bisnis. Kini terdapat 2 (dua) pilihan Instagram yaitu Private ataupun Instagram Business. Keduanya sama baik dan inilah cara daftarnya:

  1. Daftar untuk akun Instagram dan pilih user name yang jelas mewakili brand/produk/jasa.
  2. Tambahkan foto profil, biografi, dan link ke situs web.
  3. Edit kembali ke profil bisnis. Ketuk ikon roda gigi di kanan atas, ketika keluar pilihan, ketuklah untuk beralih ke profil bisnis. Syarat: harus memiliki halaman Facebook untuk bisa beralih ke profil bisnis.
  4. Link-kan akun ke situs share medsos lain yang dipunyai, seperti Line, Twitter dll. Share foto produk ke sana sehingga akan membuat Instastory baru di Instagram bagi siapapun yang follow di Facebook dan telah me-link-kan Facebooknya ke Instagram. 
  5. Umumkan ke follower Facebook tentang kehadiran produk di Instagram, beritahukan user name Instagram dan tunjukkan pada follower non smartphone tentang lokasi dimana mereka dapat melhat foto Instagram.
  6. Gunakan dan cari tanda untuk terhubung dengan pemirsa. Coba tips cara menggunakan tagar. 
  7. Mulailah berbagi foto di Instagram dan berbagai jaringan lainnya. Periksa Blog Instagram for Business untuk contoh tentang bagaimana brand-brand menggunakan Instagram. 
  8. Tinjau wawasan di profil bisnis agar lebih paham keinginan pemirsa dan jenis konten mana yang paling diminati. 
  9. Mulai promosikan upload-an kamu yang paling tinggi view-nya langsung dari aplikasi seluler ini. 

Cara Membuat Instagram Bagi Yang Membutuhkan

Tahapan cara membuat akun Instagram Private ataupun Business di atas sudah disederhanakan agar mudah dimengerti dan dipraktekkan. Bagi pembaca dengan tingkat literasi menengah ke atas, mungkin tidak akan ada kendala. Bahkan anak-anak Sekolah Dasar pun seringkali mampu melakukannya hanya dengan mengandalkan tuntunan dari aplikasi itu sendiri. Namun ternyata komunitas yang paling membutuhkan dukungan pemasaran bagi usaha kecilnya, justru tak punya daya literasi yang cukup untuk membuat akun Instagram bagi dirinya sendiri. Siapa sih mereka?

Fleksibilitas & Efektivitas Instagram Bagi Perekonomian

Dengan situasi saat ini dimana konsumen menghabiskan waktu hingga 9 jam perhari untuk online, media sosial telah membuktikan dirinya sebagai cara terefektif dalam bisnis untuk menjangkau visitor dalam skala global.

Media sosial juga membantu mendorong laju ekonomi global lewat cara menciptakan lapangan kerja baru, membebaskan informasi dan mengembangkan berbagai brand melampaui batasan mereka. Jadi jelas, melebihi fungsi sosial aslinya sebagai media pengakraban pertemanan dan kekeluargaan, Instagram punya fungsi yang lebih fundamental sebagai pendorong laju ekonomi masyarakat. Berarti, komunitas UKM tradisional yang masih tersendat perkembangan usahanya, masih punya tantangan literasi dan belum akrab dengan digitalisasi bisnis, justru merupakan komunitas yang paling membutuhkan dukungan fasilitas Instagram.

Gambar Bicara 1000 Kata

UKM hasil tani, pupuk, nelayan, kuliner, dan kerajinan tradisional, bahkan tenaga ahli informal seperti produsen bibit, pemasang mulsa, penggali sumur, pembatik, dan lain sebagainya, bisa meluaskan jangkauan pemasaran produk dan keahlian mereka secara nasional bahkan internasional. Hanya dengan memasang foto menarik tentang produk/jasa mereka, menyertakan beberapa tag efektif, dan men-share-nya ke komunitasnya dan komunitas-komunitas lain yang saling terhubung. (Ingatlah betapa dulu ponsel pernah merevolusi kehidupan masyarakat pedesaan di berbagai negara pada era 90-an). Foto yang menarik dan informatif pada akun Instagram akan otomatis berfungsi  sebagai jubir dan sales team handal bagi usaha kecil mereka. Bayangkan potensinya!

MedSos Sudah, Sekarang MedNomi

Jika budaya ekonomi digital Intagram bisa berhasil menyentuh seluruh ceruk komunitas UKM tradisional Indonesia, mereka tak lagi akan terkekang oleh rantai pasar yang panjang, berbelit dan memiskinkan. Seperti layaknya sebuah marketplace, Instagram akan bisa mempertemukan berbagai kebutuhan bisnis UKM di berbagai daerah secara merata, sehingga akan mampu membantu tugas pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan dan pemerataan kesejahteraan. Peluang ini menunggu inisiatif kaum Milenial untuk memformulasikan sistem sosialisasi Instagram yang efektif, bagi komunitas ekonomi lemah yang paling membutuhkan. Ini saatnya Instagram resmi naik pangkat dari Medsos ke MedNomi (Media Ekonomi)!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait