Uncategorized

Cara Cari Tiket Pesawat Murah Jelang Libur Akhir Tahun

Cari tiket pesawat murah
Cari tiket pesawat murah

Ajaib.co.id – Cari tiket pesawat murah adalah salah satu cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk menghemat biaya perjalanannya. Perlu diketahui, agenda liburan sudah menjadi kegiatan wajib yang pasti sudah dipersiapkan oleh keluarga milenial dari jauh-jauh hari.

Lantaran, bila kamu mempersiapkan kegiatan liburanmu mendekati hari H. Hal yang ditakutkan adalah membengkaknya biaya perjalananmu yang disebabkan oleh mahalnya tiket pesawat, dan biaya-biaya lainnya gegara tidak memiliki perencanaan keuangan sebelumnya.

Mahalnya tiket pesawat merupakan alasan terbesar mengapa masyarakat membelinya dari jauh-jauh hari. Bahkan, bisa dalam kurun waktu satu tahun sebelum jadwal keberangkatan. Ini merupakan tips mencari tiket pesawat murah yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Dengan begitu pesanan tiket pesawat akan mendapatkan harga yang sesuai dengan budget.

Kebiasaan konsumen saat membeli tiket pesawat dalam kurun waktu 3-4 minggu sebelum keberangkatan. Umumnya, mereka merupakan orang-orang yang diutus oleh perusahaan untuk melakukan perjalanan bisnis.

Bahkan, tak jarang juga banyak kita jumpai pembelian tiket pesawat hanya berselang beberapa hari saja sebelum keberangkatan. Cara pembelian tiket seperti ini biasanya menunjukkan bahwa penumpang tersebut adalah pelancong bisnis dan bukanlah pelancong rekreasi.

Strategi Cari Tiket Pesawat Murah Promo

Dengan semakin menurunnya jumlah penerbangan dari suatu maskapai, hal ini merupakan sentimen positif bagi pelancong yang ingin pergi liburan. Tentunya para pelancong bisa mendapatkan berbagai penawaran tiket pesawat dengan harga yang murah khususnya untuk liburan akhir tahun ini.

Di mana, pandemi membuat sektor pariwisata dan penerbangan sangat terpukul dari sepi peminat. Oleh karenanya, untuk tetap bisa bertahan di tengah pandemi seperti saat ini. Banyak maskapai penerbangan yang akan menjual tiket pesawat dengan harga yang terbilang murah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini diungkapkan oleh Scott Keyes dari Scott’s Cheap Flights, mencatat bahwa perjalanan udara tahun ini menurun sebesar 70% dibanding tahun sebelumnya. Salah satu alasannya adalah permintaan yang menurun drastis, sehingga maskapai penerbangan akan memikirkan untuk memberikan penawaran tiket pesawat murah untuk liburan akhir tahun ini.

Menurut Scott’s Cheap Flights, penawaran tiket pesawat murah untuk liburan akhir tahun ini lebih murah dibanding harga tiket gabungan di lima tahun terakhir. Penawaran tiket pesawat murah akan semakin banyak bermunculan ketika sudah mendekati liburan tiba nanti.

Setiap pelancong disarankan untuk memesan tiket setidaknya satu bulan setelah Thanksgiving (26 November) untuk mempersiapkan liburan di bulan Desember nanti. Tetapi, bulan Oktober ini pelancong juga harus mulai mencari-cari tiket pesawat murah.

Bila tidak menemukan harga yang tepat di Oktober, pelancong bisa melakukan pembelian tiket di awal November untuk menghindari kemungkinan harga semakin mahal saat mendekati liburan tiba. Pandemi membuat penawaran tiket pesawat murah semakin banyak dan menjadi momen emas untuk memperoleh penerbangan dengan biaya murah.

Untuk memudahkan kamu memperoleh penawaran biaya penerbangan murah, kamu bisa mencarinya dengan cara-cara berikut ini:

1.     Menggunakan Google Flights

Google Flights adalah penyedia kalender penerbangan murah yang bisa memudahkan pelancong untuk menentukan tanggal terbaik untuk mereka membeli tiket pesawat. Karena di Google Flights, pengguna bisa menemukan hari termurah untuk melakukan penerbangan.

Cara menggunakan Google Flights juga sangat mudah seperti kamu sedang melakukan pencarian tiket pesawat lewat website maupun aplikasi. Kamu hanya tinggal mengetikkan saja beberapa query yang dibutuhkan seperti jumlah penumpang, kelas penerbangan, tujuan destinasi, waktu keberangkatan, dll.

2.     Cari Harga Tiket Penerbangan Paling Murah dengan Situs Perbandingan

Selain lewat Google Flights, pelancong juga bisa memperoleh perbandingan tiket termurah lewat beberapa situs lainnya seperti:

·        Kayak

Situs Kayak merupakan situs perbandingan harga untuk biaya penerbangan yang direkomendasi oleh pakar keuangan untuk menghemat biaya perjalananmu. Di sini, kamu bisa mencari tahu dengan beberapa filter pencarian yang memudahkan pengguna untuk membantu mereka mengambil keputusan. Bukan hanya informasi tentang perbandingan harga tiket pesawat saja, melainkan kamu juga bisa mendapatkan informasi tentang perbandingan biaya bagasi.

·        Momondo

Situs perbandingan harga penerbangan lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Momondo. Di situs ini, kamu bisa memperoleh informasi dari penerbangan termurah hingga termahal selama waktu perjalanan yang ingin dipersiapkan.

Selain itu, kamu juga bisa memperoleh informasi lainnya seperti bandara termurah untuk terbang dari satu ke tempat lainnya.Kedua cara di atas bisa kamu lakukan untuk memperoleh banyak penawaran tiket pesawat dengan harga murah.

3. Ketahui Kebijakan Booking dari Masing-Masing Maskapai Penerbangan

Banyak maskapai penerbangan saat ini yang menawarkan pemesanan tiket fleksibel untuk mendorong pelancong memesan selama pandemi. Kamu bisa memilih untuk cari tiket pesawat murah yang tidak memiliki hak untuk mengubah tanggal atau membatalkan voucher tanpa biaya.

Namun itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pelancong saat memilih ingin beli tiket pesawat tersebut di mana. Tetapi, hal yang pasti bepergian selama pandemi ini penuh dengan ketidakpastian. Sehingga, kamu sebaiknya mempertimbangkan untuk membeli tiket pesawat dengan kartu kredit daripada menggunakan uang tunai.

Selain itu, pilihlah penerbangan ke negara-negara yang memang tidak memberlakukan “lockdown” untuk WNI untuk masuk ke negara mereka. Seperti diketahui WNI saat ini sudah dilarang masuk ke 59 negara di dunia. Untuk berjaga-jaga di tengah pandemi, pelancong yang ingin bepergian ke luar negeri bisa memproteksi diri dengan memiliki asuransi kesehatan dan asuransi perjalanan.

Paspor dan visa pun tidak kalah penting ketika kamu sedang menikmati liburan di negeri orang. Karena sebagai salah satu syarat bagi kamu untuk bisa keluar-masuk dari satu negara ke negara lainnya.

Demikianlah informasi yang bisa redaksi Ajaib sampaikan tentang bagaimana cara cari tiket pesawat murah di tengah kondisi pandemi seperti saat ini. Di mana, momen pandemi ini membuat harga tiket menjadi murah dibanding tahun sebelumnya akibat adanya kemerosotan jumlah penumpang pesawat sepanjang 2020 sebesar 70%.

Artikel Terkait