Investasi, Investor Pemula, Reksa Dana

Cara Investasi Reksa Dana Saham untuk Pemula

Jika Anda tertarik untuk melakukan investasi, maka hal pertama Anda harus mengetahui apa itu investasi? Investasi adalah penanaman modal untuk memperoleh keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Produk investasi berdasarkan bentuk juga beragam mulai dari investasi valas, investasi emas, investasi properti, investasi jenis reksa dana saham dan banyak lagi.

Kali ini, salah satu jenis investasi, yakni produk reksa dana saham akan dikupas tuntas bagi Anda seorang investor pemula. Berbeda dari investasi lainnya, investasi reksa dana saham sangat mudah karena diawali dengan modal yang kecil di kisaran Rp100.000 hingga Rp500.000. Cocok untuk investor pemula yang sedang mencoba investasi reksa dana.

Investasi reksa dana ini juga menawarkan keuntungan yang besar dalam periode menengah dan panjang. Investasi jenis reksa dana saham akan dikelola secara profesional oleh seorang Manajer Investasi ke dalam berbagai instrumen investasi.

Manager investasi terdiri dari Komite Investasi dan Tim Pengelola Investasi yang merupakan tenaga profesional yang berpengalaman dalam hal mengelola investasi. Lalu, bagaimana cara melakukan investasi reksa dana saham untuk pemula? Apa saja yang perlu dilakukan?

a.   Tujuan yang jelas

Tujuan yang jelas dalam berinvestasi sangat penting untuk menentukan langkah apa yang harus diambil dalam investasi-investasi selanjutnya. Tujuan ini nantinya akan berpengaruh kepada jangka waktu investasi Anda, jenis investasi Anda sampai dengan penempatan investasi Anda.

b.   Mengukur modal

Dnegan melakukan pengukuran modal yang cermat, Anda bisa menyiapkan dana untuk melakukan investasi reksa dana saham. Reksa dana ini juga memiliki modal awal yang cukup ringan yakni Rp100.000. Modal ini kemudian akan berpengaruh pada jumlah reksa dana yang Anda miliki.

c.   Paham risiko

Dalam melakukan bentuk investasi apapun, manajemen risiko dan pengetahuan tentang risiko sangat diperlukan sebagai investor. Misalkan saja risiko dari diri sendiri yang berupa kemampuan secara finansial dan juga laba rugi yang akan Anda peroleh.

Reksa dana saham memiliki mayoritas aset dalam bentuk portofolio saham, yang pastinya memiliki risiko fluktuasi atau naik turunnya nilai secara realtime dalam jangka pendek dan berpotensi untuk menguat dalam jangka panjang.

Di marketplace, reksa dana ini memiliki imbal hasil (return) tertinggi dalam 5 tahun bahkan mampu mencetak untung hingga 90 persen. Adapun beberapa kinerja reksa dana saham yang positif selama lima tahun terakhir seperti :

1.   Sucorinvest Equity Fund return 90,70%

2.   Shinhan Equity Growth return 52,34%

3.   Sucorinvest Sharia Equity Fund return 51,69%

4.   Simas Saham Unggulan return 46,35%

5.   HPAM Ultima Ekuitas return 44,70%

Lima reksa dana saham tersebut mampu mengalahkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang menjadi acuan pasar modal Indonesia, dengan return hanya 3,58% setiap tahunnya.

Itulah beberapa kinerja historis bernilai positif dari produk-produk untuk Anda jadikan pertimbangan. Meski demikian, hal ini tidak tidak akan menjamin kinerja saham tersebut di masa depan.

Bacaan menarik lainnya:

Udayani, Dewi. (2013). Pengaruh Profitabilitas dan Investment Opportunity Set Pada Struktur Modal. Jurnal Akuntansi Vol. 4 No. 2:299-314.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal. Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait